Cara Menghilangkan Sakit Kepala dan Mual Menurut Dokter

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dan Mual Menurut Dokter
Cara Menghilangkan Sakit Kepala dan Mual Menurut Dokter

Mengalami sakit kepala yang disertai rasa mual, tentu sangat tidak mengenakkan, sehingga banyak yang mencari cara untuk menghilangkan sakit kepala dan mual yang dialami tersebut.

Dalam beberapa kasus, ketika hal ini terjadi akan diikuti dengan gejala lain seperti mata yang menjadi berat seperti mengantuk serta beberapa gejala lainnya.

Bacaan Lainnya

Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyabab seseorang mengalami masalah kesehatan seperti ini? apa solusi untuk mengatasinya?

Jika saat ini Anda sedang mengalami kondisi seperti ini, silahkan simak ulasan redaksi dibawah ini mengenai penyebab dan juga cara menghilangkan sakit kepala dan mual yang disarankan oleh dokter.

Penyebab Sakit Kepala disertai Mual

Seperti yang sudah redaksi kutip dari sejumlah situs kesehatan, seperti alodokter.com, diketahui jika seseorang mengalami kondisi seperti ini, hal itu bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Baca Juga :  Leukopenia (Leukosit Rendah), Penyebab dan Gejalanya

1. Tension Headache

Sakit kepala tegang atau dalam bahasa medis disebut dengan istilah tension headache, diduga menjadi pemicu dan penyebab utama kenapa seseorang bisa mengalami kondisi seperti ini.

Ketika seseroang mengalami sakit kepala tegang, hal ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri dan ketegangan yang akan dirasakan pada dahi dan di belakang kepala dan leher.

Rasa sakit yang dialami terasa seperti ada tali yang mengikat kuat di kepala sehingga menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa.

Selain rasa nyeri yang cukup menyiksan, ketika seseorang mengalami masalah ini ditandai juga dengan rasa mual dan ingin muntah.

2. Migrain

Penyebab selanjutnya, ketika mengalami kondisi seperti ini bisa juga dikarenakan mengidap sakit kepala sebelah atau migrain.

Perlu diketahui, migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut dan biasanya terjadi pada salah satu sisi kepala.

Migrain dapat berlangsung singkat dan mereda sendiri, tetapi terkadang bisa juga menetap selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari.

Baca Juga :  Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri?, Ini Penjelasannya

Selain rasa sakit kepala pada bagian sisi saja, gejala lainnta terkadang penderita akan mengalami mual.

3. Meningitis (radang selaput otak)

Berikutnya, apabila seseorang mengalami rasa sakit kepala disertai mual bisa jadi itu karena Meningitis (radang selaput otak).

Meningitis atau radang selaput otak adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Namun, tidak menutup kemungkinan lain yang menyebabkannya, misalnya kanker, jamur, atau pun reaksi obat-obatan.

Dimana salah satu gejalanya adalah rasa sakit pada kepala yang cukup menyiksa disertai dengan rasa mual atau muntah.

4. Penyebab lainnya

Selain beberapa penyebab yang sudah kami jelaskan diatas, diketahui ada beberapa penyebab lain yang membuat seseorang mengalami sakit kepala disertai dengan mual:

  • Nyeri kepala cluster
  • Tumor otak
  • Infeksi virus atau bakteri
  • Asthenopia (mata lelah)
  • Cidera kepala
  • Stres berat
  • Dispepsia
  • Anemia
  • Kelelahan beraktifitas
  • Kurang tidur
  • Gangguan metabolik

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dan Mual Menurut Dokter

Menurut penjelasan dari dr. Nadia Nurotul Fuadah, dari Alodokter.com, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengatasi hal ini.

Baca Juga :  Waspadai Jika Muncul Memar Tiba-Tiba, Gejala Penyakit Serius

Guna memastikan apa yang jadi penyebabnya, maka akan dilakukan serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, rontgen, tes darah, CT scan, MRI, atau tes penunjang lainnya.

Meski demikian, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan penderita untuk meringankan rasa sakit yang dialami, yaitu:

  • Dianjurkan untuk melakukan kompres hangat atau dingin kepala Anda yang nyeri
  • Mengkonsumi obat pereda nyeri, seperti paracetamol
  • Istirahat yang cukup, dengan tidur lebih awal.
  • Hindari menggunakan gadget dalam waktu yang lama
  • Jangan sampai terlambat makan
  • Batasi kafeinn atau minum kopi, alkohol dan rokok
  • Rutin olah raga

Jika rasa sakit yang diaalami tidak kunjung membaik, maka sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan secara lengkap, untuk kemudian dilakukan penanganan yang lebih tepat.

Demikian informasi dari redaksi, semoga artikel yang redaksi sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait