Muncul Rasa Nyeri Pada Payudara, Apakah Berbahaya?

oleh
Muncul Rasa Nyeri Pada Payudara, Apakah Berbahaya?

Para wanita pasti pernah mengalami kondisi dimana muncul rasa nyeri pada payudara mereka. Munculnya rasa nyeri ini, terkadang menimbulkan pertanyaan dan kecemasan, apakah hal tersebut berbahaya atau kemungkinan kanker payudara?

Saat timbul nyeri pada payudara muncul, umumnya akan dapat terasa sampai pada bagian atas sebelah luar payudara dan menjalar hingga ketiak dan lengan.

Tapi jangan khawatir, nyeri pada payudara atau dikenal dengsn istilah medis Mastagia ini ternyata bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan.

Pasalnya kondisi tersebut bukanlah gejala kanker payudara, karena kanker payudara sendiri biasanya memiliki gejala lain dan salah satunya buka berupa nyeri.

Lantas, jika bukan merupakan kondisi medis yang perlu di cemaskan, apa yang sebenarnya terjadi ? ada beberapa penyebab mengapa timbul nyeri pada payudara wanita ini.

Penyebab Timbulnya Rasa Nyeri Pada Payudara

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum mengapa wanita kerap mengeluhkan rasa nyeri yang mucul pada payudara mereka:

  • Karena Siklus Haid
    Haid atau menstruasi, hal ini terjadi erat kaitannya dengan siklus menstruasi yang dialami oleh sebagian yang dirasakan tiga hari sebelum masa. Umumnya hal ini akan membaik dengan sendirinya setelah masa menstruasi selesai.
  • Terjadinya Peradangan Pada Payudara
    Kondisi ini sering dialami oleh wanita atau ibu yang sedang dalam masa menyusui bayinya, dimana sering ditemui kasus payudara terasa nyrei dan bengkak akibat peradangan.
  • Munculnya Benjolan Pada Payudara
    Benjolan ini bersifat jinak (bukan kanker) dapat timbul pada payudara, yang memicu munculnya nyeri pada payudara wanita.
  • Karena Cidera
    Cidera karena terjatuh atau terbentur meski bukan pada area payudara juga dapat menimbulkan rasa nyeri misalnya, cidera pada otot di sekitar dada, bahu, atau punggung.
  • Pengaruh Obat-obatan
    Beberapa jenis obat tertentu yang kerap di konsumsi oleh wanita seperti KB hormonal, antidepresan, antipsikotik, atau obat-obatan untuk mengobati penyakit jantung kemungkinan bisa memicu munculnya nyeri pada payudara.
  • Ukuran Payudara
    Wanita yang memiliki ukuran payudara besar cenderung lebih beresiko mengalami nyeri pada bagian payudara mereka, bahkan nyeri bisa terasa hingga ke leher, bahu dan punggung karena.
  • Faktor Makanan
    Wanita yang tidak menerapka pola makan yang sehat dan cenddrung lebih sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat juga dapat menjadi faktor risiko munculnya rasa nyeri tersebut.
  • Bekas OperasiĀ 
    Jika pernah menjalani operasi pada payudara, maka kemungkinan besar pasca operasi akan timbul rasa nyeri pada sebagian wanita.
Baca Juga :  Nyeri Saat PMS, Coba 5 Jenis Makanan Ini Untuk Meredakannya

Nyeri pada payudara yang parah atau berlangsung terus menerus hingga lebih dari tiga minggu, disarankan dikonsultasikan ke dokter.

Waspadai Jika,

Meski sudah disebutkan diawal jika nyeri pada payudara umumnya bukanlah kondisi yang berbahaya, namun jika rasa nyeri tersebut disertai dengen beberapa gejala berikut:

  1. Terjadi perubahan bentuk atau ukuran payudara.
  2. Keluar cairan atau darah dari puting payudara.
  3. Muncul uam di sekitar puting atau perubahan bentuk puting.
  4. Bengkak atau benjolan disertai nyeri pada ketiak dan tidak sesuai dengan datangnya siklus haid.
  5. Dimpling atau permukaan payudara yang nampak seperti tertarik kedalam
  6. Muncul bengkak, kemerahan atau rasa panas pada payudara

Segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *