Takaran Susu Formula Bayi 0-3 Bulan yang disarankan Dokter

Takaran Susu Formula Bayi 0-3 Bulan yang disarankan Dokter
Takaran Susu Formula Bayi 0-3 Bulan yang disarankan Dokter

Berapa takaran susu formula bayi 0-3 bulan yang sesuai dan disarankan oleh dokter? simak ulasan mengenai hal tersebut pada artikel yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Sudah bukan rahasia lagi jika memberikan ASI eksklusif kepada bayi hingga usia 6 bulan sangat disarankan. Namun demikian, ada beberapa kasus yang menyebabkan si kecil harus diberikan susu formula, untuk menggantikan pemberian ASI.

Bacaan Lainnya

Hal ini cukup wajar dan banyak dilakukan oleh para orang tua dengan bermacam alasan. Namun yang perlu dicatat, bahwa takaran dalam pemberian susu formula harus tepat dan sesuai dengan dibutuhkan oleh si kecil.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan kami ulas secara dlebih detail mengenai berapa takaran susu formula yang pas dan dianjurkan untuk diberikan pada bayi mulai dari usi O bulan hingga 3 bulan.

Ini penting untuk diketahui, agar pemberian susu formula tidak terlalu banyak dan tidak juga terlalu sedikit dari yang dianjurkan.

Baca Juga :  Lidah Bintik Merah Pada Anak Pertanda Apa, Ini Penjelasanya

Alasan Pemberian Susu Formula Kepada Bayi

Meski pemberian ASI eksklusif snagat disarankan, namun dengan sejumlah alasan tertentu pemberian susu formula bisa menggantikan ASI untuk diberikan kepada bayi.

Berikut adalah beberapa alasan pemberian susu formula pada bayi:

1. ASI Tidak Mau Keluar

Beberapa ibu menyusui mungkin mengalami masalah ketika ASI tidak keluar. Ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti kurangnya cairan dalam tubuh ibu, stres, atau kurangnya stimulasi pada payudara.

Ketika ibu tidak bisa menyediakan ASI, susu formula bisa menjadi alternatif untuk bayi agar tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

2. Jumlah ASI yang Keluar Sedikit

Beberapa ibu menyusui mungkin mengalami masalah ketika jumlah ASI yang keluar tidak mencukupi kebutuhan bayi. Ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti faktor genetik, masalah kesehatan, atau ketidakseimbangan hormon.

Ketika jumlah ASI yang keluar sedikit, pemberian susu formula bisa membantu memastikan bahwa bayi tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

Baca Juga :  Usia Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa Saja ?, Yuk Cari Tahu

3. Kondisi Ibu Tidak Memungkinkan

Beberapa kondisi kesehatan pada ibu bisa membuat sulit untuk menyusui bayi. Misalnya, ibu yang sedang sakit atau sedang dalam masa pemulihan pasca persalinan bisa sulit untuk menyusui bayi dengan baik.

Pemberian susu formula bisa membantu memastikan bahwa bayi tetap mendapatkan nutrisi yang cukup selama ibu dalam masa pemulihan.

4. Bayi Menolak Menyusu

Beberapa bayi mungkin menolak untuk menyusu karena beberapa alasan, seperti sakit, rewel, atau kurangnya teknik menyusui yang baik.

Ketika bayi menolak menyusu, pemberian susu formula bisa menjadi alternatif untuk memastikan bahwa bayi tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memberikan susu formula pada bayi.

Misalnya, bayi yang lahir prematur atau memiliki masalah kesehatan tertentu mungkin membutuhkan jenis susu formula yang khusus.

Takaran Susu Formula Bayi 0-3 Bulan

Lalu berapa takaran yang pas susu formula yang bisa diberikan untuk usia bayi 0-3 bulan? seperti yang sudah redaksi rangkum dari sumber terpercaya berikut ini adalah informasi takaran yang tepat.

Baca Juga :  Benarkah Bawang Merah Ampuh Mengatasi Perut Kembung pada Anak ?

Perlu diketahui, takaran susu bayi yang harus disesuaikan dengan usia hingga berat badannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelebihan atau kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.

Secara umum,  dalam sehari bayi membutuhkan antara 150–200 ml susu formula per kilogram berat badannya.

Sebagai contoh misalnya, jika berat badan Si Kecil adalah 3 kilogram, artinya ia membutuhkan takaran susu bayi sebanyak 450–600 ml per harinya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak poin-poin penting mengenai takaran pemberian susu formula yang pas:

  • Untuk bayi yang baru lahir sampai dengan usianya 1 bulan, rata-rata diberikan takaran sebanyak 45–90 ml setiap 2–3 jam.
  • Untuk bayi berusia 2-3 bulan, umumnya diberikan takaran susu antara 90–120 ml setiap 3–4 jam sekali.
  • Untuk bayi berusia 4 bulan, takaran susu bayi yang dibutuhkan meningkat menjadi sekitar 120–180 ml, tergantung dari frekuensi menyusu.

Demikian informasi dari kami mengenai takaran pemberian susu formula untuk bayi usia 0-3 bulan yang dianjurkan oleh dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait