Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Usia dibawah 1 Tahun

oleh
Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Usia dibawah 1 Tahun

Pada artikel ini, redaksi aramedika.com sudah menyiapkan pembahasan khusus mengenai langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan sebagai upaya atau cara menaikkan berat badan bayi untuk usia dibawah 1 tahun.

Seperti yang kita ketahui, bahwa berat badan bayi merupakan salah satu indikator perkembangan bayi yang paling mudah dikenali. Berat badan yang ideal sesuai dengan usianya, menunjukan jika bayi mengalami tumbuh kembang yang baik.

Begitu juga sebaliknya jika berat badan bayi kurang dari yang seharusnya, itu bisa jadi ada pertanda yang kurang bagus dengan tumbuh kebang si bayi. Namun demikian, bayi yang kurus bukan berarti ia tidak sehat.

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Jika saat ini Anda memilki buah hati yang berat badannya kurang ideal atau dibawah rata-rata yang seharusnya, bisa menerapkan tips dari redaksi berikut ini untuk mengatasinya.

Baca Juga :  Usia Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa Saja ?, Yuk Cari Tahu

Perlu Anda ketahui, bahwa untuk berat badan bayi yang ideal adalah akan selalu bertambah sebanyak 560–800 gram setiap bulannya dari berat awal.

Sementara pada bayi yang menginjak usia 6 hingga 12 bulan atau 1 tahun, berat badan bayi akan naik dan haruslah bertambah sekitar 340–560 gram di setiap bulannya dari berat awal.

Jika pertambahan berat badan stagnan, kurang dari angka diatas atau bahkan mengalami penurunan, itu bisa jadi indikasi jika tumbuh kembang si kecil ada yang bermasalah.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi akan memberikan tips bagaimana cara menaikan berat badan bayi untuk usia kurang dari 1 tahun. Silahkan disimak.

  • Berikan Bayi ASI Lebih Sering

Tips pertama yang bisa Bunda lakukan adalah dengan menyusui atau memberikan ASI dengan intensitas yang lebih sering.

Dianjurkan, jika bisa untuk memberikan si kecil ASI dalam kurun waktu setiap 2–3 jam dengan durasi setiap menyusui adalah sekitar 20 menit.

Baca Juga :  Pentingnya Suntikan Vitamin K Untuk Bayi yang Baru Lahir

Karena perlu Bunda ketahui, bahwasanya kekurangan nutrisi akibat frekuensi menyusu yang kurang menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan bayi tidak bertambah.

  • Berikan MPASI yang Bergizi

Untuk bayi berusia 6 bulan keatas yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI) pastikan untuk memberikan MPASI yang bergizi guna mencukupi kebutuhan nutrsinya.

Pastikan menu makanan pendamping ASI yang diberikan memenhu unsur kandungan kalori, protein, serat, dan lemak baik.

Jenis makanan seperti pisang, alpukat, keju, dan yoghurt sangat baik dikonsumsi sikecil untuk menaikan berat badannya. Selain itu, mencampurkan minyak zaitun ke menu makanan juga bisa jadi salah satu alternatifnya.

  • Untuk Ibu Menyusui, Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Tips selanjutnya ditujukan untuk para Bunda yang sedang menyusui. Jika berat badan sikecil masih kurang dari berat badan yang ideal, disarankan untuk Bunda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar ASI yang diproduksi lebih berkualitas.

Baca Juga :  Anak Mengalami Kejang atau Step, Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan penambah ASI seperti gandum, wortel, aneka sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, daun katuk agar produski ASI jadi melimpah.

  • Pertimbangkan Untuk Memberikan Susu Formula

Selain memberikan makanan yang bergizi sebagai makanan pendamping ASI, orang tua juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan sikecil susu formula penambah berat badan.

Pastikan untuk memberikan susu formula yang sesuai dengan usianya, perhatikan juga apakah ada kemungkinan alergi terhadap susu formula hewani sehingga bisa menggunakan susu formula nabati.

Demikian informasi dari redaksi mengenai bagaimana cara menaikkan berat badan bayi terutama yang masih berusia dibawah satu tahun.

Jika dalam kurun waktu tertentu masih belum ada perubahan setelah menerapkan tips diatas, ada baiknya segera berkosultasi dengan dokter anak guna penanganan yang lebih tepat.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.