Gejala Penyakit Vertigo yang Sebaiknya Anda Ketahui

oleh
Gejala Penyakit Vertigo yang Sebaiknya Anda Ketahui

Jika Anda merasakan sakit kepala disertai dengan sensasi rasa tidak seimbang yang akan membuat Anda merasa seperti sedang berputar bisa jadi Anda sedang mengalai sakit Vertigo. Selain rasa sakit kepala serasa beruptar tersebut, ternyata ada beberapa gejala penyakit Vertigo lainnya yang sebaiknya juga Anda ketahui.

Ketika seseorang mengalami serangan penyakit Vertigo ini, biasnya akan terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau mungkin bis aberlangsung denga durasi waktu lebih lama.

Hal ini tentu akan terasa sangat menyiksa, ditambah jika serangan ini terjadi ketika Anda sedang beraktifitas tentu aktiiftas Anda akan menjadi terganggu.

Penyebab Penyakit Vertigo

Secara umum, ada dua macam jenis penyakit vertigo, yakni vertigo sentral dan vertigo perifer. Dimana untuk penyebabnya, dibedakan berdasarkan jenisnya tersebut.

Untuk jenis Vertigo sentral, penyakit ini bisa  disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada sistem saraf pusat penderitanya.

Baca Juga :  Muncul Benjolan dileher Anak, Kenali Penyebabnya

Sedangkan untuk yang jenis vertigo perifer, ketika ini terjadi hal yang menjadi penyebabnya adalaha adanya masalah pada organ keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam.

Untuk jenis Vertigo perifer ini merupakan jenis vertigo yang paling sering terjadi dan dialami oleh banyak penderita sakit vertigo saat ini.

Lalu, bagaimana dengan gejala yang menyertai penyakit yang satu ini? seperti yang sudah dijelaskan diawal artikel ini gejala yang paling sering terjadi ketika mengalami serangan vertigo adalah rasa pusing yang terasa sangat parah disertai sensasi seperti berputar.

Selain itu, ada beberepa gejala penyakit Vertigo lainnya yang sebaiknya Anda ketahui.

Gejala Penyakit Vertigo

Selain sensasi dunia seperti berputar, ketika seorang penderita mengalami serangan vertigo biasanya telinga akan berdengung.

Jika penderita tidak segera memperoleh pengobatan yang tepat, penderita bisa saja terjatuh karena kehilangan keseimbangan dan tidak bisa berdiri.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, Tanda-Tanda Meningitis pada Bayi

Bahkan jika sakit ini dibiarkan dan tidak ditangani secara baik, vertigo akan selalu kambuh dan dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan penyakit yang lebih berbahaya yakni stroke.

Berikut ini adalah sejumlah gejala penyakit Vertigo lainnya yang sebaiknya Anda ketahui dan deteksi sejak dini:

  • Muncul rasa pusing yang berputar
  • Munculnya gerakan mata abnormal atau yang dalam bahasa medis disebut dengan nistagmus.
  • terjadi mual dan muntah yang cukup parah.
  • Sakit kepala yang amat sangat.
  • Berkeringat berlebihan.
  • Muncul suara berdenging di telinga atau munculnya gangguan pendengaran.
  • beberapa anggota tubuh terasa lemas
  • Penglihatan menjadi berbayang
  • mengalami kesulitan berbicara
  • menurunya tingkat kesadaran
  • Respon yang jadi melambat
  • mengalami kesulitan berjalan
  • Demam tinggi.

Sebagai catatan untuk Anda, penyakit vertigo ini bukahlah penyakir akhir. Artinya jika seseorang mengalami tanda-tanda vertigo, ia bisa saja akan mengalami sakit yang lebih parah

Baca Juga :  Leukopenia (Leukosit Rendah), Penyebab dan Gejalanya

Oleh karena itu, apabila Anda mulai merasakan tanda-tanda atau gejala diatas, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan segera mengunjungi dokter guna pemeriksaan lebih lanjut serta memperoleh penanganan yang tepat.

Jangan sampai Anda abai, karena jika tidak segera memperoleh penanganan yang tepat itu bisa saja akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius nantinya.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *