Waspadai Mata Kuning, Ada Masalah Serius Pada Kesehatan

oleh
Waspadai Mata Kuning, Ada Masalah Serius Pada Kesehatan

Pernahkan Anda melihat seseorang mengalami mata kuning ? atau bahkan Anda saat ini sedang mengalami kondisi tersebut? Hati-hati, karena ini pertanda jika ada masalah kesehatan yang cukup serius yang sedang dialami.

Karena jika seseorang mengalami mata kuning, hal tersebut bisa mengindikasikan jika ada masalah kesehetan dalam tubuh, termasuk diaantaranya adalah gangguan fungsi hati, kantung empedu, pankreas, atau beberapa masalah kesehatan lainnya.

Dalam dunia kesehatan, mata yang berwarna kuning disebut dikenal dengan istilah scleral icterus. Sklera (sclera) sendiri adalah merupakan bagian putih pada organ mata.

Namun, ketika mata seseorag berubah menjadi berwara kuning sebenarnya yang berubah warna bukanlah pada bagian sklera tersebut, melainkan warna kuning tersebut terjadi pada konjungtiva yaitu lapisan terluar mata yang tipis kecuali kornea.

Penyebab Mata Kuning

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, munculnya warna kuning pada mata bisa mengindikasikan adanya suatu penyakit yang sedang dialami.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang mungkin di idap yang di tandai dengan mata kuning:

  • Penyakit Kuning

Penyebab pertama dan kemungkinan besar adalah penyebab utama mengapa seseorang mengalami mata kuning adalah dikarenakan adanya penyakit kuning dalam tubuhnya.

Baca Juga :  Waspadai Jika Muncul Memar Tiba-Tiba, Gejala Penyakit Serius

Penyakit kuning ini bisa terjadi apabila ada terlalu banyak bilirubin (senyawa berwarna kuning yang berasal dari pemecahan hemoglobin) dalam darah penderita.

Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, mulai bayi, anak-anak, dan juga orang dewasa bisa mengidap penyakit ini. Secara umum, jika orang dewasa diketahui mengidap penyakit kuning hal tersebut menunjukkan adanya kerusakan hati yang tidak diidentifikasi serta diobati dengan segara, yang dapat menyebabkan gagal hati.

Sementara untuk penderita bayi yang baru lahir, penyakit kuning bisa terjadi karena sel darah merah ekstra mulai pecah segera setelah bayi tersebut dilahirkan. Namun, organ hati pada lambat untuk memroses bilirubin tersebut.

  • Sirosis hati

Sirosis hati merupakan jaringan parut yang terletak pada organ hati yang disebabkan oleh kerusakan hati dalam jangka panjang dan terjadi secara terus-menerus.

Jaringan parut ini menggantikan jaringan sehat yang ada pada organ hati dan mencegah hati bekerja dengan baik dan optimal.

Ketika seseroang mengalami hal ini, gejala yang muncul salah satunya adalah penyakit kuning yang terlihat dari warna matanya yang menguning.

Baca Juga :  Penyebab Utama Kematian Balita di Indonesia Adalah Penyakit Pneumonia

Kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan buruk minum minuman keras dalam jangka panjang, kemungkinan penyakit hepatitis B dan hepatitis C kronis, perlemakan hati, hancurnya saluran empedu, gangguan pencernaan genetik (sindrom Alagille), penyakit Wilson, kanker hati, dan efek samping obat-obatan tertentu.

  • Batu Empedu

Mata berwarna kuning yang dialami oleh seseorang bisa juga disebabkan oleh saluran empedu yang tersumbat dikarenakan batu empedu.

Terjadinya sumbatan oleh batu empedu ini akan menyebabkan rasa nyeri perut kanan atas. Umumnya batu empedu disebabkan oleh beberapa hal, termasuk gen, berat badan, penurunan gerakan kantong empedu, diet, terlalu banyak kolesterol dalam darah, dan sebagainya.

  • Gangguan pankreas

Terganggunnya  organ pankreas juga bisa menyebabkan seseroang mengalami mata kuning. Saluran pankreas dan saluran empedu bersatu mengalir ke usus keci, yang apabila saluran tersebut terhambat karena disebabkan oleh kanker pankreas dan radang pankreas, empedu mungkin tidak dialirkan dengan baik dan dapat menyebabkan penyakit kuning.

  • Kelainan darah

Gangguang kesehatan lain yang ditandai dengan mata kuning adalalah adanya kelainan pada sel darah merah sehingga mudah pecah.

Baca Juga :  Sakit Pinggang Tanda Ginjal Bermasalah? Mitos atau Fakta

Kelainan darah yang dialami oleh penderita dapat membuat mata menjadi kuning termasuk anemia hemolitik (penghancuran dini sel-sel darah merah), hal tersebut disebabkan oleh obat, reaksi akibat ketidakcocokan transfusi darah, atau anemia sel sabit.

Selain karena kemungkinan adanya gangguan kesehatan karena beberapa penyakit yang disebutkan diatas, kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh pengaruh atau efek samping dari penggunaan obat-obatan, seperti rifampin dan isoniazid (untuk mengobati TB), chlorpromazine (untuk menangani gangguan mental), didanosine (untuk pengobatan HIV), isotretinoin, dan obat-obatan herba.

Apabila kondisi ini mulai terdeteksi sebaiknya segera mendapat perhatian serius, karena hal ini menjadi indikator ada yang tidak beres dengsn keseharan tubuh penderitanya.

Terlebih lagi, jika timbulnya masalah mata yang berwarna kuning ini disertai gejala lain, seperti nyeri perut, lemas, demam, muntah darah, BAB berdarah, dan sering memar, maka langkah yang tepat adalah dengan segera berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lengkap serta penanganan yang tepat terkait kondisi yang dialami.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *