Berat Badan Bayi 7 Bulan Normalnya Berapa ?

oleh
Berat Badan Bayi 7 Bulan Normalnya Berapa ?

Seringkali muncul pertanyaan di benak para ibu-ibu terkait kondisi kesehatan buah hati mereka, yakni sebenarnya berat badan bayi 7 bulan normalnya berapa Kg? munculnya pertanyaan ini didasari oleh kekhawatiran mengenai kondisi bayi berat badannya tak kunjung naik.

Jika melihat dari analisa medis, sebenarnya berat badan bayi laki-laki dan perempuan akan berbeda meski di usia yang sama.

Karena selain perbedaan jenis kelamin, berat badan bayi juga ditentukan oleh hal lain berupa panjang tubuh bayi itu sendiri, adanya faktor keturunan, asupan gizi yang dikonsumsi oleh si bayi, serta kemungkinan riwayat kesehatan ibu dan janin di masa kehamilan yang bermasalah atau tidak.

Baca Juga :  Kenali Sejak Dini, Tanda-Tanda Meningitis pada Bayi

Oleh karena itu, sebagai bahan informasi untuk bunda sekalian berikut ini akan redaksi sampaikan informasi mengenai berat ideal bayi ketika memasuki usia 7 bulan.

Berat Badan Bayi 7 Bulan Normalnya Berapa ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, berikut adalah penjelasan secara medis mengenai kondisi berat badan ideal bagi bayi ketika memasuki usia 7 bulan.

1. Bayi Perempuan Usia 7 Bulan

Untuk anak bayi usia tujuh bulan, idelanya ia sudah harus memiliki berat badan rata-rata 6–9,5 kg. Selain berat badan yang ideal tersebut, umumnya bayi perempuan usia 7 bulan juga memiliki panjang tubuh kira-kira 63–71 cm.

Apabila si kecil memiliki berat yang kurang dari angka tersbeut, maka secara medis ia mengalami gangguan kesehatan berupa berat badan yang tidak normal, meski tidak mengindikasikan ia memiliki penyakit tertentu.

2. Bayi Laki-Laku Usia 7 Bulan

Sedangkan untuk bayi laki-laki yang memasuki usia 7 bulan, seharusnya ia sudah memiliki berat badan yang normal diangka sekitar 7–10 kg, dengan panjang tubuh bayi kira-kira sudah 65–73 cm.

Baca Juga :  Muncul Benjolan dileher Anak, Kenali Penyebabnya

Umumnya, pertambahan berat badan bayi baik laki-laki maupun perempuan rata-rata akan bertambah 450–550 gram setiap bulannya.

Waspadai Berat Badan Bayi Kurang

Setelah bunda mengetahui jawaban dari pertanyaan berat badan bayi usia 7 bulan normalnya berapa yang sudah dijelaskan diatas, selanjutnya silahkan bunda bandingkan dengan berat badan bayi bunda saat ini.

Apabila berat badan bayi kurang dari penjelasan secara medis diatas, sebaiknya untuk mewaspadai kondisi tersebut.

Karena apabila berat badan bayi tidak kunjung naik, dikhawatirkan ini akan berpengaruh dan menghambat tumbuh kembang si kecil kedepannya.

Namun demikian, hal ini bukanlah menjadi sesuatu yang harus di cemaskan secara berlebihan, selama kondisi si kecil perkembangan motorik dan sosialnya tidak bermasalah, berat badan yang kurang tidak perlu membuat panik bunda.

Untuk memastikannya, Bunda bisa memeriksakan si ekcil ke dokter spesialis anak jika memang berat badan bayi  ketika memasuki usia 7 bulan ini tidak mengalami peningkatan selama 3 bulan berturut-turut kedepannya.

Baca Juga :  12 Tanda dan Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Formula

Nantinya dokter akan melakukan pemerikasaan secara apakah hal tersebut disebababkan oleh kekurangan gizi atau ada penyebab lain yang menyebabkan si kecil tidak lekas naik berat badannya.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *