Sayur Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

Sayur Penambah Darah Untuk Penderita Anemia
Sayur Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

Pada kesempatan kali ini redaksi akan membahas mengenai beberapa jenis sayur yang diketahui memiliki khasiat sebagai penambah darah, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita Anemia atau kurang darah.

Sebagaimana kita tahu, salah satu efek atau resiko yang akan dialami oleh seseorang yang kurang darah atau Anemia, biasanya akan menyebabkan cepat lelah, muka pucat, pusing, dan berbagai macam efek lainnya.

Bacaan Lainnya

Karena itu, untuk penderita Anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki khasiat untuk menaikan kadar darah meraka sehingga efek-efek yang ditimbulkan bisa teratasi.

Sehubungan dengan tersebut, pada artikel kali ini redaksi aramedika.com akan mengulas mengenai rekomendasi jenis sayuran penambah darah yang bisa dicoba.

Apa saja jenis sayuran yang dimaksud? berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Rekomendasi Sayur Penambah Darah

Seperti yang redaksi kutip dari berbagai sumber, diketahui ada beberapa jenis sayuran yang diketahui memiliki khasiat yang cukup baik untuk menaikan kadar darah bagi penderita Anemia.

Baca Juga :  Makanan Sehat Untuk Darah Rendah yang Disarankan Dokter

Jenis sayuran ini sangat mudah dijumpai disekitar serta memiliki harga yang terjangkau. Berikut ini adalah jenis-jenis sayuran penambah darah yang redaksi maksud.

1. Sayur Bayam

Pertama ada sayur bayam yang tentu sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Jenis sayuran ini sering dijumpai pada masakan tradisional seperti sayur bening, tumisan atau jenis masakan lainnya.

Meski merupakan sayuran yang murah meriah, namun untuk khasiat dari sayuran ini sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan, karena diketahui memiliki kandungan yang baik untuk menaikan kadar darah pada penderita Anemia.

Diketahui dalam sayur bayam banyak mengandung zat besi, kalsium, serat, protein, serta vitamin A dan vitamin E dimana kandungan ini sangat baik bagi penderita Anemia.

2. Sayur Brokoli

Selanjutnya sayur penambah darah yang cocok dikonsumsi oleh penderita Anemia ada sayur Brokoli. Sayur ini dikenal memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Baca Juga :  Makanan Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Bukan itu saja, sayuran brokoli juga diketahui banyak mengandung kadar vitamin C yang juga lumayan tinggi  sehingga, sayuran ini sangat cocok dikonsumsi bukan hanya penderita Anemia namun oleh siapapun yang ingin mendapatkan asupan zat besi dan vitamin C.

3. Sayur Sawi

Jika Anda adala pecinta makanan mie ayam, tentu sudah sering menyantap jenis sayuran yang satu ini, sawi. Karena jenis sayuran ini memang sering digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan jenis mie agar makanna makin jadi lebih nikmat.

Selain rasanya yang enak, siapa sangka dalam sayur sawi banyak mengandung vitamin A dan beta-karoten, dimana kedua za tersebut dapat membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi yang sangat diperlukan oleh penderita Anemia.

4. Tomat

Tomat dikategorikan sebagai buah dan juga sayur, karena dapat diolah sesuai dengan selera, mau dibuat jus buah segar bisa, mau dibuat campuran menu masakan juga bisa.

Terserah bagaimana cara mengolah tomat, namun yang pasti tomat merupakan salah satu jenis makanan yang sanga baik untuk dikonsumsi oleh penderita Anemia.

Baca Juga :  Manfaat Timun Rebus yang Jarang Orang Tahu, Bisa Lawan Kanker

Tomat diketahui mampu mengurangi aktivitas enzim pengubah angiotensin (ACE), yang menyebabkan pembuluh darah mengerut untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi peradangan dan mengganggu agregasi trombosit dalam darah.

Maka tak heran jika tomat sangat disarankan untuk dikonsumsi jika seseorang menderita Anemia.

5. Sayur Lobak

Terakhir, jenis sayur penambah darah yang disarankan untuk dikonsumsi penderita Anemia adalah jenis sayuran bernama Lobak.

Jenis sayur yang satu ini diketahui sangat kaya akan nutrisi dan rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, dalam sayur lobak sendiri banyak terkandung vitamin C dan zat besi dalam jumlah yang tinggi.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa jenis sayur penambah darah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit Anemia atau kurang darah.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait