Bayi Sering Kentut, Penyebab dan Cara Mengatasinya

oleh
Bayi Sering Kentut, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi orang tua yang baru pertama memiliki anak bayi, tentu akan merasa khawatir ketika si buah hati sering buang angin atau kentut. Apakah bayi sering kentut tersebut merupakan sesuatu yang wajar atau ada masalah dengan kesehatannya?

Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini, redaksi akan mengulas secara detail mengenai apa saja penyebab bayi sering kentut serta bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Sehingga diharapkan dengan adanya artikel ini, para orang tua bisa lebih mengerti dan paham apa saja yang harus dilakukan ketika si buah hati mengalami kondisi seperti ini.

Penyebab Bayi Sering Kentut

Sebagai informasi pembuka untuk Anda, akan redaksi bahas lebih dahulu mengenai apa saja penyebab bayi sering buang angin dalam dengan intensitas yang cukup sering.

Perlu para orang tua ketahui, bahwa bayi yang berusia antara satu sampai tiga bulan memang bisa buang hingga 13 atau 20 kali dalam satu hari.

Baca Juga :  Cara Merawat Tali Pusar Bayi Agar Cepat Kering

Jadi, secara umum ini adalah kondisi yang bisa dibilang wajar saja. Karena ketika kentut, ini merupakan reaksi alami tubuh ketika gas yang berada di dalam sistem pencernaan keluar melalui saluran pembuangan atau dubur.

Bayi yang sering kentut justru merupakan pertanda baik, karena gas yang ada dalam tubuh bisa dikeluarkan. Karena apabila sulit keluar ini yang akan membuat bayi mengalami masuk angin atau perut kembung.

Namun demikian, perlu diketahui juga apa saja hal-hal yang menyebabkan si kecil ini seirng kentut. Seperti yang redaksi kutip dari laman Halodoc, di jelaskan ada beberap ahal yang jadi penyebab kenapa bayi sering kentut, yaitu:

  • Si Kecil Sering Menangis

Penyebab pertama kenapa bayi sering kentut adalah karena si kecil sering menangis. Ketika bayi menangis dan membuka mulutnya, ini akan membuat bayi menelan banyak udara.

Sehingga, ketika ada banyak udara atau gas yang terperangkat dalam perut, nantinya akan dikeluarkan dalam bentuk kentut yang jadi penanda jika perutnya sedang kembung.

  • Bayi Doyan Menyusu

Penyebab berikutnya ketika bayi sering kentut adalah karena si kecil doyan menyusu. Ketika bunda memberikan ASI ada sejumlah kecil udara yang turut masuk dalam tubuhnya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada bayi

Udara yang masuk tersebut kemudian, terserap dalam aliran darah menuju ke usus. Hal inilah yang kemudian menjadikan perut bayi mudah kembung dan menjadi lebih sering buang angin ketimbang bayi yang jarang menyusu.

  • Si Kecil Kurang Aktif

Bayi yang pendiam dan jarang aktif bergerak ternyata memiliki peluang untuk kentut lebih banyak dibanding bayi yang aktif.

Memang sudah sewajarnya jika bayi hanya berbaring dan tidak melakukan banyak gerakan karena memang belum mampu melakukannya.

Namun ternyata, hal tersebut justru bisa membuat bayi sering kentut karena terjadi penumpukan gas di dalam perutnya.

  • Beberapa Penyebab Lainnya

Selain penyebab yang sudah redaksi jelaskan pada poin pembahasan diatas, ada juga penyebab lain kenapa si kecil sering buang angin:

  1. Saluran pencernaan si kecil yang masih belum sempurna
  2. Ada masalah dengan pencernaannya, misalnya sembelit
  3. Mulai mencoba MPASI
Baca Juga :  Beberapa Jenis Alergi Kulit pada Anak yang Harus Bunda Ketahui

Setelah mengetahui apa saja penyebab bayi sering kentut lewat penjelasan yang sudah redaksi berikan diatas, para orang tua juga harus memahami bagaimana cara atau solusi untuk mengatasi kondisi ini.

Cara Mengatasi Bayi Sering Kentut

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan jika si buah hati saat ini sedang dalam fase mengalami kentut yang dengan intensitas yang cukup sering.

Menguti penjelasan yang dimuat dalam laman Alodokter, ada beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk mengatasi kondisi ini:

  1. Para orang tua agar lebih sering mengajak si kecil untuk aktif, dengan cara menggerakkan kaki-kaki si kecil naik turun layaknya orang naik sepeda
  2. Gendong si kecil dengan posisi tegak ketika habis menyusui, agar si kecil mudah bersendawa
  3. Gosok dengan minyak telon atau minyak kayu putih sembari dipijat ringan pada bagian perutnya

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa penyebab kenapa bayi sering kentut serta tips untuk mengatasi kondisi tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.