Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata Anak

oleh
Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata Anak

Menjaga kesehatan mata anak sangat penting dilakukan agar penglihatan sikecil tidak mengalami gangguan. Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab penuh terhadap baik dan buruknya mata si buah hati. Selain mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik, memberikan asupan nutrisi untuk mata juga perlu dilakukan.

Karena seperti yang kita tahu, indera penglihatan sangat berguna untuk pertama kali menerima informasi dan pengetahuan. Apabila kesehatannya terganggu, ini tentu akan sangat berpengaruh pada penerimaan informasi yang diterimanya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua dalam menjaga kesehatan mata anak adalah dengan memberikan makanan yang banyak mengandung zat-zat atau vitamin yang bagus untuk mata.

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata Anak

Banyak para orang tua yang belum tahu jenis makanan apa saj ayang bagus untuk kesehatan mata. Mungkin yang paling familliar dan paling banyak diketahui adalah sayuran wortel saja.

Baca Juga :  Obat Tradisional Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan

Tapi, selain wortel ada cukup banyak jenis makanan lain yang juga memiliki khasiat dan kandungan yang tak kalah baik. Apa saja jenis makanan tersebut? berikut ulasannya:

  1. Wortel dan Telur

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwasannya wortel adalah sayuran yang bagus untuk menutrisi mata. Kepopuleran wortel sebagai nutrisi alami mata sudah ada sejak dahulu dan memang benar adanya.

Keampuhan dalam menutrisi mata tidak lepas dari fakta bahwa wortel mengandung banyak sekali beta karoten (senyawa alami pada tumbuhan yang merupakan bentuk awal Vitamin A). Kandungan beta karoten tadi mampu meningkatkan fungsi komponen mata dan menjaga integritas struktural mata anak-anak.

Sementara itu, telur diperkaya Vitamin A yang efektif membantu mencegah gangguan mata kering dan rabun senja.

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Untuk membantu meningkatkan kesehatan mata anak, Anda bisa memulainya dengan rutin memberi sayuran berdaun hijau kepada buah hati. Ada banyak pilihannya seperti bayam, kale ataupun sayuran lainnya.

Sayuran berdaun hijau diketahui mengandung zeaxanthin dan lutein tingkat tinggi, dimana kedua zat inilah yang mengandung antioksidan kuat untuk membantu memerangi radikal bebas pada mata.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, Tanda-Tanda Meningitis pada Bayi

Antioksidan tadi mampu mencegah pembentukan katarak dan degenerasi makula seiring dengan usia anak yang bertambah.

  1. Jeruk dan Berry

Apakah selama ini Anda sering memberi anak camilan yang tinggi kalori, asin dan lemak? Kalau begitu, segeralah beralih ke camilan lebih sehat. Tidak perlu bingung, pilih saja buah jeruk dan berry.

Kedua buah ini diperkaya Vitamin C yang berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Apabila sistem imun sudah diperkuat, maka daya tahan tubuh anak terhadap infeksi penyakit otomatis semakin kuat. Selain menjadikannya sebagai camilan, bisa juga membuat jus buah untuk kesehatan mata buah hati dari jeruk ataupun berry.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian termasuk makanan untuk kesehatan mata anak karena didalamnya mengandung niasin, Vitamin E, zinc, dan beragam nutrisi baik lainnya.

Semua kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan mata si buah hati secara menyeluruh.

Oleh karena itu, Anda bisa rutin memberikan buah hati seperti roti gandum, quinoa, beras merah, dan gandum utuh.

  1. Paprika dan Kubis

Paprika dan kubis hadir sebagai salah satu sumber Vitamin C yang tinggi dan berperan penting terhadap sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga berlaku untuk indera pengelihatan anak-anak.

Baca Juga :  Mata Bengkak Pada Anak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kandungan antioksidan yang ebrada di dalamnya mampu membantu mencegah beraneka ragam kerusakan di sel-sel mata.

Rutin mengonsumsi paprika dan kubis bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena penyakit mata akibat usia, seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula.

  1. Anggur dan Blueberry 

Jus buah untuk kesehatan mata lainnya adalah anggur dan blueberry. Kedua buah ini mampu membantu meningkatkan penglihatan pada malam hari, sekaligus adaptasi dalam kondisi gelap berkat kandungan anthocyanin didalamnya.

Blueberry adalah buah yang mampu mengurangi kelelahan mata. Buah-buahan ini juga diketahui mengandung flavonoid berupa resveratrol, quercetin, selenium dan seng. Kesemua kandungan tadi bermanfaat untuk memperkuat pengelihatan.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai lima pilihan makanan untuk kesehatan mata anak. Penuhi nutrisi buah hati Anda dari dalam, kemudian imbangi dengan kebiasaan baik untuk mendapatkan hasil maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *