Manfaat Makan Tomat Mentah Yang Jarang Diketahui

oleh
Manfaat Makan Tomat Mentah Yang Jarang Diketahui

Banyak yang tidak mengetahui jika manfaat makan tomat mentah ternyata sangat bagus untuk kesehatan. Salah satunya sebagai bahan alami untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Selama ini, tomat mungkin lebih dikenal sebagai salah satu bahan makanan untuk campuran menu masakan, dibuat jus tomat atau ada yang menjadikannya untuk campuran salad buah.

Akan tetapi, jika dimakan secara langsung dalam keadaan mentah (tidak diolah/dimasak) justru akan sangat baik untuk kesehatan.

Pada artikel kali ini redaksi aramedika.com, akan memberikan informasi mengenai apa saja manfaat makan tomat mentah untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Manfaat Makan Tomat Mentah

Tomat merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium.

Buah ini juga mengandung berbagai antioksidan, seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin dan rendah kalori serta kaya akan lemak.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Selain diolah menjadi jus, kita bisa mengkonsumsinya secara langsung pada saat masih segar dan belum diolah agar khasiatnya lebih terasa.

Berikut ini beberapa manfaat makan tomat mentah yang perlu Anda ketahui:

  • Bagus Untuk Kesehatan Mata

Ini adalah manfaat dari buah tomat yang paling sering kita dengar. Kandungan vitamin A yang cukup banyak dalam buat tomat menjadikannya salah satu bahan makanan yang bagus di konsumsi untuk kesehatan mata.

Kandungan vitamin A berupa zat Lutein dan zeaxhantin diketahui dapat mencegah kerusakan mata akibat pertambahan usia, serta mencegah kerusakan mata akibat cahaya biru.

  • Mengontrol Gula Darah

Manfaat selanjutnya dari buah tomat adalah sebagai bahan makanan yang terbukti cukup efektif untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Untuk mendapatkan khasiat dari buah tomat ini, biasanya selain dibuat jus tomat campur kacang panjang bisa juga dengan dimakan langsung tanpa diolah lebih dahulu.

  • Mencegah Kanker

Siapa sangka dibalik buah tomat yang harganya murah tersebut tersimpan khasiat untuk kesehatan yang tidak main-main.

Baca Juga :  Sering Makan Petai Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Adanya kandungan antioksidan berupa likopen dalam buah tomat, ternyata sangat baik dikonsumsi untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung.

  • Bagus Untuk Kesehatan Jangtung

Selanjutnya, manfaat makan tomat mentah yang jarang diketahui adalah sangat bagus untuk kesehatan jantung apabila rutin di konsumsi.

Adanya kandungan lutein dan likopen yang terdapat dalam buah tomat diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah, sehingga bisa mencegah penyakit jantung dan stroke.

  • Untuk Mencegah Penuaan Dini

Untuk para wanita, mengkonsumsi tomat juga sangat dianjurkan karena memiliki khasiat yang bagus untuk mencegah penuaan dini atau anti aging.

Hal ini berkat kandungan zat karotenoid dan likopen di dalam tomat, dimana dalam sejumlah penelitian kesehatan menunjukan jika kedua zat ini dapat mencegah penurunan produksi kolagen dalam tubuh yang akan mencegah munculnya kerutan maupun garis-garis halus, kulit kendur, dan kulit tampak kusam.

  • Aneka Manfaat Lainnya

Selain manfaat yang sudah redaksi sebutkan diatas, mengkonsumsi tomat juga memiliki khasiat lain yang sangat baik bagi kesehatan, seperti:

  1. Menurunkan dan mengontrol tekanan darah
  2. Bagus untuk diet
  3. Bagus untuk sistem pencernaan
  4. Dan berbagai manfaat lainnya
Baca Juga :  Menu Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Demikian informasi dari redaksi mengenai beragam manfaat makan tomat mentah (yang belum diolah/dimaask) untuk kesehatan.

Kendati demikian, perlu Anda ketahui bahwa buah tomat bersifat asam, sehingga sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi tomat maupun produk olahan tomat jangan terlalu banyak setiap harinya.

Terutama jika Anda adalah penderita sakit maag atau penyakit asam lambung, sebaiknya konsumsi tomat dalam jumlah yang terbatas agar tidak memicu efek samping.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.