Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Masa awal kehamilan, atau trimester 1 sangat penting mencukupi asupan vitamin agar janin bisa berkembang dengan baik. Sebagai bahan infomasi untuk Anda, berikut kami ulas mengenai apa saja jenis vitamin yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil pada trimester awal.

Sebagaimana kita tahu, awal-awal kehamilan adalah masa dimana wanita harus memperhatikan dengan baik asupan nutrisi yang masuk.

Bacaan Lainnya

Salah satu asupan nutrisi yang cukup vital bagi ibu hamil adalah berbagai macam vitamin. Dimana untuk trimester pertama, ibu hamil memerlukan asupan vitamin yang cukup guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, berikut adalah ragam jenis vitamin yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama:

1. Asam Folat

Asam folat adalah jenis vitamin yang cukup penting dan sebaiknya tercukupi pada ibu hamil pada masa kehamilan trimester pertama.

Karena, ssam folat diketahui dapat meminimalkan resiko cacat saraf pada janin dan membantu perkembangan otak dan sistem saraf. Asam folat juga membantu mencegah anemia pada wanita yang sedang hamil.

Baca Juga :  Penyebab Menstruasi Terlambat yang Sering dialami Wanita

Asam folat dapat ditemukan dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, dan suplemen asam folat.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari beberapa jenis vitamin B, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12.

Vitamin B kompleks diketahui dapat menaikkan energi serta membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu, vitamin B kompleks juga membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam daging, ikan, telur, dan suplemen vitamin B kompleks.

3. Vitamin D

Vitamin D juga memiliki peranan yang cukup vital bagi ibu hamil pada trimester pertama. Karena, dengan mengkonsumsi vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh, guna pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Vitamin D juga membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh pada wanita hamil. Vitamin D dapat ditemukan dalam ikan berlemak, kuning telur, dan suplemen vitamin D.

4. Zat Besi

Zat besi juga diperlukan oleh ibu hamil pada trimester pertama. Zat besi berguna untuk membentuk sel darah merah serta diketahui berperan penting dalam menyaulrkan oksigen ke seluruh tubuh lewat darah.

Apabila wanita hamil kekurangan zat besi, hal ini bisa memicu munculnya anemia pada ibu hamil. Zat besi dapat ditemukan dalam daging merah, hati, kacang-kacangan, dan suplemen zat besi.

Baca Juga :  Bahaya Penggunaan Pemerah Bibir Untuk Wanita Hamil

5. Kalsium

Jenis asupan vitamin berikutnya untuk ibu hamil adalah kalsium. Dimana ini juga memiliki peranan yang cukup penting untuk ibu hamil pada trimester pertama.

Kalsium membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Jenis vitamin yang satu ini diketahui juga memiliki peranan pening dalam menjaga kesehatan tulang pada wanita yang sedang hamil.

Kalsium dapat ditemukan dalam susu, keju, dan suplemen kalsium.

6. Vitamin A

Vitamin A juga diperlukan oleh ibu hamil pada trimester pertama. Vitamin A membantu perkembangan sel dan jaringan tubuh janin.

Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan mata dan kulit ibu hamil. Vitamin A dapat ditemukan dalam sayuran hijau, buah-buahan, dan suplemen vitamin A.

7. Vitamin E

Vitamin E juga penting untuk ibu hamil pada trimester pertama. Diketahui, dengan memenuhi asupan vitamin E, ini dapat meningkatkan imunitas dan membantu mencegah kerusakan sel.

Vitamin E dapat ditemukan dalam minyak sayur, kacang-kacangan, dan suplemen vitamin E.

8. DHA

DHA adalah jenis asam lemak omega-3 yang berperan sangat vital dalam perkembangan otak dan sistem saraf pada janin dalam kandungan. DHA juga membantu mencegah depresi pada ibu hamil.

Baca Juga :  10 Tips Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil Trimester 1

DHA dapat ditemukan dalam ikan berlemak dan suplemen DHA.

9. Vitamin C

Vitamin C juga penting untuk ibu hamil pada trimester pertama. Vitamin C diketahui berperan penting dalam meningkatkan imunitas dan membantu penyerapan zat besi.

Untuk mendapatkan asupuan vitamin C, disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang diketahui memiliki kandungan vitamin c seperti mangga, jeruk, sayur bayam, sawi dan lain-lain.

10. Vitamin K

Vitamin K juga diperlukan oleh ibu hamil pada trimester pertama. Vitamin K membantu pembekuan darah dan membantu mencegah pendarahan pada ibu hamil.

Vitamin K dapat ditemukan dalam sayuran hijau dan suplemen vitamin K.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah kami ulas diatas, dapat disimpukan jika asupan vitamin sangat penting untuk ibu hamil pada trimester pertama.

Bebrapa jenis vitamim, misalnya Asam folat, vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin E, DHA, vitamin C, dan vitamin K adalah beberapa jenis vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil pada trimester pertama.

Pastikan untuk mendapatkan cukup asupan berbagai jenis vitamin yang sudah disebutkan diatas dari makanan sehat dan suplemen vitamin yang direkomendasikan oleh dokter kandungan.

Pos terkait