Apa Saja Pantangan Makanan Untuk Penderita Hepatitis B ?, Ini Daftarnya


Penyakit hepatitis B adalah salah satu dari sekian banyak jenis penyakit menular yang cukup berbahaya.

Penyebabnya adalah virus HBV atau  yang dikenal virus hepatitis B dimana virus tersebut ditularkan melalui melalui darah ataupun cairan.

Ketika seseorang menderita penyakit ini, terdapat tanda atau gejala awal yang mudah dikenali yang mengindikasikan bahwa seseorang tersebut menderita penyakit hepatitis B, salah satunya adalah kulit yang tampak menguning.

Karena itu, jika anda atau keluarga maupun kerabat dekat anda tengah menderita penyakit hepatitis B ini, selain  mengikuti pengobatan yang dianjurkan dan diberikan oleh dokter yang menangani, disarankan juga untuk menghindari beberapa jenis pantangan makanan agar penyakit yang diderita lekas sembuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan bagi penderita hepatitis B yang sebaiknya dihindari  untuk dikonsumsi terlebih dahulu agar proses penyembuhan tubuh penderita bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

  • Jenis Makanan Yang Banyak Mengandung Sumber Protein

Salah satu jenis makanan pantangan yang paling utama untuk diihindari dan di konsumsi oleh para penderita hepatitis B adalah jenis makanan yang banyak mengandung sumber protein. Jenis makanan-makanan yang mengandung protein tinggi ini sangat di saran untuk tidak di konsumsi dahulu semasa proses penyembuhan.

Berikut ini adalah contoh pantangan makanan yang mengandung sumber protein tinggi yang sebaiknya dihindari oleh penderita Hepatitis B:

  • Produk usu kental manis
  • Produk susu bubuk full cream
  • Es krim
  • Keju
  • Ikan asin
  • Dendeng
  • Produk Ikan kaleng/Sarden
  • Produk daging olahan dalam kaleng/kornet dan juga Sosis
Baca Juga :  Penyebab Utama Kematian Balita di Indonesia Adalah Penyakit Pneumonia

Penderita penyakit hepatitis B juga perlu membatasi mengkonsumsi sumber protein lainnya berupa kacang-kacangan, telur rebus, daging ayam, ikan. Namun, penderita masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging dengan kandungan lemak tinggi dan juga daging asap namun dalam jumlah atau porsi yang sedikit.

  • Makanan Dengan Sumber Karbohidrat Tinggi

Selain makanan dengan sumber protein tinggi seperti yang sudah disebutkan di atas, makanan dengan sumber karbohidrat pun sebaiknya untuk dihindari terlebih dahulu oleh para penderita hepatitis B sebelum dinyatakan benar-benar sembuh total.

Jika timbul pertanyaan, bukankah tubuh manusia tetap memerlukan nutrisi penting seperti karbohidrat untuk kebutuhan energi? bagaimana mengataisnya? Menurut ahli kesehatan, penederita masih tetap bisa mengonsumsi makanan dengan sumber karbohidrat namun dibatasi hanya dalam jumlah yang sedikit.

Namun beberapa jenis makanan menganduung sumber karbohidrat seperti Ketan, Singkong, Ubi, Roti, Talas disarankan untuk tak di konsumsi lebih dahulu sebelum penyakit hepatitis B benar-benar lenyap dari tubuh penderitanya.

  • Beberapa Buah-buahan Tertentu
Baca Juga :  Tak Hanya Buat Bumbu Masak, Garam Juga Baik Untuk Kecantikan

Jika orang sakit pada umumnya disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah segar, tidak demikian halnya dengan penderita penyakit hepatitis B. Para penderita hepatitis B justru tidak diperkenankan untuk mengonsumsi buah-buah tertentu selama dalam masa pemulihan dan penyembuhan.

Beberapa jenis buah yang dimaksud dalam pantangan makanan untuk penderita penyakit ini adalah:

  • Buah yang terlalu banyak mengandung tinggi serat
  • Buah yang memiliki kandungan lemaknya tinggi
  • Buah yang menimbulkan gas, misalnya durian, nangka, kedondong, maupun nanas.

Jenis buah-buahan segar di atas, tidak boleh di konsumsi terlebih dahulu hingga penyakit yang diderita benar-benar hilang.

  • Beberapa Jenis Sayuran Tertentu

Dua jenis sumber makanan seperti sayur dan buah adalah jenis makanan penurun kadar bilirubin yang cukup ampuh. Namun bagi penderita penyakit hepatitis B di anjurkan untuk menghindari jenis makanan tersebut terlebih dahulu jika belum sembuh total.

Jenis sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita hepatitis B adalah jenis sayuran dengan kandungan serat tinggi serta jenis sayuran yang mampu menimbulkan gas, misalnya daun ubi/singkong, lobak, sawi kembang kol, kubis, dan juga nangka muda.

  • Makanan dan Minuman dengan Kandungan Alkohol

Penderita penyakit hepatitis B sebaiknya menghindari telebih dahulu dari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol seperti bir dan arak, begitu juga dengan makanan yang berkadar alkohol seperti tape.

Baca Juga :  Alami Sariawan di Lidah, Ini Cara Pengobatan yang Tepat

Selain itu, minuman bersoda  seperti soft drink juga sebaiknya tidak di konsumsi terlebih dahulu sebelum penyakit tersebut benar-benar sembuh total.

  • Gorengan dan Makanan Bersantan

Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan minyak tinggi juga merupakan pantangan makanan bagi para penderita hepatitis B.

Ada baiknya untuk menghindari terlebih dulu makan goreng-gorengan selama menjalani perawatan dalam proses penyembuhan hepatitis B. Selain itu, jenis masakan atau makanan yang  mengandung santan juga sebaiknya dihindari lebih dahulu.

  • Makanan Dengan Bumbu Tertentu

Berbagai makanan yang dimasak dengan tambahan bumbu-bumbu seperti saos tomat, kecap asin, lada, cuka dan juga cabai juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Disarankan untuk penderita mengkonsumsi makanan yang diolah secara khusus dan tidak dicampur dengan makanan yang dikonsumsi oleh anggota keluarga lainnya.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis pantangan makanan bagi penderita penyakit hepatitis B yang harus dihindari selama proses penyembuhan. Namun, penderita bisa mengonsumsi makanan yang dibolehkan seperti selada buah, teh manis, telur dadar, nasi tim, pisang, sup sayuran, tempe bacem, dan pepaya yang bisa dikonsumsi secara berganti-gantian selama masa penyembuhan.


__Terbit pada
Januari 20, 2019

Penulis: Firdhia Azzahra

Junior Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *