Bayi 5 Bulan Belum Bisa Tengkurap, Ini Penjelasan Dokter

oleh
Bayi 5 Bulan Belum Bisa Tengkurap, Ini Penjelasan Dokter

Melihat tumbuh kembang bayi yang sehat dan normal sesuai dengan usianya adalah idaman para orang tua. Namun demikian, perlu diketahui bahwa setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah terkait perkembangan bayi yang sudah bisa tengkurap diusia 5 bulan atau kurang, namun ada juga ada orang tua yang mengatakan jika bayi mereka yang usia 5 bulan belum bisa tengkurap.

Hal ini tentu jadi kekhawatiran para orang tua, sehingga banyak diantara orang tua yang memiliki bayi yang belum bisa tengkurap diusianya yang sudah 5 bulan atau bahkan lebih, untuk mencari tahu apa saja yang jadi penyebab kondisi tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel ini redaksi akan mengulas apa saja yang jadi penyebab kenapa bayi 5 bulan belum bisa tengkuran sesuai dengan penjelasan dari dokter spesialis anak.

Penyebab Bayi 5 Bulan Belum Bisa Tengkurap

Menurut penjelasan dari dokter spesialis anak yang redaksi kutip dari laman website sehatq, dijelaskan bahwa salah satu indikator perkembangan anak yang normal adalah dilihat dari apakah bayi tersebut sudah bisa tengkurap atau belum sesuai usia bayi.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, Gejala dan Tanda Jika Si Kecil Mengalami Tunarungu

Karena jika, bayi yang sudah memasuki usia 5 bulan bahkan lebih namun bayi tersebut belum bisa tengkurap, ha; tersebut bisa  merupakan salah satu pertanda jika ada keterlambatan perkembangan motorik si anak.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, untuk bayi usia 5 bulan yang belum bisa tengkurap hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Gangguan pertumbuhan pada motorik anak.
  • Anak dilahirkan prematur.
  • Spina bifida (sumsum tulang belakang bayi gagal berkembang dengan baik)
  • Kelemahan pada otot (myopaty).
  • Cerebral palsy.

Apabila ada salah satu penyebab diatas dialami oleh si kecil, maka salah satu tanda yang terlihat adalah anak belum bisa tengkurap ketika memasuki usia yang seharusnya ia sudah bisa tengkurap.

Namun demikian, hal tersbeut belum jadi penyebab pasti. Bisa jadi si kecil belum bisa tengkurap karena memang kurang dilatih oleh orang tuanya.

Baca Juga :  Susu Formula Tahan Berapa Jam Dalam Suhu Ruangan

Tips Agar Bayi Bisa Tengkurap

Setelah mengetahui apa saja kira-kira penyebab kenapa bayi usia 5 bulan belum bisa tengkurap hal selanjutnya yang bisa orang tua lakukan adalah dengan melatih motorik anak agar ia bisa tengkurap.

Para orang tua yang memiliki anak dengan kondisi tersebut bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk melatih agar anak bisa cepat tengkurap

  • Melakukan tummy time dimana anak ditengkurapkan sambil diawasi. Jangan meninggalkan anak sendiri karena dapat menyebabkan kematian mendadak pada bayi.
  • Bantu bayi merubah posisi dari terlentang ke tengkurap dan sebaliknya.
  • Gunakan mainan untuk membuat bayi fokus saat pindah posisi tengkurap.
  • Hindari menaruh anak terus menerus di dalam stroller atau bouncer yang menyebabkan anak sulit untuk berpindah posisi.

Dari penjelasan yang sudah redaksi ulas diatas, dapat disimpulkan bahwa ketika bayi usia 5 bulan namum belum bisa tengkurap hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Baca Juga :  Penyebab Anak Kejang yang Harus Orang Tua Tahu

Keterlambatan bayi tengkurap ini, juga bisa jadi penanda jika ada sesuatu yang tidak beres dengan pertumbuhan motorik anak tersebut.

Namun demikian, untuk memastikannya apabila hingga usia bayi sudah masuk 6 bulan atau bahkan lebih namun tetap belum bisa tengkurap sendiri, ada baiknya untuk segera di bawa kedokter spesialis anak guna dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Nantinya dokter akan memberikan saran pengobatan atau tindakan yang harus dilakukan untuk menangani  kondisi si kecil tersebut.

Demikian informasi yang bisa redaksi share pada artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.