Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik, Bunda Wajib Tahu

Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik, Bunda Wajib Tahu
Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik, Bunda Wajib Tahu

Sebagaimana kita tahu, masalah berat badan bayi yang tidak naik bisa menjadi sumber kekhawatiran bagi orang tua. Sehingga perlu diketahui sejak dini apa saja yang menjadi penyebab berat badan bayi tidak naik agar bisa dilakukan penanganan yang lebih tepat.

Umumnya, berat badan bayi usia 3 bulan adalah 4 sampai 6Kg. Jika kurang dari angka tersebut, kemungkinan ada sesuatu yang menjadi pemicu kenapa berat badan bayi tidak bisa naik dengan ideal.

Bacaan Lainnya

Sehubuangan dengan hal tersebut, pada artikel ini, kami akan membahas secara rinci mengenai faktor-faktor penyebab berat badan bayi tidak naik dan bagaimana mengatasinya. Silahkan disimak.

Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik

Mengutip informasi yang dimuat dalam sejumlah sumber, ternyata ada lima penyebab utama kenapa berat badan badan bayi tidak mau naik ke berat badan yang ideal.

Baca Juga :  Resiko Bayi Tidur Tengkurap yang Perlu Orang Tua Tahu

Berikut ini penjelasan detail mengenai penyebab yang dimaksud:

1. Bayi Susah atau Jarang Menyusu

Salah satu penyebab utama berat badan bayi yang tidak naik adalah kesulitan atau jarangnya bayi menyusu.

Bayi yang susah menyusu dapat mengalami masalah dalam pengisian asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bayi susah menyusu antara lain masalah teknik menyusui, infeksi pada mulut bayi, atau gangguan struktural pada mulut atau tenggorokan bayi.

Konsultasikan dengan dokter atau konsultan laktasi untuk mendapatkan bantuan dan nasihat dalam mengatasi masalah ini.

2. Hanya Mau Menyusu Sedikit

Bayi yang hanya mau menyusu sedikit juga bisa mengalami masalah pertumbuhan yang lambat.

Beberapa bayi mungkin merasa kenyang lebih cepat dan tidak menunjukkan minat yang kuat dalam makan.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi kesehatan bayi yang kurang baik atau adanya perubahan dalam rutinitas makan.

Baca Juga :  Beberapa Gejala dan Ciri-Ciri Pneumonia Pada Bayi

Penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa bayi mendapatkan jumlah makanan yang cukup dengan mengamati frekuensi makan dan berat badan bayi secara teratur.

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi. Misalnya, bayi yang mengalami gangguan seperti kolik atau refluks gastroesofageal (GERD) mungkin mengalami ketidaknyamanan saat makan, sehingga mengurangi nafsu makan mereka.

Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai.

4. Ada Masalah Kesehatan

Ada beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan berat badan bayi tidak naik dengan normal.

Beberapa kondisi seperti infeksi, penyakit kronis, atau kelainan genetik tertentu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme bayi.

Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan yang mendasari.

5. Pemberian Susu Formula yang Tidak Tepat

Pemberian susu formula yang tidak tepat juga dapat memengaruhi pertumbuhan bayi. Memilih susu formula yang sesuai dengan kebutuhan bayi sangat penting.

Baca Juga :  Benarkah Bawang Merah Ampuh Mengatasi Perut Kembung pada Anak ?

Pemilihan susu formula yang tidak sesuai dengan usia, kebutuhan nutrisi, atau kondisi kesehatan bayi dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan mereka. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi mengenai jenis dan takaran susu formula yang tepat untuk bayi Anda.

Kesimpulan

Jika Anda mengalami masalah dengan berat badan bayi yang tidak mau naik, jangan panik dan berfikiran yang macam-macam.

Beberapa bayi mungkin memiliki pertumbuhan yang lebih lambat namun tetap sehat, sehingga hal ini tidak terlalu menjadi masalah serius selama berat badan bayi tidak jauh diambang batas ideal.

Dalam mengatasi berat badan bayi yang tidak naik, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi yang kompeten.

Mereka dapat memberikan nasihat dan bimbingan yang tepat berdasarkan kondisi khusus bayi Anda. Dengan perhatian dan perawatan yang baik, Anda dapat membantu bayi Anda mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Pos terkait