Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari, dijamin Ampuh

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari, dijamin Ampuh
Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari, dijamin Ampuh

Ternyata ada beberapa cara atau tips yang cukup ampuh yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk yang kerap dialami pada pagi hari. Mau tau apa saja tips tersebut? simak ulasan redaksi dibawah ini untuk penhelasan lengkapnya.

Sebagaimana kita tahu, pagi hari merupakan waktu dimana semua orang beraktifitas, mulai dari belajar disekolah ataupun bekerja.

Bacaan Lainnya

Namun sayangnya, ada beberap orang yang kerap mengeluhkan mereka ngantuk di pagi hari, sehingga ini tentu saja akan menggangu aktivitasnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi sudah menyiapkan artikel khusus yang akan membahas mengenai beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa ngantuk yang kerap dialami pada pagi hari.

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Seperti yang redaksi kutip dari laman, Medical Health World ada beberapa tips sederhana yang ternaya jika dilakukan akan membuat rasa kantuk menjadi hilang, terutama kantuk yang dialami pada pagi hari.

Baca Juga :  Penyebab Rambut Rusak yang Perlu Anda Ketahui

Untuk penjelasan detailnya, silahkan simak lanjutan artikal dibawah ini adalah beberapa tips yang dimaksud.

1. Minum Air Putih Hangat

Selama ini banyak orang yang bergantung pada minuman kopi untuk mengusir rasa ngantuk. Padahal, menurut sejumlah penelitan minum air putih hangat justru lebih efektik untuk menghilangkan ngantuk.

Minum kopi memang akan membuat kantuk hilang namun itu hanya efek singkat, jika tidak ingin ngantuk lagi harus minum kopi lagi. Jika ini dilakukan terus menurs tentu tidak baik untuk kesehatan.

Sehingga alternatif yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan adalah dengan minum air putih hangat dipagi hari untuk mengusir ngantuk yang mulai datang. Cara ini tentu saja lebih sehat bagi tubuh Anda.

2. Sarapan Tapi Dalam Porsi Sedikit

Sarapan dipagi hari memang bagi untuk mengisi energi dipagi hari. Namun tahukah Anda, jika sarapan dalam jumlah atau porsi yang banyak justru akan membuat seseorang mudah mengantuk.

Baca Juga :  Obat Alami Luka Bakar Agar Cepat Kering dan Sembuh

Sehingga untuk menghindari rasa ngantuk ini, dianjurkan untuk tetap sarapan namun dalam jumlah atau porsi yang lebih sedikit.

Dengan demikian, enegri yang dibutuhkan tetap ada namun tidak menimbulkan efek ngantuk karena kekenyangan.

3. Berdiri dan Berjalan Berkeling Sebentar

Sederhana namun cukup efektif jika dilakukan, ketika Anda sudah berada dikantor, sekolah atau tempat kerja kemudian merasakan ngantuk, cobalah untuk berdiri, lakukan perengggangan otot dan berjalan berkeliling sebentar.

Lakukan hal ini selama 1 sampai 2 menit, ketika rasa kantuk mulai dirasakan. Ini akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga sehingga rasa kantuk di pagi hari bisa dihilangkan.

4. Cuci Muka

Cuci muka juga cukup efektif dilakukan untuk mengusir rasa ngantuk yang dialami. Hanya saja, mungkin tidak semua orang bisa melakukan ini, terutama para wanita yang sudah terlanjur make up wajahnya.

Jika tidak bisa mencuci muka, maka lakukan alternatif lain yang sudah redaksi jelasakan sebelumnya. Jika memungkinkan untuk cuci muka, maka cara ini diketahui cukup efektif untuk menghilangkan rasa ngantuk dipgai hari.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Bau Ketiak, Coba Tips Berikut Ini

5. Keluar Ruangan

Jika Anda berada dalam ruangan yang tertutup, misalnya didalam kantor dan merasakan ngantuk cobalah untuk keluar dari ruangan Anda dan menghirup udara segara.

Anda bisa juga dengan berjalan berkeling sebentar untukk mengusir rasa kantuk ini. Jika memngkinkan, ketika berada diluar ruangan dan matahari sedang bersinar, bisa dengan berjemur sebentar dibawah terik matahari untuk menghilangkan kantuk yang dialami.

Pasalnya, kantuk dipagi hari umumnya disebabkan oleh penumpukan melatonin di dalam otak. Sehingga dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi bisa mendorong produksi serotonin yang menghindarkan dari rasa kantuk dan menambah energi di siang hari.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa ngantuk yang dialami pada waktu pagi hari.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait