Beragam Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

oleh
Beragam Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Jika ditanya apa manfaat bawang putih, maka jawaban paling umum adalah sebagai bahan untuk bumbu yang berguna melezatkan rasa makanan. Tapi sudah tahukah Anda apa manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Seperti kita ketahui, bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu utama dalam makanan yang memiliki aroma yang cukup menyegat.

Selain sebagai bumbu, bawang  putih diketahui memiliki sejumlah khasiat yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya, berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Dalam bawang putih, diketahui banyak mengandung berbagai zat yang cukup baik untuk kesehatan. Kandungan tersebut antara lain:

  • Protein sebanyak 6,3 gram
  • Lemak sebanyak 0,5 gram
  • Karbohidrat sebanyak 33 gram
  • Serat sebanyak 2,1 gram
  • Kalsium sebanyak 181 miligram
  • Zat besi sebanyak 1,7 miligram
  • Magnesium sebanyak 25 miligram
  • Fosfor sebanyak 153 miligram
  • Kalium sebanyak 401 miligram
Baca Juga :  Tanaman Herbal Ini Memiliki Khasiat Yang Luar Biasa

Dengan adanya kandungan tersebut, tak heran jika bawang putih memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan.

Diketahui ada cukup banyak manfaat bawang putih ini untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfat-manfaat yang dimaksud.

  • Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih yang pertama yaitu berguna sebagai salah satu bahan alami untuk menjaga kesehatan jantung yang mengkonsumsinya.

Dari hasil penelitian kesehatan disebutkan bahwa suplemen didalamnya terkandung ekstrak dari bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dan hipertensi, sehingga diyakini mampu menjaga kesehatan jantung yang menkonsumsinya.

Selain itu, sulfur yang terdapat dalam bawang putih dapat dioleh sel darah merah menjadi gas hidrogen sulfida, yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga lebih lancar dan baik untuk kesehatan jantung.

  • Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan berikutnya adalah berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Baca Juga :  Obat Rematik Alami Dari Bahan Herbal yang Terbukti Ampuh

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian kesehatan yang menunjukkan jika bahan alami berupa bawang putih ini diketahui dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengurangi infeksi bakteri H. pylori yang umumnya menyerang lambung.

Dengan demikian, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar pencernaan lebih sehat.

  • Berguna Untuk Mencegah Penyakit Kanker

Selanjutnya, khasiat bawang putih diketahui berguna sebagai salah satu bahan alami untuk mencegah penyakit kanker, berkat kandungan senyawa allicin dalam bawang putih yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antikanker.

Dalam beberapa jurnal kesehatan disebutkan bahwa bawang putih bisa menurunkan risiko terjadinya kanker lambung dan meredakan berbagai gejala yang muncul dari beberapa jenis kanker ganas, seperti kanker payudara, kanker paru, kanker usus besar, maupun kanker pankreas.

  • Berguna Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia

Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit Alzheimer dan Demensia adalah dengan rutin mengkonsumsi bawang putih.

Baca Juga :  Si Kecil Sedang Batuk, Coba Redakan Dengan Bahan Herbal Ini

Dalam sebuah penelitian kesehatan disebutkan bahwa mengkonsumsi suplemen dengan kandungan bawang putih didalamnya dapat meningkatkan antioksidan yag terdapat dalam tubuh serta dapat mengatasi tekanan darah tinggi yang merupakan pemicu munculnya penyakit Alzheimer dan Demensia.

  • Berguna Untuk Meningkatkan Sel Darah Putih

Apabila seseorang mengalami kondisi leukosit rendah, salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah bawang putih.

Pasalnya, pada bawang putih diketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga menjadikan bawang putih ini sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Demikian informasi mengenai beberapa manfaat dari bawang putih yang sebaiknya Anda ketahui yang sangat berguna untuk kesehatan.

Sebenarnya masih ada cukup banyak manfaat bahan alami bawang putih ini untuk kesehatan, namun akan redaksi ulsa lebih lanjut di artikel yang lainnya.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *