Benarkah Bawang Merah Ampuh Mengatasi Perut Kembung pada Anak ?

oleh
Benarkah Bawang Merah Ampuh Mengatasi Perut Kembung pada Anak ?

Salah satu teknik pengobatan tradisional untuk mengatasi perut kembung pada anak yang  hingga kini masih diyakini oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah dengan menggunakan bahan alami berupa bawang merah.

Meski umumnya bawang merah digunakan untuk salah satu bumbu utama pada menu masakan, namun banyak oran tua yang percaya dengan mengoleskan bawang merah yang sudah dihaluskan dapat mengatasi perut kembung yang di alami oleh si buah hati.

Namun, benarkah demikian ? apakah penggunaan bawang merah untuk mengatasi perut kembung pada anak ini adalah fakta atau hanya mitos belaka ?

Agar tak penasaran berikut ulasan lengkapnya yang perlu Bunda ketahui.

Manfaat Bawang Merah untuk Mengatasi Perut Kembung

Menurut penjelasan Prof. Dr. Badriul Hegar, Ph.D, SpA (K) mengatakan bahwa secara medis bawang merah belum benar-benar terbukti mampu mengatasi perut kembung bagi anak.

Baca Juga :  Mata Bengkak Pada Anak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Meski demikian, masih cukup banyak orang tua yang yakin jika bawang merah dapat mengatasi sakit perut atau kembung, karena mampu menstimulasi saluran pencernaan, khususnya jika dialami oleh anak-anak.

Sementara menurut Dokter spesialis anak, dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SPA, mengungkapkan bahwa campuran bawang merah dan minyak telon sebenarnya merupakan cara tradisional yang memang sudah dikenal di masyarakat untuk mengobati kembung.

Tetapi sebenarnya menurut dr Melisa, fungsi dari campuran tersebut hanya menghangatkan tubuh si kecil saja saja dan bukan untuk menyembuhkan sakit yang sedang di alaminya.

Umumnya, bunda hanya cukup dengan membalurkan bawang merah yang sudah pada parut atau dihaluskan sebelumnya secara merata dan disertai pijatan lembut pada perut si kecil, cara ini di percaya dapat meredakan perut kembung.

Apakah bawang merah untuk perut kembung pada bayi aman digunakan?

Baca Juga :  Usia Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa Saja ?, Yuk Cari Tahu

Sejauh ini, Prof. Dr. Hegar menjelaskan, bahwa penggunaan bawang merah untuk perut kembung tidak pernah memberikan efek samping pada anak.

Kendati demikian, karena aroma bawang merah yang cenderung menyengat memang bisa membuat anak akan merasa tidak nyaman dengan aroma yang ditimbulkan dari parutan bawang merah ini.

Cara Membuat Baluran Bawang Merah

Meski secara medis hal ini masih belum bisa dibuktikan, namun pengalaman para orang tua terdahulu yang meyakinkan jika hal ini bisa mengatasi perut kembung anak, maka tak ada salahnya untuk dicoba.

Apalagi, penggunaan bahan alami ini juga tanpa efek samping jadi cukup aman di terapkan untuk si buah hati yang sedang mengalami perut kembung.

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Bunda hanya perlu menyiapkan beberapa siung bawang merah lalu haluskan. Untuk mengurangi aromanya yang menyengat, bunda bisa menambahkan sedikit minyak telon.

Baca Juga :  ✓ 10 Bahan Alami Untuk Obat Alergi Kulit dan Gatal-Gatal

Selanjutnya, Bunda bisa menggunakan campuran dari bawang merah dan minyak telon ini untuk mengatasi kembung padan anak dengan di balurkan sebanyak tiga kali sehari, yakni pada saat setelah mandi pagi, setelah mandi sore, dan sebelum tidur.

Selain itu, bunda juga bisa sembari memijat perut anak yang mengalami masalah perut kembung, dengan menggunakan tekanan yang lembut dan melakukannya dengan gerakan memutar yang searah dengan jarum jam atau saluran cerna.

Demikian informasi mengenai penggunaan bawang merah yang dicampur dengan minyak telon untuk  mengatasi perut kembung pada anak.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *