Sering Makan Petai Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

oleh
Sering Makan Petai Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Jenis makanan yang satu ini tentu sudah banyak yang mengenalnya. Kebanyakan masyarakat Indonesia suka makan petai, entah untuk dijadikan lalapan atau di campur dengan jenis makanan lainnya.

Sebenarnya, selain populer di Indonesia, petai juga sangat di gemari oleh masyarakat di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Bahkan, di beberapa negara tersebut, sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini juga banyak digunakan sebagai obat herbal tradisional karena diyakini bisa mengatasi berbagai jenis penyakit.

Pasalnya, dibalik aromanya yang tak sedap tersebut, petai memilki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh yang mengonsumsinya, salah satunya bisa untuk menjaga kesehatan jantung.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai semua hal yang berkaitan dengan petai sebagai salah satu jenis makanan yang baik untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi yang Ada Pada Petai

Sebelum dibahas manfaatnya untuk kesehatan, perlu diketahui dahulu ragam kandungan yang terdapat pada sayuran pertai, yakni:

  • Sumber Kalori.
  • Sumber Protein.
  • Sumber Karbohidrat.
  • Kandungan Serat.
  • Kandungan Lemak.
  • Kandungan Mineral, seperti kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, zinc, magnesium, dan tembaga.
  • Sumber vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B1, dan vitamin E.
Baca Juga :  Beberapa Jenis Buah Berikut Bisa membuat ASI Lancar Saat Menyusui

Selain kandungan nutrisi yang cukup banyak pada sayuran petai tersebut, didalamnya juga banyak terkandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas seperti polifenol, flavonoid, tanin, dan superoxide dismutase (SOD).

Manfaat Makan Petai Untuk Kesehatan

Setelah anda mengetahui kandungan nutri serta zat yang ada dalam petai, berikut ini adalah beberapa manfaat petai untuk kesehatan yang harus anda ketahui:

  • Berguna Untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Apabila tidak segera diatasi dikawatirkan akan memicu munclkan berbagai penyakit komplikasi yang lebih berbahaya.

Nah, salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah adalah sayur petai. Hal ini dikarenakan, dalam petai banyak terkandung antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol yang berfungsi untuk menjaga agar gula darah tidak melonjak.

  • Menangkal Radikal Bebas

Manfaat petai untuk kesehatan lainnya adalah untuk menangkal radikal bebas. Jenis sayuran ini merupakan salah satu sayur dengan kadar antioksidan yang cukup tinggi yang bisa menangkal dampak radikal bebas pada sel-sel tubuh.

Baca Juga :  Ragam Sayuran Untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Perlu diketahui, kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, dan diabetes. Karena itu, untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan terhindar dari kerusakan sel, makan petai bisa jadi salah satu alternatifnya.

  • Baik Untuk Pencernaan

Sering mengalami sembelit ?, hal itu dikarenakan tubuh anda kekurangan serat yang erat kaitannya dengan pencernaan dalam tubuh manusia.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam petai dipercaya sangat baik untuk pencernaan. Selain itu, adanya serat juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini menjadikan sayur petai ini sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

  • Baik kesehatan jantung

Jantung adalah organ paling vital dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna menunjang kelangsungan hidup.

Karena itu, menjaga jantung and atetap dalam kondisi baik sangat penting dilakukan. Salah satujenis  makanan yang dianggap baik untuk kesehatan jantung adalah petai.

Adanya kandungan serat, antioksidan, serta kalium yang cukup tinggi dalam petai menjadikan sayur ini rekomendasi untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga :  Makanan Berikut Ini, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Zat kalium dalam petai merupakan elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Sementara untuk serat dan antioksidan pada petai dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung.

  • Mengatasi infeksi

Dalam beberapa penelitian kesehatan disebutkan, jika ekstrak petai diketahui dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efektifitasnya sebagai bahan untuk mengobati infeksi.

Hal yang Perlu Anda Diperhatikan

Meski petai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bagi yang mengonsumsinya, namun hal ini bukan menjadi satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan tubuh ada.

Menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan seimbang, rutin berolah raga juga tetap harus dilakukan guna memperoleh tubuh yang sehat.

Selain itu, tidak disarankan untuk mengomsumsi petai dalam jumlah yang banyak. Karena, mengonsumsi petai dalam jumlah berlebihan jutrsu berisiko merusak ginjal.

Selain itu, untuk mereka yang diketahui sebagai penderita asam urat juga disarankan untuk jangan terlalu banyak makan petai. Adanya kandungan purin dalam sayur petai bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *