Ragam Manfaat Brokoli, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

oleh
Ragam Manfaat Brokoli, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

Tentu kita semua tidak asing lagi dengan jenis sayuran hijau yang satu ini, Brokoli. Selain lezat untuk dijadikan menu masakan, ternyata sayur brokoli juga memiliki khasiat yang tidak bisa dianggap remeh untuk kesehatan. Salah satunya, yang paling populer adalah manfaat brokoli yang dipercaya bisa mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Dikehidupan sehari-hari kita menemukan jenis sayuran yang satu ini ada pada sejumlah masakan, misalnya tumisan brokoli.

Meski tidak semua orang suka dengan sayuran ini, namun mengingat manfaatnya yang cukup baik untuk kesehatan maka tak ada salahnya menjadikan sayur brokoli menjadi menu harian yang bisa Anda konsumsi.

Sehubungan dengan judul artikel ini, redaksi aramedika.com sudah menyiapkan informasi mengenai apa saja manfaat brokoli untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui orang.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Beberapa Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Perlu Anda ketahui, dalam sayur brokoli hijau banyak mengandung zat dan juga nutrisi yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya.

Dalam sayuran brokoli banyak mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, air, dan mineral kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, serta zat besi.

Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Karena banyaknya kandungan zat dan nutrisi itulah yang menjadikan sayur brokoli ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat sayur brokoli hijau tersebut? berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

1. Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Pertama, manfaat sayur brokoli hijau ternyata sengat baik untuk kesehatan jantung yang mengkonsumsinya. Hal itu dikarenakan banyaknya kandungan serat, antioksidan, dan kalium yang ada dalam sayur brokoli.

Dalam laman alodokter disebutkan, jika kandungan serat dan antioksidan yang ada pada sayuran brokoli hijau ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah pembentukan plak (aterosklerosis) di pembuluh darah.

Baca Juga :  Manfaat Makan Tomat Mentah Yang Jarang Diketahui

2. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang sudah redaksi singgung diawal artikel, salah satu manfaat sayuran ini untuk kesehatan yang tak boleh diabaikan adalah bisa mencegah penyakit kanker.

Seperti kita tahu, mungkin banyak orang yang tidak suka sayuran ini karena ada sedikit rasa pahit pada sayuran brokoli.

Padahal rasa pahit tersebut karena adanya kandiungan zat bernama sulforaphane, dimana zat ini diyakini dapat menurunkan risiko seseorang untuk terkena penyakit kanker, misalnya, kanker paru-paru atau usus besar.

3. Bagus Untuk Pencernaan

Manfaat berikutnya dari sayur brokoli adalah bisa melancarkan pencernaan yang mengkonsumsinya.

Jika Anda sedang sembelit, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran brokoli karena memiliki banyak kandungan serat sehingga bagus untuk pencernaan.

4. Meningkatkan Imunitas

Agar tidak mudah sakit, sebaiknya rutin konsumsi jenis sayuran yang satu ini. Pasalnya dalam sayur brokoli banyak terkandung antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi yang berguna untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan seseorang.

Baca Juga :  Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dimasak

5. Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari mengkonsumsi sayuran brokoli diketahui memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tulang bagi yang mengkonsumsinya.

Dalam sayuran brokoli, diketahuii banyak mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin K dengan jumlah yang cukup tinggi, dimana semua kandungan zat tersebut berguna untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis yang membuat tulang keropos.

6. Beberapa Manfaat Lain Sayur Brokoli

Selain beberapa manfaat yang sudah redaksi ulas diatas, ada juga manfaat lain dari sayuran brokoli ini antara lain:

  • Berguna untuk mencegah keriput pada kulit wajah
  • Mengurangi resiko terkena penyakit diabetes
  • Bagus untuk diet
  • Serta bagus di konsumsi oleh ibu yang sedang hamil.

Demikian informasi mengenai beberapa manfaat dari sayur brokoli untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui.

Jadi, mulai saat ini rutin konsumsi jenis sayuran ini agar memperolah semua manfaat yang sudah redaksi jelaskan diatas.