Manfaat Tidur Siang, Benarkah Bisa Bikin Gemuk

oleh
Manfaat Tidur Siang, Apakah Benar Bisa Bikin Gemuk ?

Selama ini ada anggapan di kalangan masyarakat kita, bahwa tidur siang bisa bikin gemuk badan kita. Namun, benarkah demikian? Sebenarnya anggapan tersebut tidak seratus persen benar. Karena pada kenyataannya ada banyak manfaat tidur siang yang bisa anda rasakan dari istirahat pada siang hari.

Bahkan, manfaat tidur siang itu sendiri relatif lebih banyak jika dibanding dengan efek negatif yang mungkin ditimbulkannya.

Menurut sejumlah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan, tidur siang ternyata bisa membuat Anda merasa lebih lebih relaks, membuat suasana hati (mood) menjadi positif, mengurangi kelelahan akibat aktifitas, meningkatkan kewaspadaan, serta dipercaya dapat meningkatkan kinerja tubuh kita.

Selain manfaat yang sudah tersebut diatas, ternyata masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda rasakan di balik kebiasaan tidur siang yang kita lakukan.

Baca Juga :  Mata Bintitan, Begini Cara Mengobatinya Dengan Benar

Manfaat Tidur Siang

Lantas, bagaimana dengan anggapan bahwa tidur siang bisa bikin gemuk? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu fakta-fakta penting di balik tidur siang berikut ini:

  • Untuk mengatasi kurang tidur

Dalam sebuah penelitian kesehatan, tidur siang bisa menjadi salah satu solusi atau alternatif untuk mengobati kurang tidur. Istirahat siang selama kurag lebih 15-20 menit saja sudah cukup untuk mengembalikan kesegaran tubuh kita kembali serta dapat meningkatkan kewaspadaan, energi, dan kinerja motorik tubuh.

  • Bisa meningkatkan fungsi memori otak

Dalam penelitian lain juga dijelaskan bahwa tidur siang selama 5 menit saja dapat meningkatkan fungsi memori dalam otak kita. Hal ini diperkuat oleh penelitian lain yang menyebutkan jika tidur siang kurang dari 30 menit juga dapat meningkatkan kewaspadaan tubuh kita, meningkatkan kinerja dan kemampuan belajar.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Kaki Kram Dan Cara Tepat Mengatasinya

Selain itu, tidur siang selama 30-60 menit dapat membantu kita dalam meningkatkan memori otak dan kreativitas serta dapat membantu menghafal kosakata atau mengingat arah. Tak hanya itu, tidur siang juga dipercaya mempunyai peran penting dalam membuat koneksi baru dalam otak dan memecahkan berbagai masalah kreatif.

  • Dapat menurunkan tekanan darah

Tidur siang yang cukup juga di ketahui dapat menurunkan tekanan darah anda. Dengan demikian, melihat sejumlah manfaat yang bisa anda rasakan tersebut,  rasanya anda tidak perlu khawatir jika memiliki kebiasaan tidur siang karena adanya berbagai manfaat positif bagi kesehatan dibalik kebiasaan tersebut.

Kembali kepokok permasalahan apakah tidur siang bisa bikin gemuk, ternyata kebiasaan tidur siang tersebut juga memilik dampak negatif jika anda lakukan dalam waktu yang lama.

Sebab, tidur siang lebih dari 30 menit justru dapat menyebabkan gangguan sleep inertia, yaitu gangguan kognitif yang berlangsung setelah bangun tidur. Selain itu, tidur siang lebih dari satu jam juga dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 46%.

Baca Juga :  Leukopenia (Leukosit Rendah), Penyebab dan Gejalanya

Menurut penelitian lainnya, tidur siang lebih dari 90 menit juga diduga mampu meningkatkan risiko sindrom metabolik sebanyak 50%. Sindrom metabolik itu sendiri mencakup kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gula darah tinggi, dan kelebihan lemak di sekitar pinggang.

Hal itulah yang menjadi alasan adanya anggapan bahwa tidur siang bisa bikin gemuk. Namun faktanya, hingga saat ini belum  ada bukti yang secara resmi dikeluarkan oleh ahli kesehatan yang menyebut jika tidur siang bikin gemuk atau menambah berat badan.

Karena jika tidur siang anda lakukan secara teratur dan dalam waktu yang cukup dan tak berlebihan, Anda justru akan mendapatkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *