Beragam Manfaat Minum Air Rebusan Dari Daun Ciplukan

Beragam Manfaat Minum Air Rebusan Dari Daun Ciplukan
Beragam Manfaat Minum Air Rebusan Dari Daun Ciplukan

Minum rebusan daun ciplukan telah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Daun ciplukan mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ini sering dijumpai di daerah pedesaan dan tumbuh liar di semak-semak. Meski memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun banyak masyarakat yang tidak tahu mengenai hal itu.

Bacaan Lainnya

Sehubungan dengan hal tersebut, pada artikel kali ini akan redaksi ulas mengenai apa saja manfaat dari minum air rebusan daun ciplukan yang ternyata mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit berat dan berbahaya.

Apa saja manfaat yang dimaksud? silahkan baca artikel dibawah ini hingga akhir.

Beragam Manfaat Rebusan Dari Daun Ciplukan

Ciplukan merupakan nama tanaman yang dikenal dimasyarakat jawa. Sementara orang Bali menyebutnya Ciciplukan, masyarakat asal Madura menyebutnya Nyor Nyoran, kemudian di daerah Jawa Barat tanaman ini memilki nama Cecenetan.

Dalam bahasa latin tanaman ini bernama Physalis angulata, yang merupakan tanaman yang diduga berasal dari daerah tropis di Amerika Latin.

Ciplukan mengandung senyawa kimia seperti chlorogenik acid (C27 H44O-H2O), asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, gula, vitamin C dan elaidic acid.

Baca Juga :  Obat Alami Ambeien dengan Bawang Putih

Karena kandungannya tersebut tanaman ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, terutama jika merebus bagian daunnya, untuk kemudian dikonsumsi air resbusannya tersebut.

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber,  berikut adalah beberapa manfaat rebusan daun ciplukan yang perlu diketahui:

1. Menurunkan kadar gula darah

Banyak yang tidak tahu, ternyata manfaat dari mengkonsumsi rebusan daun ciplukan diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Adanya senyawa flavonoid dan saponin yang terkandung pada daun ciplukan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik.

Dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun ciplukan maka kadar gula darah akan tetap stabil.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Selanjutnya, manfaat dari meminum rebusan daun ciplukan, dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Sama halnya dengan manfaat sebelumnya, adanya senyawa flavonoid dan saponin pada daun ciplukan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal.

3. Menjaga kesehatan hati

Rebusan daun ciplukan juga dapat membantu menjaga kesehatan hati, bagi mereka yang secara rutin mengkonsumsi rebusan daun yang satu ini.

Kandungan yang pada daun ciplukan dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan mengurangi risiko terjadinya kerusakan hati.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Mengalami diare atau masalah percernaan? coba atasi hal itu dengan minum air rebusan daun ciplukan ini.

Baca Juga :  Obat Diabetes Alami, Coba Gunakan 7 Tanaman Herbal Ini

Pasalnya, daun ciplukan diketahui memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Adanya senyawa tanin pada daun ciplukan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya diare dan membantu mengatasi masalah pencernaan lainnya.

5. Menjaga kesehatan kulit

Perawatan kesehatan kulit, tidak hanya dilakukan dari luar saja, tapi bisa diobatai dari dalam dengan meminum rebusan daun yang satu ini.

Karena, salah satu manfaat dari rebusan daun ciplukan juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Adanya senyawa flavonoid pada daun ciplukan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya inflamasi pada kulit dan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan eksim.

6. Menjaga kesehatan mata

Ingin mata yang sehat, cobalan rutin mengkonsumsi air rebusan dari daun yang ini, karena dalam sejumlah penelitian, ternyata daun ciplukan juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Senyawa flavonoid pada daun ciplukan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula dan membantu menjaga kesehatan mata.

7. Menjaga kesehatan jantung

Rebusan daun ciplukan juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa flavonoid pada daun ciplukan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Cara Mengolah dan Membuat Air Rebusan Daun Ciplukan

Jika Anda ingin mencoba merasakan manfaat dari air rebusan dari daun ini, berikut akan redaksi berika informasi mengenai cara membuat atau mengolah daun ciplukan ini.

  • Siapkan bahan-bahan
    Untuk membuat rebusan daun ciplukan, siapkan daun ciplukan segar atau kering, air bersih, dan wadah untuk merebus.
  • Cuci daun ciplukan
    Cuci daun ciplukan dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.
  • Potong daun ciplukan
    Potong daun ciplukan menjadi bagian yang lebih kecil agar mudah direbus.
  • Rebus daun ciplukan
    Masukkan daun ciplukan ke dalam wadah yang berisi air bersih. Kemudian rebus daun ciplukan selama 15-20 menit atau hingga air berubah warna menjadi kecoklatan, sisakan kira-kira satu gelas.
  • Saring rebusan
    Setelah direbus, saring rebusan daun ciplukan menggunakan saringan atau kain kasa untuk memisahkan daun dari air rebusan.
  • Dinginkan rebusan
    Biarkan rebusan daun ciplukan dingin terlebih dahulu sebelum diminum.
  • Konsumsi rebusan
    Selanjutnya, jika air rebusan daun ciplukan sudah dingin maka sudah bisa untuk diminum. Konsumsi rebusan daun ciplukan secara teratur sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
Baca Juga :  Cara Membuat Jamu Tradisional Kunyit Asam Sendiri di Rumah

Kesimpulan

Meski tanaman yang satu ini tumbuh liar dan kurang diperhatikan, namun ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan jika diolah dengan cara meminum air rebusan dari daunnya.

Namun demikian, perlu diperhatikan dalam mengonsumsi rebusan daun ciplukan, perlu diperhatikan dosis yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping.

Selain itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi rebusan daun ciplukan terutama bagi penderita penyakit tertentu.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beragam manfaat dari rebusan daun ciplukan serta bagaimana cara mengolahnya.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Selamat mencoba!.

Pos terkait