Nyeri Lutut Belakang, Penyebab dan Cara Mengobatinya

oleh
Nyeri Lutut Belakang, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Pernahkah mengalami nyeri lutut belakang, dimana saat lutut ditekut akan menimbulkan sensari nyeri dan rasa sakit yang terkadang cukup mengganggu?

Jika pernah maka sebaiknya segera atasi kondisi tersebut dengan lekas mengobatinya. Karena jika dibiarkan berlama-lama tentu akan membuat tak nyaman saat beraktifitas.

Seperti kita ketahui, lutut merupakan persendian dari kaki yang memiliki peranan yang cukup penting dalam mendukung segala aktifitas manusia, mulai dari berdiri, berjalan, hingga berlari.

Dengan mucculnya rasa sakit tersebut, terutama nyeri pada lutut bagian belakang  tentu dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, kali ini redaksi aramedika.com akan mengulas secara detail mengenai penyebab dan cara mengobati rasa nyeri lutut belakang.

Penyebab Nyeri Lutut Belakang

Sebelum kita beranjak pada cara mengobati kondisi ini, ada baiknya kita ketahui dahulu apa yang jadi penyebab  umum munculnya rasa sakit di lutut bagian belakang tersebut:

  • Mengalami Kaki kram

Salah satu penyebab yang paling sering dialami oleh penderita adalah kaki kram. Kondisi ini bisa terjadi karena karena adanya gangguan saraf pada kaki, seperti kekurangan cairan atau dehidrasi, hingga penyakit pada organ hati.

  • Lutut terkilir
Baca Juga :  Bentuk Daun Telinga Anak Tak Sempurna, Penyakit Mikrotia Penyebabnya

Tidak berhati-hati saat beraktifitas sehingga menyebabkan terkilir juga dapat menyebabkan rasa sakit di lutut bagian belakang.

  • Arthritis

Munculnya rasa nyeri lutut belakang bisa juga disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada jaringan tulang rawan yang menjadi bantalan antar tulang sendi (arthritis), sehingga menyebabkan bagian belakang lutut menjadi sakit yang cukup menyiksa.

  • Cedera tendinitis lutut

Berolah raga dengan intensitas yang tinggi dan aktif dengan pergerakan kaki, misalnya olah raga basket, sepak bola dan olah raga sejenisnya terkadang dapat menyebab otot penghubung tempurung lutut mengalami cedera, yang berakitbat pada timbulnya rasa sakit lutut bagian belakang

  • Cedera otot hamstring

Sama halnya dengan yang diatas, cidera pada otot hamstring yakni otot pada bagian belakang paha karena tertarik terlalu jauh karena olah raga atau aktifitas yang intens juga dapat menyebabkan belakang lutut bisa terasa sakit.

Baca Juga :  Mata Bintitan, Begini Cara Mengobatinya Dengan Benar

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut Belakang ?

Setelah mengetahui beberapa penyebab mengapa kondisi tersebut bisa terjadi, kini akan dibahas bagaimana cara mengobatinya.

Dalam dunia kesehatan, salah satu metode atau teknik yang cukup populer dan dikenal ampuh untuk mengatasi kondisi ini adalah adalah metodek yang dieknal dengan nama RICE, seperti yang dimuat dalam laman https://www.uofmhealth.org

Ini merupaka metode untuk mengatasi rasa nyeri pada lutut tanpa harus ke rumah sakit dan bisa dilakukan sendiri dirumah:

RICE sendiri merupakan singkatan dari:

  • Resting (beristirahat)
  • Icing (memberi kompres dingin pada bagian yang terasa nyeri)
  • Compressing (menekan area yang sakit dengan perban)
  • Elevating (mengangkat kaki yang cedera)

Metode diatas, selain sangat berguna untuk mengatasi rasa sakit di belakang lutut, dengan metode ini juga akan mengurangi resiko terjadinya pembengkakan.

Melakukan kompress paga  bagian lutut yang terasa dengan  menggunakan air dingin akan sangat membantu penderita untuk meringankan rasa nyeri tersebut.

Baca Juga :  Leukosit Rendah, Konsumsi Buah Ini Untuk Menormalkannya Kembali

Selain itu, berikut tips yang juga bisa dilakukan:

  • Jangan beristirahat terlalu banyak karena hal ini dapat melemahkan otot dan memperparah nyeri sendi yang dialami.
  • Melakukan aktivitas fisik ringan, seperti berenang, jalan santai, atau sekadar stretching.
  • Jaga berat  badan tetap ideal untuk mengurangi beban pada lutut yang sedang sakit.
  • Gunakan  sepatu yang cocok khusus untuk mereka penderita arthritis
  • Bila memungkinkan bisa juga menerapkan metode tradisional Akupunktur
  • Berhati-hati dan jangan sampai terjatuh saat beraktifitas.
  • Konsumsi obat pereda nyeri anti peradangan (NSAID) misalnya ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit.

Meski metode penyembuhan yang kami jelaskan bisadilakukan sendiri di rumah secara mandiri, namun, jika kondisi tersebut tetap berlanjut dan tak ada perubahan ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter guna pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan keluhan nyeri lutut belakang bisa ditangai dengan tepat.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *