Makanan Sehat Untuk Darah Rendah yang Disarankan Dokter

oleh
Makanan Sehat Untuk Darah Rendah yang Disarankan Dokter

Ketika mengalami darah rendah, salah satu cara penyembuhan yang bisa dilakukan untuk menaikan kembali tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Berikut ini, akan redaksi ulas beberapa makanan sehat untuk darah rendah yang disarankan oleh dakter untuk di konsumsi penderita darah rendah.

Sebenarnya, secara medis ketika seseorang mengalami tekanan darah rendah atau yang dikenal dengan istilah hipotensi namun tanpa gejala biasanya hal tersebut tidak berbahaya dan tidak perlu diobati.

Hanya saja ketika penderita mengalami atau menderita penyakit tertentu, maka ketika terjadi darah rendah ini meningkatkan resiko penyakit akan bertambah parah karena tekenan darah rendah dapat menyebabkan aliran darah ke jantung, otak, dan ginjal menjadi tidak maksimal.

Baca Juga :  Menu Sehat dan Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Makanan Sehat Untuk Darah Rendah

Untuk menaikkan kembali tekanan daran rendah, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang memiliki khasiat yang baik dalam menaikan tekanan darah.

Bukan sembaran makanan, ada sejumlah makanan yang direkomendasikan oleh dokter yang sebaiknya dikonsumsi ketika didiagnosa mengalami darah rendah.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat untuk darah rendah yang dianjurkan oleh dokter untuk di konsumsi.

  • Makanan Tinggi Vitamin B12

Menu makanan sehat pertama yang dianjurkan untuk dikonsumsi seseorang yang mengalami darah rendah adalah makanan yang banyak mengandung vitamin B12.

Makanan-makanann tersebut antara lain, telur, daging sapi dan ayam, kerang, susu rendah lemak, hati sapi, serta sereal yang diperkaya vitamin B12.

  • Makanan Tinggi Folat

Sumber makanan yang tinggi akan zat folat juga juga sebaiknya dikonsumsi jika ingin menaikan tekanan darah rendah dengan cepat.

Sumber makanan yang kaya akan zat Folat antara lain, aneka jensi sayuran berwarna hijau, misalnya bayam dan brokoli.

Baca Juga :  Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dimasak

Selain itu, beberapa jenis kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah-buahan, misalnya pepaya, pisang, dan alpukat juga dikenal memiliki banyak kandungan Folat yang tinggi yang juga baik dikonsumsi oleh penderita darah rendah.

  • Makanan yang Asin

Sejumlah makanan asin juga dipercaya dapat menaikan tekanan darah dengan cepat, misalnya makanan kalengan, ikan asin, dan hidangan dengan tambahan garam.

Namun dengan catatan, jumlah yang dikonsumsi haruslah disesuaikan dan dalam porsi yang wajar. Karena makanan asin seperti ini dapat membantu memenuhi asupan garam harian untuk orang dengan darah rendah.

  • Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Air

Selanjutnya, jenis makanan sehat untuk darah rendah yang dianjurkan oleh dokter untuk di konsumsi adalah jenis makanan yang banyak mengandung air.

Jenis makana tersebut misalnya, buah semangka dan jeruk, atau bisa juga dengan rutin minum air putih dalam jumlah yang lumayan guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari pada orang dengan tekanan darah rendah.

  • Makanan yang Mengandung Kafein

Untuk penderita darah rendah, mengkonsumsi jenis makanan atau minuman dengan kandungan kafein, seperti kopi, cokelat, dan teh, juga disarankan karena dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung untuk sementara waktu.

Baca Juga :  Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Namun perlu diingat, jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan dan diselang seling dengan jenis makanan lainnya. Selain itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein pada malam hari.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis makanan sehat untuk darah rendah yang sebaiknya di konsumsi untuk menaikkan kembali tekanan darah rendah.

Sangat di anjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, mengenai jenis makanan yang bolah dimakan dan tidak.

Selain itu, melakukan pemeriksaan dan pengecekan tekanaan darah juga sebaiknya dilakukan secara rutin guna mengetahui apakah sudah normal atau masih dibawah normal.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.