Bayi Muntah Kuning Kental : Penyebab & Cara Mengatasinya

oleh
Bayi Muntah Kuning Kental : Penyebab & Cara Mengatasinya

Ketika bayi sedang dalam kondisi yang tidak enak badan atau sakit, hal yang kerap terjadi adalah bayi muntah kuning dengan konsistensi cairan yang cenderung kental.

Muntah yang seperti ini yang dialami oleh si buah hati tentu akan membuat panik para orang tua. Pasalnya, ketika bayi sudah mengalami muntah yang berwarna kuning seperti ini, merupakan suatu kondisi yang patut diwaspadai.

Karena itu, penting bagi para orang tua untuk mengenali penyebab dan bagaimana mengatasi kondisi ini agar tidak semakin bertambah parah dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan si bayi.

Penyebab Bayi Muntah Kuning

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa bayi bisa mengalami muntah kuning:

  • Perut Bayi Dalam Keadaa Kosong

Ketika si kecil sedang sakit atau tidak enak badan dan rewel, ia cenderung tidak mau makan atau minum ASI.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus dalam waktu yang lama, dan perut bayi dalam keadaan kosong tidak terisi apa-apa hal ini akan membuatnya mengalami muntah kuning.

  • Terjadi Penyumbatan Usus

Berikutnya, ketika bayi muntah kuning hal ini juga bisa disebabkan oleh terjadinya masalah penyumbatan usus pada si kecil.

Baca Juga :  Jangan Dulu ke Dokter, Begini Cara Menurunkan Panas Bayi di Rumah

Ketika terjadi penyumbatan, maka akan membuat semua ASI atau susu formula tidak bisa masuk ke usus kecil, hal inilah yang kemudian akan menyebabkan terjadinya peradangan yang berimbas pada bayi kan mengalami muntah kuning.

Penyebab terjadinya penyumbatan usus, misalnya sembelit, hernia, penyakit radang usus sejak lahir dan adanya tumor pada saluran pencernaan.

Selain terjadinya penyumbatan pada usus, perkembangan usus bayi yang tidak sempurna juga akan memicu kondisi tersebut.

  • Kondisi Refluks Empedu

Refluks empedu terjadi bila cairan empedu naik ke lambung dan ke esofagus (kerongkongan). Ketika hal ini dialami oleh si kecil, maka umumnya ia akan mengalami muntah kuning.

Selain menyebabkan muntah, bayi juga akan sering rewel karena hal ini juga akan menyebabkan rasa sakit pada bagian ulu hati.

Bayi dengan kondisi seperti ini, biasanya berat badannya tidak mau naik dan cenderung akan yang terus menurun.

  • Gastroenteritis

Apa itu Gastroenteritis? ini adalah kondisi dimana terjadinya infeksi pada bagian saluran pencernaan bayi akibat adanya infeksi bakteri atau virus.

Ini lebih sering dialami oleh bayi yang minum susu formula dari botol, dimana botol dot yang digunakan tidak dicuci dengan bersih dan benar-benar steril.

  • Keracunan makanan

Ketika sikecil sudah mulai mengenal makanan, dan ternyata ia alergi dan keracunan makanan tersebut bis juga menyebabkan si kecil mengalami muntah kuning.

Baca Juga :  Mupirocin, Obat Salep Untuk Penyakit Impetigo Anak

Sementara untuk bayi yang minum ASI, ketika ibu mengalami keracunan makanan lalu memberikan ASI pada bayinya, maka si bayi juga bisa menerima dampak yang sama.

Selain muntah, ditandia pula dengan buang-buang air atau diare, perut kembung dan juga tubuh yang lemas.

  • Cyclic Vomiting Syndrome

Ini merupakan jenis penyakit yang cukup langka, dan jarang ditemui. Meski demikian, ada juga beberapa kasus ditemui bayi muntah kuning kental karena menderita penyakit ini.

Penyakit ini cukup berbahaya jika tidak segera di tangani karena bisa menyebabkan kematian, karena bayi akan mengalamu muntah yang sangat parah secara terus menerus.

Hal ini yang akan menyebabkan tubuh bayi akan semakin lemah, mengalami demam, dan kehilangan banyak tenaga.

  • Pendarahan Saluran Cerna

Terakhir yang jadi penyebab mengapa sikecil  mengalami muntah kuning adalah karena terjadi pendarahan pada saluran cernanya.

Hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri  pylori  dan juga ulkus peptikum yang tidak mendapat penanganan segera.

Baca Juga :  Anak Demam Muncul Bintik Merah, Apakah Berbahaya ?

Cara Mengatasi Bayi Muntah Kuning

Sejauh ini cara yang paling baik adalah dengan segera membawa si kecil ke dokter atau rumah sakit untuk segera dilakukan penanganan.

Karena belum ada altenatif penyembuhan yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Ini bukan penyakit yang bisa dianggap remah, segera bawa bayi Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat ketika dia mulai mengalami muntah kuning.

Jangan tunda-tunda lagi, agar bisa segera dilakukan pemeriksaan lengkap mengenai penyebab dan penanganan yang tepat agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai penyebab mengapa bayi mengalamu muntah kuning, maka penanganan yang tepat adalah dengan segera membawa si kecil ke dokter atau ke rumah sakit.

Hal ini dilakukan guna menghindari bahaya yang bisa ditimbulkan akibat kondisi tersebut, seperti dehidrasi, bayi akan mengalami kehilangan kontrol pencernaan, infeksi yang lebih parah, dan kemungkinan terburuk bisa menghindarkan dari resiko kematian.

Demikian informasi mengenai bayi yang mengalami muntah berwarna kuning kental, mulai dari penyebab, penanganan yang tepat hingga bahaya yang ditimbulkan jika kondisi ini tidak segera di tangani.

Tetap jaga kesehatan si kecil dan selalu rawat si kecil dengan penuh perhatian dan cinta kasih. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *