Leher Sakit Sebelah Kanan, Penyebab dan Cara Mengatasi

oleh
Leher Sakit Sebelah Kanan, Penyebab dan Cara Mengatasi

Untuk mereka yang memasuki usia 30 tahunan keatas, sering kali mengeluhkan leher sakit sebelah kanan. Meski sebenarnya kondisi ini bisa dialami oleh semua kalangan usisa, namun kondisi ini kerap diderita oleh mereka pada rentang usia tersebut.

Saat ini terjadi, umumnya penderita akan mengalami rasa sakit yang teramat menyiksa, bahkan ketika digunakan untuk bergerak atau menengok akan terasa sakit.

Banyak penderita yang mengeluhkan munculnya kondisi leher sakit sebelah kanan ini terjadi secara tiba-tiba.

Lantas, apa yang jadi penyebabnya? agar Anda tidak penasaran dengan kondisi yang mungkin saat ini sedang Anda alami, berikut ulasan lengkap mengapa leher Anda mengalami sakit pada bagian kanan.

Penyebab Leher Sakit Sebelah Kanan

Secara umum di ketahui ada beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami kondisi ini. Meski demikian, tetap butuh pemeriksaan lanjutan dari dokter guna memastikannya.

  • Salah Posisi Tidur

Jika munculnya rasa sakit pada bagian leher ini terjadi ketika Anda baru bangun tidur, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh posisi tidur Anda yang salah.

Baca Juga :  Manfaat Tidur Siang, Benarkah Bisa Bikin Gemuk

Posisi tidur salah ini biasanya terjadi jika Anda tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, sehingga kepala dan leher tidak sejajar dengan bagian tubuh Anda yang lain.

  • Otot Tegang

Berikutnya, jika leher sakit sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh otot yang tegang. Umumnya terjadi pada mereka yang menggunakan komputer, telepon pintar, atau berkendara untuk waktu yang lama.

Posisi yang stagnan atau tidak berubah-ubah dalam waktu yang lama akan mempengaruhi otot-otot disekitar leher menjadi kaku dan tegang.

  • Depresi, Stres, dan Gangguan Kecemasan

Ketika seseorang mengalami kecemasan atau stres, depresi akibat beban pekerjaan atau penyebab lainnya maka hal tersebut bisa menyebabkan otot menjadi kencang, terutama di bagian bahu dan leher sebelah kanan.

  • Kondisi Degeneratif

Umumnya ini dialami oleh penderita yang memasuki usia paruh baya, dimana terjadi penuruan fungsi saraf yang terkait dengan sendi, tulang belakang, otot, dan bagian lain dari leher.

Penurunan fungsi ini akan menyebabkan terjadinya kondisi degeneratif antara lain, saraf terjepit, radang sendi, peradangan pada saraf atau sendi, degenerasi diskus serviks, dan fraktur serviks.

  • Keseleo Otot Leher

Munculnya rasa sakit pada leher bagian kanan juga bisa disebabkan oleh kemungkinan keseleo otot leher. Penyebabnya bisa macam-macam, misal hentakan yang tiba-tiba.

  • Migrain basilar

Migrain Basilar, dalam istilah medis juga dikenal sebagai sindrom Bickerstaff, dimana kondisi ini biasanya akan menyebabkan pusing dan vertigo sebelum sakit kepala.

Baca Juga :  Waspada, Mata Berkunang-Kunang Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Ini

Selain itu,  Migrain Basila juga akan menyebabkan denging di telinga, rasa sakit pada bagian leher, bicara menjadi tidak jelas, kehilangan keseimbangan, dan bahkan kehilangan kesadaran sebelum sakit kepala.

  • Fibromyalgia

Ini merupakan suatu kondisi medis yang ditandai dengan timbulnya rasa nyeri di bagian leher. Tak hanya leher, rasa nyeri ini juga terkadang akan menjalan di seluruh tubuh.

Selain rasa nyeri pada leher, penderita juga akan mengalami kelelahan dan susah untuk tidur atau mengalami gangguan tidur.

  • Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis lebih sering diderita oleh wanita, terutama yang berusia antara 40 hingga 60 tahun.

Ini merupakan kondisi medis dimana terjadi peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Radang sendi ini menimbulkan keluhan bengkak dan nyeri sendi, serta sendi terasa kaku terutama pada bagian leher.

  • Neuralgia Oksipital

Neuralgia Oksipital merupakan kondisi medis berupa munculnya rasa sakit kepala yang melibatkan kepala bagian belakang hiingga leher dengan distibusi saraf oksipital.

Cara Mengatasi Leher Sakit Bagian Kanan

Setelah Anda mengetahui penyebab terjadinya kondisi tersebut, kini kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga :  Merasakan Mual Setelah Makan, Berikut Ini Tips Mengatasinya

Jika, penyebab leher sakit sebelah kanan tersebut diakibatkan oleh hal-hal yang umum seperti, salah posisi tidur atau otot tegang, kecemasan atau stress bisa diatasi dengan cara berikut:

  • Latih otot leher Anda dengan gerakan yang perlahan perlahan.
  • Lakukan kompres dengan air hangat saat munculnya nyeri
  • Pijat secara perlahan pada bagian leher yang sakit menggunakan minyak essential
  • Bisa juga menggunakan balsam anti nyeri, atau obat anti nyeri jika perlu
  • Istirahat cukup, hindari stres, serta cemas yang berlebihan
  • Hindari penyebab terjadinya kondisi ini, misalnya jangan terlalu lama di depan komputer atau gadget, atau istirahat 2 jam sekali saat mengemudi.

Kendati demikain, jika munculnya rasa sakit pada leher bagian kanan ini disebabkan oleh faktor medis, maka langkah yang tepat adalah dengan melakukan pemeriksaan lengkap pada rumah sakit.

Pemeriksaan medis oleh dokter atau tenaga kesehatan seperti rontgen leher, CT Scan, MRI, test syaraf, test darah, dan lain-lain perlu dilakukan sesuai indikasi pemeriksaan dokter nantinya.

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara mengetasi kondisi leher sakit sebelah kanan yang mungkin saat ini sedang Anda alami.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *