Penyebab Rambut Rusak yang Perlu Anda Ketahui

oleh
Penyebab Rambut Rusak yang Perlu Anda Ketahui

Bagi wanita, rambut adalah mahkota sehingga harus dijaga agar tetap sehat agar terilhat menarik. Namun ada cukup banyak wanita yang mengeluhkan jika rambut mereka rusak, misalnya rambut rontok, bercabang dan terlihat kusam. Jika Anda penasaran dan ingin tahu apa penyebab rambut rusak tersebut, silahkan simak ulasan redaksi dibawah ini.

Menjaga kesehatan rambut sangatlah penting, karena jika rambut sudah terlanjur rusak maka akan sangat sulit untuk mengembalikannya seperti sedia kala.

Untuk ini, penting Anda ketahui hal-hal yang bisa membuat rambut menjadi rusak. Sehingga diharapkan dengan mengetahui apa penyebabnya Anda bisa menghindari hal tersebut agar tidak menimbulkan kerusakan rambut yang parah.

Beberapa Penyebab Rambut Jadi Rusak

Seperti yang redaksi rangkum dari berbagai sumber, ada sejumlah kebiasaan yang ternyata tidak baik untuk kesehatan rmabut karena akan memicu terjadinya kerusakan rambut.

Baca Juga :  Minum Madu Saat Perut Kosong, Apa Manfaatnya?

Kebiasaan apa saja yang dimaksud? berikut ini detail penjelasannya untuk Anda.

1. Sering Keramas

Keramas memang berfungsi untuk membersihkan rambut dari kotoran. Namun ternyata jika hal itu sering dilakukan dengan intensitas yang sering, misal setiap hari keramas justru itu tidak baik untuk kesehatan rambut.

Keseringan keramas justru akan membuat kulit kepala menjadi gatal dan kering. Bahkan jika Anda terlalu sering keramas akan dapat menghilangkan pelembap alami rambut.

2. Jarang Keramas

Kebalikan dari sering keramas, jarang mencuci rambaut atau keramas juga akan menimbulkan masalah kesehatan rambut yang sama.

Apabila sering keramas akan membuat kulit kepala menjadi kering dan muncul gatal-gatal, sebaliknya jika jarang melakukan keramas maka kulit kepala akan menjadi berminyak, rambut menjadi lengket dan tentunya akan menimbulkan ketombe.

3. Sering Ganti Warna Rambut

Jika Anda termasuk orang yang fashionable dna kerap ganti-ganti warna rambut, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Baca Juga :  Tak Hanya Buat Bumbu Masak, Garam Juga Baik Untuk Kecantikan

Pasalnya, sering mewarnai rambut berdampak buruk pada kesehatan rambut dan menjadi salah satu penyebab utama kenapa rambut bisa rusak.

Sering mewarnai rambut akan membuat rambut menjadi kering dan kehilangan kelembaban alaminya sehingga membuat rambut menjai mudah patah dan juga pecah-pecah.

4. Menggunakan Mesin Pengering Rambut

Meskipun menggunakan mesin pengerin rambut atau hairdryer mempermudah kita dalam mengeringkan rambut sehabis keramas, namun kebiasaaan tersebut ternyata memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan rambut.

Rambut yang kerap dikeringkan dengan menggunakan hairdryer akan menjadi mudah patah atau bercabang, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan alat ini jangan terlalu sering.

5. Sering Terkena Matahari Langsung

Jika Anda sering beraktifitas diluar rumah, atau lebih banyak bekerja di lapangan sebaiknya gunakan penutup atau pelindung kepala untuk melindungi rambut Anda dari terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga :  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Yang Perlu Wanita Ketahui

Pasalnya, ketika rambut sering terkena sinar matahari langsung itu akan membuat rambut menjadi tampak kusam, kering, bercabang, dan mudah rapuh patah.

6. Beberapa Penyebab Lainnya

Selain beberapa penyebab yang sudah redaksi ulas pada poin-poin diatas, ada juga beberapa penyebab lain mengapa rambut bisa jadi rusak.

Penyebab itu antara lain:

  • Sering menyisir rambut pada saat masih basah
  • Jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung (selenium, zat besi, zinc, asam folat, serta vitamin A, D, dan E)
  • Tidak cocok menggunakan produk perawatan rambut
  • Sering menggunakan catokan rambut
  • Sering mengikat rambut dengan digulung
  • Serta beberapa penyebab lainnya.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab rambut rusak yang sebaiknya mulai saat ini Anda hindari agar rambut Anda tetap sehat.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.