Bayi Susah Tidur di Malam Hari, Lakukan Tips Berikut Ini

oleh
Bayi Susah Tidur di Malam Hari, Lakukan Tips Berikut Ini

Sudah bukan rahasia lagi jika anak bayi yang berumur 0-1 bulan akan mengalami susah tidur pada malam hari. Imbasnya, jika para orang tua yang masih belum siap tentu akan menjadi suatu masalah tersendiri. Berikut ini akan redaksi berikan informasi mengenai tips untuk mengatasi bayi susah tidur di malam hari.

Umumnya bayi yang berusia 0-1 bulan akan menghabiskan waktu dengan tidur sepanjang hari, hampir 16 jam setiap harinya.

Namun demikian, tidak semua bayi memiliki kebiasaan yang tidur yang sama. Ada bayi yang tidur siang dalam waktu yang lama dan ada juga yang tidur malam lebih lama.

Penyebab Bayi Susah Tidur di Malam Hari

Terkait kondisi sebagian bayi yang mengalami kesusahan tidur pada malam hari dan lebih sering begadang, ini tentu akan akan membuat para orang tua harus sedikit ekstra karena harus menemani si kecil yang masih melek.

Baca Juga :  12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

Lalu, apa sebenarnya yang jadi penyebab bayi susah tidur di malam hari? mengutip dari sejumlah sumber berikut ini adalah hal-hal yang jadi penyebabnya:

  1. Si kecil masih belum bisa membedakan antara siang dan malam
  2. Si kecil sangat sensitif terhadap suara, sehingga apabila ada suara bising atau ribut sedikit saja akan membuatnya menjaid terbangun dan susah untuk tidur lagi
  3. Si kecil haus dan lapar sehingga selain akan susah tidur, biasanya bayi juga akan rewel
  4. Tidak nyaman dengan kondisi sekitar, misalnya kedinginan atau kepanasan

Setalah mengetahui apa saja penyebab bayi susah untuk tidur dimalam hari, berikutnya untuk solusi mengatasi kondisi yang seperti itu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

Tips Mengatasi Bayi Susah Tidur Malam

Perlu diketahui, bahwasanya kondisi seperti ini memang sesuatu yang wajar dan normal. Dalam kurun waktu tertentu setelah bayi memasuki usia 5 bulan keatas akan menghilang dengan sendirinya.

Baca Juga :  Leukosit Rendah Harus Makan Apa? Ini Saran Dari Dokter

Namun, jika saat ini Anda memiliki bayi yang berada dalam kondisi susah untuk tidur pada malam hari, bisa menerapkan beberapa tips berikut ini yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber.

  • Buat Jadwal Harian yang Konsisten

Tips pertama untuk mengatasi bayi susah tidur di malam hari adalah dengan membuat jadwal harian dan secara konsisten para orang tua menerapkan hal tersesbeut sehingga menjadi sebuah kebiasaan.

Sebagai orang tua Anda harus mulai mengatur waktu, kapan si kecil minum ASI, kapan harus bermain, kapan waktu tidur siang dan malam, kapan diajak keluar dan pastinya harus dilakukan secara terjadwal setiap harinya.

  • Mulai Kenalkaan Siang dan Malam

Tips selanjutnya adalah mulai mengajak si kecil untuk mengenal perbedaan siang dan malam, sehingga ia akan terbiasa untuk main disiang hari dan tidur dimalam hari.

Ketika siang hari ajak si kecil untuk aktif bermain, mengajaknya berbicara dan perdengarkan suara-suara khas dalam rumah, selain itu atus juga pencahayaan di dalam ruang selalu terang pada siang hari.

Pada malam hari, usahakan untuk tidak berbicara atau mengajaknya bermain terlalu lama, redupkan pencahayaan, kurangi kebisingan dan usahan untuk membuatnya nyaman.

  • Ketika Si Kecil Terbangun Jangan Ajak Bermain

Apabila si kecil tiba-tiba terbangun pada malam hari mungkin sekitar jam 11 malam, ada baiknya untuk tidak mengajaknya bermain atau berbicara.

Baca Juga :  Muncul Benjolan dileher Anak, Kenali Penyebabnya

Segera berikan si kecil susu apabila haus atau lapar, ganti popok apabila sudah mulai penuh atau basah. Sebisa mungkin buat ia nyaman kembali agar bisa tertidur.

  • Jangan Telat Menidurkan

Para orang tua harus paham kapan jadwal sikecil tidur dan mulai menunjukan tanda-tanda jika ia sudah mulai mengantuk.

Ketika ia sudha mulai menguap, mengerak-gerakan badannya atau rewel itu salah satu tanda jika ia sudah mengantuk. Segera tidurkan sikecil dan jangan sampai telat, karena jika telat tidur justru akan membuatnya susah tidur.

Demikian informasi dari redaksi mengenai apa saja penyebab bayi susah tidur di malam hari, serta tips atau solusi untuk mengatasi kondisi tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.