Pentingnya Zat Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Janin

oleh
Pentingnya Zat Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Pasti banyak diantara kita sering mendengar kata Asam Folat, terutama ketika ada iklan susu ibu hamil di televisi. Namun, tak banyak yang paham apa maksud dari kata ini, apa manfaat dan fungsinya.

Asam folat sendiri adalah bentuk zat vitamin B kompleks yang terlarut dalam air. Zat ini sangat diperlukan dalam proses pembangunan tubuh karena sifatnya yang multifungsi, mulai dari membantu proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah.

Asam folat ini, merupakan salah satu zat yang sangat di butuhkan oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan, karena memiliki banyak manfaat terutama untuk janin yang ada dalam kandungan.

Karena itu, bagi anda wanita yang kini tengah berbadan dua, yuk kenali ragam manfaat asam folat ini untuk kesehatan si kecil yang ada dalam perut bunda.

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah di sebutkan diawal, zat ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya, seperti:

  • Mambantu Proses Pembentukan Sel-sel Tubuh Berjalan Dengan Baik dan Optimal
Baca Juga :  Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan Ginjal Anda

Ketika dalam tubuh ibu hamil terdapat kandungan asam folat bercampur dengan vitamin B12 dan vitamin C dalam kadar yang cukup, hal itu berguna untuk membantu tubuh dalam proses memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein yang baru.

Senyawa protein ini nantinya akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang.

  • Mengindarkan Ibu Hamil dari Anemia

Salah satu fungsi utama zat ini dalam tubuh adalah membentuk sel darah merah dalam tubuh.

Tanpa adanya zat asam folat ini dalam kadar yang cukup, maka produksi sel darah merah dalam tubuh akan selalu di bawah normal sehingga seseorang  akan dengan mudah mengidap anemia, atau kekurangan darah merah.

  • Mencegah Bayi Lahir Cacat

Proses terjadinya pembentukan saraf pusat sudah terjadi sejak awal janin tumbuh dalam kandungan.

Baca Juga :  Mengenal Penyakit Impetigo Pada Bayi, Penyebab Kulit Bayi Melepuh

Dengan adanya zat asam folat ini, berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan pada otak dan saraf pada janin dalam kandungan, seperti anensefali atau spina bifida.

Selain itu, nutrisi ini juga sangat berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin dalam kandungan.

Karenanya, untuk menghindarkan bayi lahir dalam kondisi cacat dan terlahir sempurna nantinya, sangat di sarankan untuk memenuhi kebutuhan akan zat folat ini masa kehamilan.

Jenis Makanan yang Banyak mengandung Zat Asam Folat

Mungkin selama ini kita hanya tahu jika zat yang sangat baik bagi pertumbuhan janin ini hanya diapat lewat susu khusus untuk ibu hamil.

Akan tetapi, bunda juga bisa memperoleh manfaat dari zat ini dari berbagai jenis makanan sehari hari, seperti:

  • Aneka jenis sayur-sayuran berwarna hijau, seperti bayam, brokoli, dan selada.
  • Jenis Kacang-kacangan, seperti kacang polong.
  • Aneka buah-buahan, misalnya buah melon, pisang, dan lemon.
  • Makanan lain seprti, seperti roti dan sereal.
Baca Juga :  Sering Kesemutan, Waspadai Penyakit Berbahaya Berikut Ini

Untuk ibu hamil disarankan untuk memenuhi 500 mikrogram/hari dari segala usia. Asam folat sebagai vitamin untuk bayi dibutuhkan dalam dosis 85-90 mikrogram per hari.


Namun, untuk lebih memastikan  ada baiknya ibu hamil berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter seberapa banyak asupan zat ini yang baik untuk tubuh. Hal ini untuk memastikan bahwa dosis vitamin B yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda selama masa kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *