Tips Mengurangi Nyeri Haid yang Bisa Dicoba

oleh
Tips Mengurangi Nyeri Haid yang Bisa Dicoba

Ada beberapa cara atau tips yang bisa dicoba untuk mengurangi nyeri haid yang dialami oleh wanita dewasa. Pasalnya, munculnya rasa nyeri pada saat haid, merupakan salah satu keluhan yang hampir dirasakan oleh semua wanita ketika menstruasi.

Dimana ada yang mengalami nyeri ringan saja dan ada juga yang rasa nyeri yang cukup menyiksa hingga cukup mengganggu aktifitas sehar-hari.

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini redaksi aramedika.com akan memberikan informasi seputar tips bagaimana cara untuk mengurangi nyeri haid yang dialami sehingga tidak terlalu menyiksa.

Tips Mengurangi Nyeri Haid

Sekedar informasi untuk Anda, rasa nyeri yang dialami ketika sedang haid dikenal dengan istilah medis dengan sebutan dismenore.

Biasanya rasa nyeri akan mulai terjadi sebelum wanita mengalami haid pertama dan berlangsung selama siklus haid.

Baca Juga :  Keputihan Setiap Hari Apakah Normal? Ini Penjelasannya

Meski umumnya, rasa nyeri haid ini akan menghilang dengan sendirinya, namun jika sudha muncul rasa nyeri tersebut terkadang akan membuat wanita menjadi cukup tersiksa dengan rasa nyeri dan kram yang terjadi.

Untuk mengurangi nyeri haid tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba guna meredakan rasa nyeri yang dialami.

  • Lakukan Kompress Hangat

Cara pertama yang bisa dicoba untuk mengurangi nyeri haid adalah dengan melakukan kompress air hangat pada bagian perut ketia rasa nyeri sudah mulai muncul.

Siapkan handuk kecil yang bersih, kemudian celupkan pada air hangat. Peras handuk dan tempelkan pada perut dna juga punggung bawahs selama 10-15 menit.

Cara ini terbukti sangat efektif untuk meredakan rasa nyeri pada muncul pada saat wanita mengalami menstruasi bulanan.

  • Berendam Air Hangat

Selain melakukan kompress air hangat, jika merasakan rasa nyeri saat haid bisa dicoba untuk meredakannya dengan cara berendam pada air hangat.

Baca Juga :  Nyeri Saat PMS, Coba 5 Jenis Makanan Ini Untuk Meredakannya

Dengan berendam pada air hangat, ini akan membuat otot-otot jadi lebih rileks, sehingga akan meredakan rasa nyeri ketika sedang haid.

Berendam air hangat juga akan memperbaiki mood dan menghilangkan stress yang kerap dialami wanita selama haid.

  • Olah Raga

Banyak yang bilang jika sedang haid dianjurkan untuk tidak olah raga karena akan membuat darah ahid yang keluar jadi deras.

Padahal olah raga justru akan sangat membantu wanita yang sedang haid guna mengurangi rasa sakit dan kram perut yang terjadi saat menstruasi.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian kesehatan yang menyebutkan jika wanita yang rutin berolahraga 30 menit selama 3 hari dalam saminggu akan mengurangi rasa nyeri yang muncul secara signifikan.

  • Berlatih Yoga

Untuk mengurangi nyeri haid, bisa juga dilakukan dengan melakukan relaksasi berupa meditasi, pilates atau berlatih yoga.

Karena perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis pose dalam yoga diketahui sangat berguna untuk meredakan nyeri punggung saat menstruasi.

  • Minum Teh Jahe

Khasiat tanaman jahe untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya bisa diguanakn untuk mengurangi nyeri haid dengan sangat efektif.

Baca Juga :  Mengalami Waktu Haid Menjadi Lama? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain meredakan nyeri, minum teh jahe juga dapat mencegah perut kembung saat haid dan cukup aman karena merupakan bahan alami.

Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu selama haid agar rasa nyeri bisa berkurang, seperti seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, coklat hitam, telur, susu, yoghurt, dan ikan.

Demikian informasi dari redaksi mengenai bebera tips yang bisa dicoba untuk mengurangi nyeri haid yang terjadi selama menstruasi.

Apabila rasa nyeri yang dialami cukup parah dan menyiksa, ada baiknya untuk berkosultasi dengan dokter guna pemeriksaan dan pemberian obat pereda nyeri yang lebih tepat.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.