Tips Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa yang Manjur

oleh
Tips Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa yang Manjur

Biasanya ketika sedang makan, adakalanya kita mengalami cegukan yang apabila tidak segera diatasi akan terasa cukup menggangu kenyamanan. Cara termudah yang dilakukan adalah dengan segera minum air untuk mengatasi cegukan tersebut.

Namun, jika dalam situasi yang berbeda misalnya sedang makan camilan atau kue disuatu tempat yang kebetulan tidak membawa air minum atau butuh waktu untuk mencari air minum, cegukan bisa diatasi dengan cepat menggunakan cara lain tanpa harus minum.

Meski sebenarnya  cugukan bisa hilang dengan sendirinya namun itu butuh waktu hingga benar-benar hilang. Oleh karena itu, untuk mempercepat hilangnya cegukan yang dialami tanpa harus minum air, berikut beberapa tips mengatasi cegukan pada orang dewasa yang bisa dicoba.

Baca Juga :  Begini Cara Diet Golongan Darah O yang disarankan

Tips Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa

Sekedar informasi, cegukan atau dalam bahasa medis disebut dengan istilah singultus adalah sebuah kondisi di mana otot yang memisahkan perut dan dada (diafragma) terjadi kontransi yang tanpa disengaja.

Perlu Anda ketahui, bahwa diafragma sendiri memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan manusia agar dapat berjalan normal.

Untuk mengatasi cegukan tersebut, seperti yang sudah redaksi singgung diawal artikel cara termudah adalah dengan minum air.

Akan tetapi, ada bebera cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah cegukan ini. Seperti yang redaksi rangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah tips mengatasi cegukan pada orang dewasa selain minum air.

  • Tahan Napas Beberapa Saat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan pada orang dewasa adalah dengan menahan nafas beberapa saat, kurang lebih 10 – 15 detik.

Kemudian lakukan gerakan seperti menelan makanan/minuman ketika ada rasa cegukan yang akan muncul.

Baca Juga :  Tips Mengurangi Nyeri Haid yang Bisa Dicoba

Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali atau bisa dilakukan selama masih mengalami cegukan hingga cegukan benar-benar hilang.

  • Menutup Mulut

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan pada orang dewasa adalah dengan menutup mulut selama mengalami cegukan.

Dengan cara ini maka karbondioksida yang terjabak akan dapat dikeluarkan lebih banyak sehingga akan membuat cegukan yang dialami akan lebih cepat hilang.

  • Memijit Belakang Leher

Jika Anda  atau orang lain mengalami cegukan, cara yang cukup manjur dan efektif guna meredakan cegukan tersebut dengan cepat selain minum air adalah dengan memijit pada bagian belakang leher selama mengalami cegukan.

Lakukan pemijitan secara perlahan dan jangan terlalu keras, hingga cegukan benar-benar hilang.

  • Duduk Dengan Memeluk Lutut

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan pada orang dewasa adalah dengan cara duduk seperti jongkok, lalu tekuk dan rapatkan kedua kaki kedada sambil dipeluk beberapa saat.

Baca Juga :  Cara Alami Berikut Ini dipercaya Dapat Mengurangi Mata Minus

Selanjutnya, ketika sudah memeluk lututu, condongkan badan ke depan untuk memberikan penekanan pada area diafragma. Lakukan cara ini beberapa menit hingga cegukan berkurang.

  • Cara Lain Yang Bisa dicoba

Selain menerapkan beberapa tips diatas dalam mengatasi masalah cegukan, Anda juga bisa menghilangkan cegukan yang terjadi dengan cara menelan sedikit gula pasir.

Gula pasir sendiri dipercaya dapat memberi sinyal melalui serabut saraf yang akan memengaruhi lengkung refleks cegukan sehingga akan meredakan cegukan yang terjadi.

Akan tetapi jika Anda memiliki riwayat penyakit yang tidak membolehkan konsumsi gula, ada baiknya abaikan cara yang terakhir ini dan fokus pada tips-tips sebelumnya.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa cara atau tips dalam meredakan atau mengatasi cegukan pada orang dewasa selain dengan meminum air putih.

Semoga informasi yang redaksi sajikan kali ini bermanfaat dan selamat mencoba.