10 Tips Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil Trimester 1

10 Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil Trimester 1
10 Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil Trimester 1

Sejumlah wanita yang tengah hamil, mengeluhkan jika mereka mengalami rasa nyeri pada bagian punggung saat hamil pada trimester 1. Jika Anda termasuk salah satunya yang mengalami kondisi seperti ini, coba terapkan tips yang akan kami ulas dibawah ini.

Sebagaimana kita tahu, kehamilan adalah masa yang menyenangkan bagi sebagian besar wanita, namun tidak jarang juga terdapat masalah kesehatan yang muncul selama kehamilan.

Bacaan Lainnya

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah nyeri punggung. Nyeri punggung pada ibu hamil dapat muncul pada trimester pertama, kedua, maupun ketiga.

Nyeri punggung saat hamil trimester 1 disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil.

Hormon relaksin menyebabkan otot-otot dan ligamen di panggul dan punggung menjadi lebih lembut dan longgar. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri pada punggung.

Selain itu, pertambahan berat badan pada ibu hamil juga dapat menyebabkan tekanan pada punggung.

Baca Juga :  4 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Terbukti Efektif

Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil Trimester 1

Seperti yang sudah redaksi kutip dari sejumlah sumber, setidaknya ada 10 tips atau cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil trimester 1:

1. Melatih postur tubuh

Melatih postur tubuh yang baik saat hamil dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung.

Hindari membungkuk atau membungkukkan badan ke depan terlalu sering. Cobalah untuk selalu menjaga punggung tetap lurus.

2. Tidur menghadap ke samping

Tidur menghadap ke samping dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung.

Hindari tidur terlentang karena dapat meningkatkan tekanan pada punggung dan membuat nyeri semakin parah.

3. Lakukan Pijat

Pijat dapat membantu meredakan nyeri punggung selama masa kehamilan.

Pijat pada bagian punggung yang sakit dengan gerakan memutar yang lembut dapat membantu meredakan nyeri.

4. Hindari Pakai Sepatu High heels (hak tinggi)

Menggunakan sepatu hak tinggi dapat membuat postur tubuh menjadi tidak seimbang dan meningkatkan tekanan pada punggung.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menghindari menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil. Selain berbahaya, itu juga dapat meningkatkan resiko mengalami nyeri punggung.

Baca Juga :  Beragam Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

5. Berenang

Banyak wanita yang sedang hamil tidak mengetahui jika ternyata berenang adalah salah satu jenis olahraga yang aman untuk dilakukan oleh wanita yang sedang hamil.

Pdahal, salah satu manfaat melakukan renang ketika sednag hamil hal itu diketahui dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung dan meredakan nyeri yang dialami.

6. Gerakan yoga

Yoga dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang baik untuk para wanita yang sedang hamil, karena memiliki beragam manfaat seperti salah satunya adalah  untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil.

Sejumlah gerakan pada oleh raga yoga yang dapat membantu merdakan rasa nyeri pada punggung antara lain gerakan kucing-sapi, gerakan peregangan hamstring, dan gerakan peregangan punggung.

7. Kompres punggung

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dnegan melakukan kompres pada area punggung yang terasa nyari.

Lakukan kompres seperti pada umumnya, dengan menggunakan handuk ataupun kain yang bersih yang sudah dicelupan pada air yang hangat atau dingin.

Dengan melakukan ini terbukti cukup efekti untuk membantu meredakan nyeri punggung yang dialami.

Baca Juga :  Bahaya Ambeien Bagi Wanita yang Perlu diketahui

8. Mengikuti kelas senam hamil

Mengikuti kelas senam hamil dapat membantu mengurangi nyeri punggung. Selain itu, kelas senam hamil juga dapat membantu ibu hamil menjaga postur tubuh yang baik.

9. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting bagi ibu hamil. Istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung dan meredakan nyeri.

10. Konsultasi dengan dokter

Jika nyeri punggung saat hamil terus berlanjut dan semakin parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi nyeri punggung.

Nyeri punggung saat hamil trimester 1 dapat diatasi dengan melakukan beberapa cara di atas. Selain itu, hindari mengangkat beban berat dan jangan duduk atau berdiri terlalu lama.

Namun, jika nyeri punggung semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah nyeri punggung pada saat hamil trimester 1.

Semoga informasi yang kami sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait