Lidah Bintik Merah Pada Anak Pertanda Apa, Ini Penjelasanya

Lidah Bintik Merah Pada Anak Pertanda Apa, Ini Penjelasanya
Lidah Bintik Merah Pada Anak Pertanda Apa, Ini Penjelasanya

Terdapat sejumlah orangtua yang mengatakan jika lidah anak mereka muncul bintik-bintik merah, sehingga dengan kondisi ini membuat orang tua khawatir dengan kesehatan buah hati mereka. Untuk mengetahui apa penyebab kondisi lidah muncul bintik merah pada anak pertanda apa, silahkan simak ulasan redaksi dibawah ini.

Sebagai orang tua, kita dituntut harus peka terhadap kondisi kesehatan anak. Jika mendapat ada sesuai yang tidak wajar, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan yang lebih detail mengenai kondisi tersebut.

Bacaan Lainnya

Salah satunya, mengenai kondisi lidah anak yang muncul bintik-bintik merah ini. Jika Anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang tua yang anaknya mengalami kondisi seperti ini, berikut akan redaksi berikan penjelasan mengenai penyebab dan juga informasi lain yang terkait dengan hal tersebut.

Baca Juga :  Bayi Rewel dan Susah Tidur, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Lidah Bintik Merah Pada Anak Pertanda Apa

Seperti yang redaksi kutip dari sejumlah sumber, kondisi anak yang mengalami bintik-bintik merah ini bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini.

1. Mengalami Demam Scarlet

Penyebab pertama kenapa muncul bintik merah pada lidah anak, hal itu dikarenankan anak mengalami gangguan kesehatan yang dikenal dengan nama demam scarlet.

Demam scarlet sendiri adalah sebuah kondisi kesehatan dimana terjadi infeksi bakteri pada lidah yang dapat menyebabkan lidah bintik merah.

Selain lidah yang munculbinitk merah, jika anak mengalami demam scarlet biasanya ditandai pula dengan gejalan yang lainnya seperti ruam kulit, sakit kepala, muntah, dan suhu tubuh yang naik atau panas.

2. Infeksi virus

Selanjutnya, apabila si kecil mengalami kondisi muncul bintik-bintik merah pada lidahnya, hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh adanya infeksi virus tertentu.

Perlu diketahui, infeksi virus Coxsackie ketika menyerang akan mengakibatkan munculnya gejala-gejala seperti lidah bintik merah, serta ruam kulit dan sakit tenggorokan.

Baca Juga :  Cara Merawat Tali Pusar Bayi Agar Cepat Kering

3. Alergi makanan

Jika anak Anda mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu, biasanya reaksi yang timbul selain muncul nintik di kulit dan badan juga ajan muncul bintik dilidahnya.

Dalam beberapa kasus, reaksi alergi anak terhadap makanan tertentu yang terjadi pada anak dapat menyebabkan lidah bintik merah, mengalami gatal-gatal, dan mual.

Selain alergi terhadap makanan tertentu, ini bisa juga disebabkan oleh alergi lain seperti alergi terhadap obat-obatan yang diberikan.

4. Defisiensi vitamin

Selanjutnya, lidah bintik merah pada anak juga bisa menjadi pertanda jika anak mengalami kekurangan sejumlah vitamin, atau zat tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam hal ini kekurangan vitamin B12, zat besi, atau asam folat dalam diet anak dapat menyebabkan lidah bintik merah.

5. Cidera

Selanjutnya, penyebab kenapa bisa muncul bintik merah pada lidah anak itu umumnya dikarenakan mengalami cidera panas.

Baca Juga :  Anak Demam dan Muntah, Ini yang Harus Bunda Lakukan?

Hal ini dikarenakan pemberian makanan atau susu yang masih dalam kondisi panas. Hal itu akan menyebbakan lidah anak mengalai cidera panas yang ditandai dengan munculnya bintik merah ini.

Yang Harus dilakukan Orang Tua

Apabila Anak Anda mengalami kondisi seperti ini, maka tindakan yang paling tepat adalah dengan membawa anak ke dokter guna pemeriksaan yang lebih tepat.

Nanti dokter akan menentukan apa yang jadi penyebab pasti lidah bintik merah pada anak, dengan melakukan pemeriksaan medis dan diagnosis yang tepat oleh dokter.

Terlabih lagi, jika munculnya bintik merah pada lidah anak ini disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Demikian informasi dari redaksi mengenai munculnya bintik merah pada lidah anak sebagai pertanda kondisi kesehatan yang seperti apa.

Semoga informasi yang redaksi berikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Pos terkait