Makanan Berikut Ini, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

oleh
Jenis Makanan Berikut Ini, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain dengan pengobatan yang tepat, untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa juga dilakukan dengan rutin mengkonsumsi jenis makanan yang diketahui memiliki kashiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang di alami penderita.

Salah satu dari sekian banyak penyakit yang kerap di derita oleh masyarakat Indonesia adalah penyakit darah tinggi atau yang dalam bahasa medis disebut dengan hipertensi.

Penyakit ini sering tidak terdeteksi di awal karena tak memiliki gejala khas seperti umumnya pada penyakit lain. Sehingga sebagian besar penderita akan langsung terdiagnosa dengan penyakit ini, pada saat sedang memeriksakan diri ke dokter.

Parahnya, penyakit tekanan darah tinggi ini juga akan memicu komplikasi munculnya penyakit lain yang cukup berbahaya, misalnya penyakit jantung.

Salah satu faktor utama dalam menurunkan hipertensi ke kondisi yang normal, adalah dengan menerapkan pola hidup dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Ada banyak jenis makanan yang bisa kita coba guna menurunkan hipertensi yang sedang diderita, beberapa di antarannya adalah jenis makanan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari dan mudah untuk didapatkan.

Jenis Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apa saja jenis makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi tersebut? berikut ulasannya untuk anda.

  • Bawang Putih

Selain digunakan untuk bumbu masakan, bawang putih juga idkenal sebagai tanaman herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga :  Jenis Makanan Berikut Ini Sangat Berguna Untuk Memperlancar ASI

Bawang putih memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh yang mengkonsumsinya.

Oksida nitrat inilah yang membantu melebarkan dan melemaskan pembuluh darah yang berdampak pada penurunan tekanan darah tinggi yang sedang di derita.

  • Yogurt

Jenis makanan berikutnya  yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah Yogurt. Didalam Yogurt banyak mengandung kalsium yang memiliki peranan penting dalam menurunkan serta mencegah tekanan darah tinggi.

Disarankan untuk mengkonsumsi yogurt alami, tanpa tambahan bahan pemanis. Meskipun rasanya tidak cocok dengan sabagian lidah orang Indonesia, namun jenis makanan ini kaya akan manfaat untuk kesehatan bagi yang rutin mengkonsumsinya.

  • Tempe

Berikutnya ada, jenis makanan tradisional yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, yakni Tempe. Jenis makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini bisa digunakan sebagai jenis makanan penurun darah tinggi karena banyak mengandung probiotik.

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, probiotik juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karenanya, anda mencoba untuk lebih sering mengkonsumsi jenis makanan ini guna menurunkan hipertensi yang sedang dialami.

  • Kayu Manis

Kayu manis atau cinamon, merupakan salah satu bahan masakan yang cukup populer. Bahan ini sering di gunakan dalam pembuatan kue ataupun makanan lain.

Dibalik citarasanya dan aromanya yang khas, kayu manis diketahui dapat digunakan sebagai bahan makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Oatmeal

Penderita hipertensi sangat disarankan untuk mengkonsumsi Oatmeal saat sarapan pagi. Karena, jenis makanan yang satu ini merupakan sarapan bergizi yang tinggi akan serat serta rendah garam dan lemak.

Baca Juga :  Sering Makan Petai Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam makanan oatmeal juga banyak mengandung beta-glucan yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang sedang dialami.

  • Minyak Zaitun

Dalam minyak Zaitun, banyak mengandung mengandung komponen antiradang berupa polifenol yang berfungsi menurunkan tekanan darah bagi mereka yang mengkonsumsinya.

  • Buah Kiwi

Selain menyegarkan saat disantap, dengan rutin mengkonsumsi buah yang satu ini ternyata dapat menurunkan hipertensi yang sedang di derita.

Dalam sebuah penelitian kesehatan menunjukkan, bahwa dengan konsumsi setidaknya tiga buah kiwi setiap hari ternyata dapat menurunkan tekanan darah selama 24 jam dibanding mengonsumsi buah lainnya.

  • Buah Semangka

Selain buah kiwi, buah dengan isi daging berwarna khas merah menyegarkan ini juga memiliki khasiat yang sama dalam menurunkan hipertensi.

Dalam buah semangka banyak ditemukan kandungan asam amino citrulline yang diketahui mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang menjadikannya salah satu makanan alternatif untuk penurun hipertensi.

  • Buah Pisang

Buah yang satu ini merupakan buah yang sangat sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun siapa sangka ternyata ia memiliki khasiat yang cukup baik dalam menurunkan hipertensi yang sedang diderita.

Buah pisang memiliki banyak kandungan potasium yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang sangat di rekomendasikan untuk dijadikan makanan penurun tekanan darah tinggi, kerena mudah untuk didapatkan.

  • Sayuran Hijau

Berikutnya adalah jenis makanan berupa sayuran hijau. Dalam beberapa jenis sayuran hijau diketahui banyak mengandung nitrat yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan zat berupa potasium yang membantu pengeluaran sodium melalui urine saat buang air kecil.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Kaki Kram Dan Cara Tepat Mengatasinya

Penderita hipertensi dapat mengkonsumsi beberapa sayuran hijau seperti bayam, kubis, selada, dan beberapa jenis sayuran lain sebagai makanan penurun tekanan darah tinggi sebanyak satu sampai dua porsi setiap harinya.

Selain beberapa jenis makanan yang sudah disebtkan diatas, untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jenis makanan lain seperti ikan salmon, buah delima, buah beri, sayur bit atau bisa juga dengan mengkonsumsi cokelat hitam.

Namun perlu diingat, jenis makanan diatas tidak serta merta langsung membuat tekaanan darah penderita menjadi normal dalam waktu yang singkat.

Penderita tetap disarankan untuk melakukan pemerikasaan kesehatan ke dokter atau rumah sakit guna menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Dokter tetap akan memberikan obat yang harus anda minum untuk membantu mempercepat tekanan darah kembali normal sebelum terjadi komplikasi dengan penyakit lain yang lebih parah.

Beberapa jenis makanan yang sudah kami jelaskan di atas hanya bersifat sementara untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, namun tidak dapat menggantikan fungsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter yang menangani.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *