Bibir Hitam, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

oleh
Bibir Hitam, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Memiliki bibir yang berwarna hitam tentu akan menurunkan rasa percaya diri, terutama di kalangan para wanita. Pasalnya, bibir hitam akan nampak jelas terlihat karena berada di area wajah yang paling sering dilihat banyak orang.

Lalu, mengapa ada sebagian wanita yang mengalami kondisi ini? apakah ini berbahaya dan bisa atasi? agar tak penasaran berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Penyebab Umum Bibir Hitam

Ada beberapa penyebab umum mengapa bibir seseorang menjadi terlihat menghitam. Faktor penyebab ini bisa terjadi dari dalam tubuh kita sendiri atau karen faktor dari luar. Berikut ini penyebab bibir hitam, antara lain:

  • Menurunnya Hormon Estrogen Dalam Tubuh

Warna bibir pada seseorang dipengaruhi oleh hormon estrogen yang membantu proses perbaikan dan pergantian (regenerasi) kulit.

Apabila kadar hormon estrogen tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan, hal itu akan berimbas pada proses regenerasi kulit semakin melemah bahkan berhenti.

Selain muncul warna kehitaman pada bibir, kulit juga akan semakin mengendur dan muncul kerutan-kerutan sehingga bibir nampak kering.

  • Kebiasaan Merokok

Merokok selain tidak baik untuk kesehatan, efek yang paling terlihat adalah menghitamnya warna bibir. PSaat saat menghisap rokok, bibir akan bersentuhan langsung dan terkena panas dari rokok sehingga akan mematikan sel-sel darah merah yang kemudian membuat timbunan pigmen di bibir para perokok aktif.

Baca Juga :  Cara Membuat Masker Lidah Buaya Sendiri di Rumah

Ditambah lagi, karbon dari sisa hasil pembakaran rokok juga akan semakin membuat warna bibir menjadi lebih hitam pekat.

  • Efek Samping Produk Kecantikan

Menggunakan lipstik atau pemerah bibir dengan kandungan kimia yang tidak cocok untuk kulit juga meingkatkan resiko seseorang untuk mengalami kondisi bibir yang jadi hitam.

Apalagi jika penggunaan bahan kimia tersebut sudah dalam waktu yang cukup lama, maka imbasnya akan jelas terlihat.

  • Jarang Melakukan Perawatan

Sering membiarkan bibir dalam kondisi kering tanpa perawatan tambahan juga akan membuat bibir menjadi menghitam.

Saat bibir kering dan pecah-pecah lalu tidak mengatasinya dengan menggunakan pelembab bibir atau lip balm juga akan meningkatkan resiko warna menjadi kehitaman pada bibir.

  • Alergi

Alergi tertentu terhadap produk kecantikan juga bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Terutama produk kosmetik perawatan kulit wajah yang berisi kandungan pewarna atau wewangian tertentu.

  • Pecandu Minum Kopi

Umumnya ini sepaket dengan para perokok berat. Seroanng perokok umumnya juga seorang pecandu minuma kopi.

Kandungan kafein yang terdapat pada minuman kopi tersebut bersifat diuretik. Kandungan inilah yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan lama kelamaan akan menyebabkan bibir menjadi hitam.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus dihindari

Cara Mengatasi Bibir yang Menghitam

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab bibir menjadi hitam, sekarang saatnya beranjak pada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Hal pertama yang dilakukan adalah tentu dengan menghentikan kebiasaan yang menyebabkan bibir hitam, seperti kebiasaan merokok, minum kopi, menghentikan pemakian lipstik yang tidak cocok dan lain-lain.

Selanjutnya, anda bisa menerapkan penggunaa gel, salep, atau krim yang memiliki kandungan steroid. Selain itu, anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut ini:

  • Madu

Madu merpakan salah satu bahan alami dengan banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan. Salah satunya bisa digunakan untuk mencerahkan bibir hitam.

Tak hanya sekedar mencerahkan, namun mengoleskan madu secara rutin pada permukaan bibir juga akan membuat bibir lebih lembut dan merah merona.

  • Buah Lemon

Kandungan yang terdapat pada air perasa jeruk lemon juga diktehaui memiliki khasiat yang cukup ampuh dalam menjada dan merawat bibir agar tidak menjadi berwarna hitam.

Caranya juga cukup mudah, hanya dengan secara rutin mengoleskan air perasan buah lemon segar pada bibir dan di ikuti dengan memiijat dengan lembut pada bibir Anda. Lakukan hal ini setiap malam menjelang tidur.

  • Gula Pasir

Apabila anda sedang mengalami masalah bibir kering dan mengelupas, untuk mengatasi dan membuang sisa kulit dan sel mati di bibir bisa menggunakan bahan alami berupa campuran gula pasir dan mentega.

Baca Juga :  Bahaya Penggunaan Pemerah Bibir Untuk Wanita Hamil

Siapkan tiga sendok gula pasir lalu campurkan dengan dua sendok mentega. Aduk secara merata hingga menjadi seperti pasta kental.

Selanjutnya, tinggal aplikasikan campuran pasta dan mentega tersebut pada bibir anda. Oleskan secara merata dan lakukan hingga bibir kering dan mengelupas anda benar-benar bersih dan normal kembali.

  • Es Batu

Bahan yang satu ini juga di percaya dapat membuat bibir anda menjadi tetap lembab dan segar. Caranya cukup dengan mengoleskan es batu pada permukaan bibir anda dan gosok secara perlahan-lahan selama kurang lebih 30 detik.

Cara ini selain berguna untuk melembapkan bibir, juga berguna untuk membuat bibir Anda terlihat lebih seksi dan menarik.

  • Buah Bit

Buah dengan ciri khas warna ungu ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk membuat bibir menjadi sehat dan lembab.

Dalam buah bit memiliki kandungan alami yang dapat diketahui memiliki kemampun untuk mencerahkan bibir. Caranya cukup dengan mengoleskan potongan bit pada bibir, secara rutin untuk hasil yang efektif dan maksimal.

Demikianlah, informasi mengenai beberapa penyebab bibir hitam, cara mengatasi serta beberapa bahan alami yang di percaya dapat mengatasi permasalahan bibir hitam.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *