Penyebab Menstruasi Terlambat yang Sering dialami Wanita

oleh
Penyebab Menstruasi Terlambat yang Sering dialami Wanita

Setiap wanita yang telah memasuki usia remaja akan mengalami yang namanya haid atau menstruasi. Namun, dalam beberapa kasus di temui ada sebagian wanita yang mengalami keterlambatan siklus bulanannya tersebut. Lantas, apa penyebab menstruasi terlambat dan bagaimana cara mengatasinya?

Seperti diketahui, siklus haid yang normal umumnya adalah berkisar antara 28-35 hari. Kendati demikian, hal ini tidak terjadi pada semua perempuan yang sudah menjalani masa haid.

Pasalnya, ada sebagian wanita yang mengalami haid tidak lamcar dan terkadang tidak rutin sekali dalam sebulan. Banyak diantaranya ada yang mengalami haid justru sekali dalam dua bulan atau tiga bulan.

Hal ini tentu bukanlah sesuatu yang wajar dan harus segera diatasi. Namun sebelumnya perlu diketahui apa sebenarnya penyebab mestruasi terlambat yang kerap di keluhkan oleh sebagian wanita.

Baca Juga :  Penyebab Umum Perdarahan Saat Hamil Trimester Pertama

Penyebab Menstruasi Terlambat

Ada beberapa penyebab mengapa seorang wanita mengalami haid yang terlambat. Misalnya, stress berkepanjangan, efek samping obat-obatan, dan beberapa penyebab lainnya.

Berikut ini adalah penyebab umum mengapa wanita mengalami haid yang tidak lancar:

  • Mengalami Stress

Penyebab mengapa wanita sering mengalami terlambat haid salah satunya yang paling banyak di temui adalah dikarenakan stress, entah stress karena pekerjaan, masalah pribadi atau lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan, hypothalamus yang merupakan salah satu bagian otak yang berfungsi untuk mengatur periode haid menjadi terganggu dan terpengaruh akibat stress.

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk bisa mengelola stress dengan baik agar haid anda juga bisa lancar dan tak mengganggu siklus bulanan anda.

  • Adanya Penyakit

Berikutnya, penyebab menstruasi terlambat adalah kemungkinan adanya penyakit dalam tubuh Anda. Bis saja karena penyakit ringan seperti infeksi jamur, atau bahkan penyakit berat misalnya kemungkinan adanya tumor atau kanker.

  • Berat Badan Turun Drastis

Jika anda sedang menjalani program diet ketat lalu mengalami penurunan berat badan cukup drastis, hal ini bisa berimbas pada terganggunya siklus haid anda.

  • Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher, berfungsi untuk mengatur metabolisme dalam tubuh Anda. Apabila kelenjar ini mengalami gangguan maka hal itu bisa berdampak pada terlambatnya siklus bulanan yang alami wanita.

Baca Juga :  Ibu Hamil Apakah Boleh Minum Obat Paracetamol?

Tak hanya terganggunya masa haid, adanya gangguan pada kelenjar tiroid ini juga bisa berakibat fatal bila tidal segera dilakukan penanganan yang tepat.

  • Hormon yang Tidak seimbang

Terakhir yang jadi penyebab mentruasi terlambat adalah di karenakan ketidaksimbangan horman dalam tubuh wanita.

Haid sendiri merupakan sebuah proses dari hasil kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid.

Apabila salah satu komponen atau hormon tersebut tidak beres, maka imbasnya jadwal haid pasti akan terganggu dan terlambat.

Penting bagi setiap wanita untuk mengetahui dan mengenali berbagai penyebab haid jadi terlambat dan segera dilakukan penanganan yang tepat.

Langkah terbaik yang bisa anda ambil ketika mengalami kondisi ini adalah dengan segera berkonsultasi diri ke dokter guna dilakukan pemeriksaan yang lengkap serta saran medis dan pengobatan yang tepat dan sesuai.

Baca Juga :  Nyeri Saat PMS, Coba 5 Jenis Makanan Ini Untuk Meredakannya

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *