Vitamin Untuk Anak yang Sering Sakit, Orang Tua Wajib Tahu

oleh
Vitamin Untuk Anak yang Sering Sakit, Orang Tua Wajib Tahu

Untuk para orang tua yang memiliki buah hati yang kerap sakit, selain menjaga pola makannya anak juga harus diperhatikan pula asupann vitamin yang dikonsumsinya agar anak bisa lebih sehat. Tidak bisa asal dalam memberi suplemen atau vitamin, ada sejumlah vitamin untuk anak yang sering sakit yang harus para orang tua wajib tahu.

Karena seperti yang kita tahu, vitamin sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna  untuk menunjang kesehatan si buah hati.

Karena, apabila sampai kekurangan asupan vitamin hal tersebut dapat membuat anak menjadi rentan dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Selain memeproleh vitamin dari mengkonsumsi makanan sehat, pemberian asupan suplemen juga sangat dianjurkan apabila anak-anak memiliki kondisi tubuh yang kurang fit dan sering sakit.

Kategori Anak yang Harus Dapat Asupan Vitamin Lebih

Sebenarnya, pemberian suplemen vitamin tambahan tidak begitu diperlukan untuk anak yang memiliki tubuh yang sehat, karena tubuhnya sudah memperolah asupan vitamin dari makanan yang dikonsumsinya.

Namun demikian, ada beberapa anak yang ternyata harus diberikan asupuan vitamin lebih karena memang dinilai memiliki kondisi kekurangan vitamin.

Baca Juga :  Penyakit Impetigo Pada Bayi, Penyebab Kulit Bayi Melepuh

Berikut ini, adalah kategori anak yang harus dapat asupan vitamin lebih:

  • Senang jenis makan vegetarian atau sayuran, dan tidak suka ikan, daging ataupun telur
  • Anak pernah mengalami tindakan operasi
  • Hanya mau makan makanan tertentu saja
  • Anak yang hanys suka makan makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan
  • Anak yang suka minum minuman kaleng/soda

Apabila anak Anda masuk dalam kategori diatas, dan mudah sakit maka sebaiknya diberikan asupan beberapa jenis vitamin berikut ini.

Vitamin Untuk Anak yang Sering Sakit

Apabila si kecil mudah sekali sakit, hal tersbut bisa jadi dikarenakan si kecil kurang asupan vitamin yang diperlukan oleh tubuhnya.

Oleh karena itu, sesuai dnegan anjuran dokter anak harus diberikan sejumlah vitamin agar asupan nutrisinya bisa tercukup agar si kecil jadi sehat kembali.

Jenis vitamin apa yang harus diberikan untuk si kecil yang mudah sakit? berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

  • Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan ketika anak sering mengalami sakit. Pasalnya vitamin A selain berkhasiat untuk kesehatan mata anak, juga memiliki peran yang snagat penting guna meningkatkan sistem kekebalan dan membantu tubuh anak dalam melawan infeksi.

Baca Juga :  Bayi Sering Kentut, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pemberian vitamin A yang berasal dari makanan bisa diperoleh dari sumber makanan seperti seperti jeruk, wortel, hati, ubi jalar, dan bayam.

  • Vitamin B

Vitamin untuk anak yang sering sakit yang sebaiknya diberikan adalah vitamin B, yang berkhasiat untuk memperlancar metabolisme tubuh, membantu menghasilkan energi dan terlibat dalam proses produksi sel darah merah.

Selain pemberian suplemen, vitamin B juga bisa diperoleh pada beberpa jenis makanan seperti biji-bijian, ikan, daging unggas, telur, susu, yogurt, sayur berdaun hijau, dan kacang-kacangan.

  • Vitamin C

Jika si buah hati sering sakit, cobalah untuk memberiny asupan vitamin C yang lebih banyak. Karena vitamin C memiliki peranan yang cukup penting untuk menjaga kondisi jaringan tubuh anak, misalnya tulang, gusi, dan pembuluh darah, agar tetap dalam kondisi yang selalu baik.

Selain pemberian suplemen, vitamin C bisa diperoleh dengan memberikan sejumlah menu makanan berupa jeruk, stroberi, tomat, kiwi, dan brokoli untuk menu makanan hariannya.

  • Vitamin D

Jenis vitamin berikutnya yang harus lebih banyak diberikan untuk anak yang sering sakit adalah vitamin D. Dalam sebuah penelitas kesehatan, disebutkan bahwa anak yang kekurangan vitamin D dapat membuat anak mudah sakit dan membutuhkan perawatan lebih lama untuk bisa sembuh.

Baca Juga :  Anak Demam dan Muntah, Ini yang Harus Bunda Lakukan?

Vitamin D yang dikonsumsi oleh anak, memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi karena dapat membantu tubuh menyerap kalsium lebih cepat.

Jika ingin mendapatkan nutrisi dengan kandungan vitamin D secara alami, bisa didapat dengan memberikan anak makanan berupa ikan, hati, susu, dan kuning telur.

  • Vitamin E

Dokter menganjurkan apabila anak sering sakit, harus diberi asupan vitamin E yang cukup. Karena Vitamin E memiliki peranan yang cukup penting untuk menjaga sel darah merah dalam tubuh, sertas melindungi sel dan jaringan dari kerusakan.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E antara lain sayuran berdaun hijau, kuning telur, dan kacang-kacangan.

  • Vitamin K

Jika anak sakit terutama sakit dengan luka terbuka, asupan vitamin E sangat diperlukan agar proses penyembuhan luka bisa lebih cepat.

Jenis vitamin ini, bisa diperoleh lewat jenis makanan seperti sayuran berdaun hijau, susu, yogurt, dan brokoli.

Perlu diingat, sebelum memberikan asupan vitamin sebaiknya orang tua membawa si kecil ke dokter anak guna pemerikasaan lebih dahulu untuk menentukan jenis vitamin apa yang sebaiknya di konsumsi.

Jangan asal dalam memberikan supan vitamin tanpa anjuran dari dokter, mengenai jumlah atau dosis serta jenis vitamin yang harus diberikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *