Lakukan 6 Hal Ini Untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

Lakukan 6 Hal Ini Untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat


Jantung merupakan organ tubuh manusia yang memiliki peranan cukup vital untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia.

Organ jantung memiliki peranan yang cukup penting dalam menyuplai darah ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia agar dapat berfungsi dengan optimal dan lancar.

Karenanya, menjaga kesehatan jantung merupakan sesuatau hal cukup penting dan mutlak dilakukan oleh setiap orang, agar kinerjanya tetap terjaga sehingga tubuh kita menjadi bisa tetap sehat.

Pasalnya, apabila jantung kita bermasalah maka hal itu akan berakibat cukup mengerikan, mulai terganggunya fungsi organ yang lain, timbulnya komplikasi penyakit lain atau bahkan bisa berujung pada kematian.

Untuk itu, menjaga kesehatan jantung sudah selayaknya kita lakukan sejak dini, agar ia tetap bisa bekerja secara optimal.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Lakukan 6 Hal Ini Untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips dan langkah-langkah berikut ini untuk menjaga organ jantung anda tetap sehat:

  • Rajin berolah raga atau aktifitas fisik secara teratur

Olah raga adalah sumber kesehatan. Dengan oleh raga yang teratur diimbangi dengan pola hidup yang sehat maka tubuh kita akan tetap terjada kondisi kesehatannya.

Baca Juga :  Alami Sariawan di Lidah, Ini Cara Pengobatan yang Tepat

Menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung tak hanya bisa dilakukan dengan olah raga saja.

Beraktifitas fisik ringan misalnya naik turun tangga, jalan keliling komplek perumahan anda atau hal-hal lain yang mengelurkan keringat juga cukup untuk menjaga jantung anda tetap baik.

Agar hasilnya tetap optimal, lakukan aktifitas fisik atau olah raga minimal 30 menit setiap harinya secara rutin.

  • Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Sering kali kita dengar bahwa rokok merupakan sumber penyakit. Mulai jantung paru-paru, kanker dan masih banyak jenis penyakit lain yang diakibatkan oleh rokok.

Tak hanya efek dari batang rokok yang diisap, akan tetapi asap rokok juga bisa menimbulkan efek yangsama meski kita bukanlah perokok aktif.

Sebuah fakta kesehatan menyebutkan bahwa seseorang yang terpapar dengan asap rokok secara berulang dan terus-menerus dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 20–30 persen.

Karena itu, untuk anda yang merupakan perokok aktif sebaiknya hentikan kebiasan buruk tersebut, agar jantung anda tetap sehat.

Baca Juga :  Apa Saja Pantangan Makanan Untuk Penderita Hepatitis B ?, Ini Daftarnya

Sementara untuk anda perokok pasif, jauhi lingkungan dengan paparan asap rokok yang bisa membahayakan jantung anda.

  • Hindari duduk yang terlalu lama

Duduk dengan durasi waktu yang cukup lama tanpa berpindah tenpat atau berdiri, ternyata juga tidak baik untuk kesehatan jantung anda.

Secara medis, ketika seseorang duduk dalam waktu yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko terbentuknya bekuan darah di pembuluh darah pada kaki.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung, stroke atau terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah paru.

Karena itu, apabila anda lebih sering duduk ketika bekerja, usahakan untuk setidaknya berdiri dan berjalan-jalan keliling ruangan setiap dua jam sekali agar aliran darah anda tetap lancar.

  • Usahakan untuk tidur dengan waktu yang cukup

Apabila anda sering tidur kurang dari 6 jam setiap harinya, berpotensi dua kali lipat lebih tinggi untuk mengalami serangan penyakit jantung maupun stroke.

Apabila seseorang kurang tidur, hal ini dapat memicu terjadinya peningkatan tekanan darah dan peradangan kronik di dalam darah. Hal itu berimbas pada terjadinya kerusakan pada sistem kardiovaskular.

Karenanya, usahakan untuk cukup tidur setidaknya 6 jam setiap harinya.

  • Perhatikan kondisi kesehatan mulut anda
Baca Juga :  Apa Itu Penyakit Impetigo Pada Bayi ?

Kesehatan mulut, erat kaitannya dengan penyakit jantung yang dialami oleh seseorang.

Terjadinya peradangan gusi dan jaringan sekitar gigi akibat adanya infeksi bakteri dapat menyebabkan bakteri dari dalam mulut tersebut masuk ke dalam pembuluh darah dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mulut, yaitu dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Tak lupa untuk selalu rutin membersihkan sela-sela gigi anda dengan menggunakan benang gigi (dental floss) setelah selesai menyikat gigi.

  • Konsumsi lemak baik

Tak selamanya lemak itu buruk untuk kesehatan, ada juga beberapa lemak baik berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk organ jantung Anda.

Lemak yang tidak baik biasanya di temukan padamakanan yang digoreng atau makanan dalam kemasan atau cepat saji. Lemak yang ada dalam jenis makanan ini telah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Sementara lemak baik, bisa anda temui di jenis makanan seperti minyak zaitun, ikan salmon, ikan sarden dan biji-bijian.


__Terbit pada
September 30, 2019
__Kategori
Tips

Penulis: Firdhia Azzahra

Junior Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *