Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Di Bolehkan

oleh
Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Di Bolehkan

Untuk penderita penyakit diabetes, memang dianjurkan untuk tidak sembarang dalam mengkonsumsi makanan agar tidak semakin parah penyakit diabetesnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap normal dan stabil. Namun demikian, ada beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang dibolehkan dan bahkan dianjurkan untuk dikonsumnsi.

Sebagaimana kita tahu, pantangan makanan untuk penderita diabetes sendiri ada cukup banyak sehingga memastikan bahwa jenis makanan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes ini harus sangat penting diketahui.

Karena jika sampai salah mengkonsumsi jenis makanan yang dilarang dan terjadi peningkatan kadar gula darah pada penderita penyakit ini dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan yang lebih parah.

Dimana penderita akan merasa seperit kelelahan, kerusakan saraf, rentan terkena infeksi dan luka, bahkan yang paling parah penderita akanĀ  kehilangan kesadaran atau koma.

Baca Juga :  Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dimasak

Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Di Bolehkan

Meski ada cukup banyak pantangan makanna bagi penderita diabetes, namun ada juga jenis makanan tertentu yang baik dan diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada artikel kali ini redaksi sudah menyiapkan informasi mengenai beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi para penderita diabetes.

  • Karbohidrat Kompleks

Seperti kita ketahui, penderita penyakit diabetes tidak boleh mengkonsumsi nasi putih karena kadar gula pada nasi putih cukup tinggi.

Oleh karena itu, sebagai makanan pengganti nasi dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh misalnya beras merah, ubi panggang, oatmeal, roti gandum,dan sereal yang terbuat dari dari biji-bijian utuh.

  • Daging Tanpa Lemak

Penderita penyakit diabetes jug amaish diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak sebagai asupan makanannya.

Baca Juga :  Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

Untuk jenis daging sapi, bagian lemak paling sedikit berada di bagian dalam, sekitar leher, sirloin atau has luar, dan tenderloin atau has dalam.

Sementara untuk daging ayam, adalah daging yang terdapat pada dada yang tanpa kulit.

  • Sayur Brokoli dan Bayam

Bagi mereka yang menderita penyakit diabetes juga masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi sayur brokoli dan bayam.

Hanya saja untuk cara memasaknya sebaiknya di masak dengan cara direbus atau dikukus.

  • Telur

Mengkonumsi telur untuk penderita penyakit diabetes masih diperbolehkan asalkan dimasak dengan cara direbus, bukan digoreng.

Dari hasil penelitian kesehatan yang dilakukan pada tahun 2018 lalu menunjukkan telur yang dikonsumsi secara teratur bisa meningkatkan glukosa darah puasa pada orang pradiabetes atau diabetes tipe II.

  • Ikan

Untuk mencukupi asupan protein, penderita diabetes juga masih diperbolehkan untuk mencukupi kebutuhan protein dengan mengkonsumsi beberap jenis ikan.

Jenis ikan tertentu seperti, salmon, tuna, sarden dan makarel dianjurkan untuk di konsumsi. Tapi ingat, jangan konsumsi ikan tongkol karena memiliki kandungan merkuri tinggi yang berbahaya untuk penderita diabates.

  • Jenis Buah Tertentu

Meski buah-buahan memiliki rasa yang manis, namun ada beberapa jenis buah yang masih diperbolehkan untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Brokoli, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

Pasalnya, untuk mencukupi kebutuhan energi tanpa membuat tubuh mengalami peningkatan kadar gula darah yang berlebihan, maka alternatifnya adalah dengan mengkonsumsi jenis buah-buahan tertentu.

Beberapa jenis buah yang dimaksud antara lain, Anggur, Apel, Jeruk, buah Beri, buah Kiwi, buah Jambu Biji dan buah Pir.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang diperbolehkan untuk dikonsumsi guna memenuhi aspuan gizi dan nutrisi bagi tubuh mereka.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, sehingga diharapkan akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda seputar jenis makanan yang dibolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes.