✓ 10 Bahan Alami Untuk Obat Alergi Kulit dan Gatal-Gatal

oleh
✓ 10 Bahan Alami Untuk Obat Alergi Kulit dan Gatal-Gatal

Reaksi alergi yang berakibat pada timbulnya rasa gatal pada kulit di beberapa tubuh memanglah bukan termasuk penyakit yang berbahaya. Meski demikian, mengatasi kondisi ini dengan berbagai jenis obat alergi kulit sebaiknya segera dilakukan agar tidak menimbulkan dampak yang lebih serius.

Alergi kulit sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu yang paling sering terjadi dikarenakan alergi terhadap jenis makanan atau minumam tertentu, bersentuhan dengan benda pemicu alergen, serta terpapar oleh udara atau cuaca.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa saja mengalami alergi kulit.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi aramedika.com akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk obat alergi kulit yang cukup ampuh dan tentunya tanpa efek samping.

Bahan Alami Untuk Obat Alergi Kulit dan Gatal-Gatal

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menangani alergi pada kulit, berikut daftarnya:

  • Baking Soda

Bahan yang satu ini lebih sering dikenal sebagai bahan untuk pembuat kue. Namun siapa sangka ternyata bisa digunakan juga untuk mengatasi alergi pada kulit.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, siapkan tiga sendok baking soda lalu larutkan ke dalam air hangat di bak terpisah yang cukup besar.

Selanjutnya, aduk-aduk sampai meratada uap baking soda dari baking keluar dari air selama beberapa menit. Kemudian, Anda bisa menggunakan larutan air yang dicampur dengan baking soda ini untuk berendam selama beberapa saat.

Kandungan zat yang terdapat pada baking soda dipercaya dapat membantu meringankan rasa gatal dan juga bengkak yang disebabkan oleh alergi kulit.

  • Daun Kemangi

Selain digunakan sebagai lalapan atau bahan untuk bumbu masakan tertentu, tanaman dengan aroma yang khas ini ternyata bisa juga di gunakan sebagai bahan alami untuk obat alergi kulit.

Baca Juga :  Ingin Menghilangkan Lemak Perut Bawah? Coba 10 Cara Jitu Berikut Ini

Caranya, cukup ambil kurng lebih 100gram daun kemangi lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih. Pastikan panci dalam keadaan tertutup rapat agar kandungan zat yang ada pada daun kemangi menguap keluar.

Selanjutnya, setelah rebusan tersebut dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk kompress pada area yang terasa gatal karena alergi dengan menggunakna kain atau handuk kecil yang lembut.

Aroma serta kandungan minyak esensial seperti eugenol yang dapat mengaurangi rasa gatal akibat alergi serta membuat kulit menjadi lebih nyaman.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya atau dikenal juga dengan nama Aloe Vera sering kali kita dengar manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan rambut.

Tapi, tanaman yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi alergi dan rasa gatal pada kulit. Cara penggunaanya juga cukup mudah, ambil beberapa batang tanaman lidah buaya segar lalu cuci bersih.

Selanjutnya, pisahkan kulit dan isinya yang berupa gel dengan tekster yang kenyal. Lalu cuci kembali isinya dengan air bersih yang mengalir beberapa kali untuk menghilangkan getahnya.

Kemudian, haluskan gel lidah buaya tersebut dan oleskan pada permukaan kulit yang terasa gatal karena alergi. Kandungan yang terdapat dalam gel lidah buaya ini, seperti minyak alami, vitamin E dan flavonoid dipercaya dapat membantu mengatasi gatal dengan lebih cepat.

  • Cuka Sari Apel

Hampir sama dengan bahan baking soda, seseorang yang sedang mengalami alergi kulit bisa mencoba bahan ini untuk mengatasi kondisi tersebut, yakni dengan berendam menggunakan larutan bahan cuka sari apel.

Baca Juga :  Bibir Hitam, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sediakan beberapa sendok sari cuka apel, lalu larutkan pada bak dengan berisi air hangat. Aduk hingga merata dan gunakan campuran ini untuk berendam beberapa saat.

Selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat (jangan menggunakan sabun) dan keringkan dengan handuk bersih.

Apabila lokasi alergi hanya kecil saja, cukup gunakan campuran sari cuka apel lalu gunakan kapas untuk mengompres area alergi tersebut.

  • Daun Mint

Hampir sama dengan daun kemangi, tanaman ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi alergi pada kulit. Adanya kandungan asam rosmarinic yang terdapat pada daun mint bisa menyerap peradangan dan menenangkan reaksi alergi kulit yang berlebihan.

Caranya, cukup siapkan segelas air mendidih lalu tambahkan beberapa lembar daun mint kedalam gelas berisi air mendidih tersebut.

Diamkan hingga dingin, selanjutnya gunakan air tersebut untuk mengompress bagian yang terkena alergi kulit.

  • Buah Lemon

Adanya kandungan dalam buah lemon berupa vitamin C diketahui dapat membantu mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan karena alergi kulit.

Selain itu air lemon juga banyak mengandung asam sitrat, asam asetat, serta bahan pencegah iritasi dan bahan untuk membersihkan kuman, sehingga sangat efektif untuk mengatasi alergi.

Caranya, cukup ambil buah lemon segar lalu iris dan peras hingga keluar airnya. Selanjutnya gunakan air perasan buah lemon ini untuk dioleskan pada permukaan kulit yang alergi dengan menggunakan kapas bersih.

  • Minyak Cengkeh

Dalam minyak cengkeh terdapat kandungan bahan anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa gatal akibat alergi kulit.

Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat alergi kulit alami,  caranya juga cukup sederhana. Siapkan sedikit minyal cengkeh lalu larutkan dengan sedikit air.

Ambil kapas kecil yang bersih dan gunakan untuk mengoles bagian yang alergi dengan menggunakan larutan minyak cengkeh tersebut.

  • Minyak Zaitun

Selain minyak cengkeh, minyak zaituun juga memiliki khasiat yang sama untuk meredakan alergi kulit dan rasa gatal yang ditimbulkannya.

Baca Juga :  Bahan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Impetigo Pada Anak

Caranya, pertama bersihkan lebih dahulu bagian kulit yang laergi dengan menggunakan air hangat. Kemudian ambil kain halus lalu lalu oleskan minyak zaitun dan gosok dengan kain tersebut pada bagian yang terkena alergi dengan lembut.

Selain bisa mengurangi rasa gatal akibat alergi, dengan cara ini juga bisa membuat kulit anda nampak lebih lembut.

  • Es Batu

Munculnya rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi, bisa diatasi dengan melakukan kompress pada bagian kulit tersebut dengan menggunakan es batu.

Caranya, ambil beberapa pecahan es batu lalu bungkus dengan menggunakan kain bersih. Selanjutnya kompress atau tempelkan es batu yang sudah dibungkus kain tersebut pada bagian yang sedang mengalami alergi atau terasa gatal.

Diamkan beberapa saat, lalu ulangi kembali hingga rasa gatal tersebut hilang.

  • Oat Meal

Sama dengan baking soda atau cuka sari apel, oat meal juga bisa digunakan untuk larutan yang digunakan untuk berendam guna mengatasi alergi dan gatal pada kulit.

Siapkan beberapa sendok oat meal lalu, larutkan dalam bak atau wadah yang berisi air hangat. Aduk hingga merata dan gunakan campuran ini untuk berendam beberapa saat.

Kandungan nutrisi vitamin E dan serat khusus pada oat meal dapat membantu meringankan rasa gatal yang diakibatkan oleh alergi.

Demikian informasi mengenai beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk obat alergi alami. Ini merupakan cara yang cukup fektif dalam meredakan rasa gatal yang ditimbulkan oleh reaksi alergi.

Kendati demikian, jika rasa gatal dan reaksi alergi tak segera membaik ada baiknya untuk segera mengunjugi dokter guna dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang lebih tepat.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *