Leukosit Rendah Harus Makan Apa? Ini Saran Dari Dokter

oleh
Leukosit Rendah Harus Makan Apa? Ini Saran Dari Dokter

Leukosit rendah harus makan apa? ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang ketika mereka diketahui memiliki sel darah putih yang cukup rendah diambang batas normal.

Leukosit memiliki peranan yang cukup penting bagi tubuh manusia. Dimana salah satu fungsi utama Leukosit adalah untuk memerangi berbagai macam infeksi yang ada alah tubuh. Akan tetapi, bagaimana jika Leukosit dalam tubuh kita rendah? jenis makanan apa yang sebaiknya di konsumsi untuk menormalkannya kembali?

Seperti kita ketahui sel darah  putih atau leukosit ini cukup penting sebagai salah satu faktor dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Karena itu, jika sel darah putih berkurang atau dibawang ambang batas normal yang disarankan maka tubuh akan menjadi mudah sakit, bahkan mudha terkena sakit Leukopenia

Nah berikut ini, akan redaksi berikan penjelasan jika seseorang diketahui memiliki riwayat leukosit rendah harus makan apa saja untuk menormalkannya kembali.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Leukosit Rendah Harus Makan Apa? Ini Saran Dari Dokter

Menurut anjuran dokter dan ahli kesehatan, apabila seseorang diketahui memiliki leukosit rendah dan ingin meningkatkan sel darah putih dalam tubuhnya, bisa dengan rajin mengonsumsi makanan sehat tertentu yang dianjurkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan tersebut yang dianjurkan untuk di konsumsi:

  • Buah Pepaya

Jenis makanan pertama yang dirankan untuk dikonsumsi jika ingin meningkatkan seldarah putih adalah dengan rutin makan buah pepaya.

Dalam buah pepaya, diketahui memiliki banyak kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga selain cocok sebagai anti-inflamasi, kandungan vitamin C ini juga sekaligus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan ancaman penyakit kanker.

  • Yoghurt

Jenis makanan berikutnya yang disarankan adalah, Yoghurt. Pasalnya, kandungan yang ada dalam jenis makanan ini mampu memerangi segala macam baketri jahat yang mengancam kesehatan.

Baca Juga :  Jenis Makanan Berikut Ini Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Selain itu, dalam sebuah penelitian kesehatan diketahui apabila seseorang yang secara rutin mengonsumsi probiotik yang ada dalam yoghurt ini, diketahui kandungan sel darah putihnya lebih tinggi dari pada mereka yang tidak mengkonsumsinya.

  • Bawang Putih

Bawang putih selama ini memang di kenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meski orang lebih banyak mengenalnya sebagai salah satu bumbu untuk masakan, namun bawang putih juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sel darah putih.

Dalam bawang putih diketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga menjadikan bawang putih ini sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan efektif untuk melawan infeksi virus, jamur, bakteri, maupun parasit.

  • Kacang atau biji-bijian

Kandungan vitamin E yang terdapat pada jenis makanan kacang dan juga biji-bijian diketahui dapat membuat kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih kuat karena sifat antioksidan yang tinggi.

Dengan rutin mengkonsumsi jenis makanan ini maka produksi sel-B yang berguna untuk imunitas juga akan semakin meningkat.

Baca Juga :  Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

Jenis makanan berupa kacang dan biji-bijian yang dimaksud adalah kacang almond, selai kacang, atau biji bunga matahari.

  • Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Omega-3

Selanjutnya, pertanyaan apabila seseorang memiliki leukosit rendah harus makan apa? jawaban dari dokter adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega-3.

Omega-3 sendiri merupakan salah satu jenis zat yang terdapat dalam makanan berupa asam lemak yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

Asam lemak yang satu ini diketahui juga bisa melawan zat asing yang berbahaya dalam tubuh. Beberapa contoh jenis makanan yang banyak mengandung Omega-3 yaitu minyak ikan, salmon, bayam, dan kacang kedelai.

Demikian informasi mengenai jenis makanan yang sebaiknya di konsumsi apabila diketahui memiliki riwayat leukosit yang rendah.

Sehingga, jika muncul dalam benak Anda pertanyaan jika mengalami Leukosit rendah harus makan apa? jenis makanan diatas adalah jenis makanan yang dianjurkan oleh dokter dan juga ahli kesahatan.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *