Tahukah Anda, Berendam di Air Dingin Bisa Turunkan Berat Badan

oleh
Tahukah Anda, Berendam di Air Dingin Bisa Turunkan Berat Badan

Berat badan merupakan salah satu masalah tubuh yang paling banyak di keluhkan terutama oleh kaum hawa. Menjaga berat badan tetap ideal memerlukan perjuangan yang tidaklah mudah, mulai dari diet ketat hingga senam maupun oleh raga teratur dilakoni demi turunkan berat badan di angka yang ideal.

Namun tahukan anda, selain cara-cara yang sudah umum seperti diet dan juga berolah raga secara teratur ada cara yang cukup unik yang di percaya juga bisa menurunkan berat badan anda.

Mungkin anda tidak akan percaya, namun berendam dengan air dingin ternyata mampu menurunkan berat badan anda. Setidaknya itulah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti kesehatan dari Universitas Tokyo, Jepang

Metode melangsingkan tubuh dengan cara berendam atau berenang di air dingin dalam jangka waktu yang cukup lama ternayata bisa memudahkan seseorang untuk menurunkan berat badan, jika dibandingkan rutin berlatih hot yoga.

Baca Juga :  Membersihkan Kotoran Telinga, Begini Cara Aman Yang disarankan

Ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, selain dengan cara diet ketat dengan membatasi konsumsi jumlah makanan dan olah raga yang rutin.

Menurut penjelasan para peneliti, terpapar suhu dingin dalam jangka waktu tertentu bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan meningkatkan metabolisme. Kondisi tersebut memaksa lemak sehat beradaptasi sehingga terbakar dalam tubuh sebagai kalori yang memproduksi panas.

Dalam penelitian tersebut di ungkap jika beberapa jenis lemak baik dalam tubuh, yakni lemak cokelat atau beige fat akan terstimulasi untuk melawan lemak jahat dalam tubuh serta menghancurkan lemak dan gula untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan metabolisme tubuh.

Lemak coklat atau beige fat ini merupakan hasil dari paparan terhadap suhu dingin dalam jangka waktu panjang yang menyebabkan sel lemak putih bekerja lebih efisien. Lemak cokelat ini membakar lemak melalui proses yang di sebut thermogenesis.

Baca Juga :  Tak Hanya Buat Bumbu Masak, Garam Juga Baik Untuk Kecantikan

Hasil akhir atau kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin bertambahnya jumlah sel lemak cokelat karena terstimulasi oleh hawa dingin dan sedikit lemak putih dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit yang disebabkan oleh metabolisme seperti diabetes dan obesitas.

Bagaimana menurut anda ?, cukup menarik bukan. Tidak ada salahnya mencoba metode untuk turunkan berat badan dengan berendam di air dingin tersebut untuk mengetahui kebenaranya.

Selamat Mencoba.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *