Bahan Alami Untuk Atasi Ketombe, Terbukti Ampuh

oleh
Bahan Alami Untuk Atasi Ketombe, Terbukti Ampuh

Sedang mengalami masalah terkait ketombe pada kulit kepala yang tak kunjung hilang? Coba atasi masalah tersebut dengan beberapa bahan alami berikut ini yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel.

Saat mengalami ketombe yang cukup parah, hal ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan kulit kepala secara keseluruhan serta mengurangi rasa percaya diri karena banyaknya sisik atau kerak ketombe yang terlihat.

Selain itu, biasanya juga akan muncul rasa gatal pada kulit kepala yang cukup mengganggu, bahkan dalam beberapa kasus jika ketombe yang dialami sudah cukup parah hal tersebut  juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Jika saat ini mungkin Anda, teman, atau orang terdekat Anda yang sedang mengalami masalah ketombe untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe parah tersebut bisa mencoba mengatasinya dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Bahan Alami Untuk Atasi Ketombe

Sekedar informasi, seperti yang redaksi kutip dari laman alodokter.com, diketahui bahwa munculnya ketombe pada kulit kepala ini disebabkan oleh beberapa hal, misalnya produksi minyak atau sebum berlebih di kulit kepala, stres, perubahan hormon, infeksi jamur di kulit kepala dan lain-lain.

Baca Juga :  Jenis Makanan Ini Cocok Untuk Bumil Yang Asam Lambung

Biasanya cara yang paling umum dan paling sering dilakukan oleh orang yang menderita ketombe mereka akan mengatasi dengan rutin memakai sampo anti ketombe.

Namun demikian, pada kenyataannya tidak semua orang berhasil mengatasi ketombe hanya dengan menggunakan sampo anti ketombe saja.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa bahan alami berikut ini untuk mengatasi masalah ketombe tersebut. Bahan alami apa saja yang dimaksud, berikut ulasan lengkapnya:

  • Cuka apel

Bahan alami pertama yang diketahui cukup efektif dalam mengatasi masalah ketombe adalah cuka apel. Diketahui, pada cuka apel terdapat kandungan zat asam yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit kepala.

Selain itu, kandungan dalam cuka juga bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH kulit kepala.

Sehingga dengan sering menggunakan bahan cuka apel ini untuk kulit kepala, hal itu dapat mengurangi dan menghambat pertumbuhan jamur yang jadi penyebab utama munculnya ketombe.

Baca Juga :  Membakar Lemak Secara Cepat dan Efisien

Untuk cara mengunakan cuka apel guna mengatasi ketombe, cukup dengan menyediakan kurang lebih setengah gelas cuka apel lalu dicampur dengan 1 gelas air.

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada kulit kepala secara merata sembari dipijat dengan lembut. Setelah itu, diamkan kurang lebih selama 15 menit, lalu akhiri dengan mencuci rambut hingga bersih.

  • Soda kue

Sesuai dengan namanya, bahan yang satu ini memang diperuntukan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kue. Tapi siapa sangka, ternyata bahan ini juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk mengatasi masalah ketombe.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, sebelum keramas basahi lebih dahulu rambut dengan air bersih kemudian taburkan soda kue secukupnya secara merata di permuakaan kulit kepala.

Selanjutnya, diamkan kuran lebih selama 1 hingga 2 menit, lalu silahkan Anda keramas untuk membersihkannya. Lakukan secara rutin hingga ketombe benar-benar hilang.

  • Minyak Kelapa

Sejak dulu, minyak kelapa memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga :  Membersihkan Kotoran Telinga, Begini Cara Aman Yang disarankan

Salah satunya adalah sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Pemakaiannya juga cukup simpel dan mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ini ke permukaan kulit kepala secara merata.

Kemudian pijat secara perlahan permukaan kulit kepala sembari dioleskan minyak kelapa, lalu diamkan selama 15–20 menit.

  • Lidah buaya

Terakhir untuk mengatasi masalah ketombe, Anda bisa gunakan bahan alami yang dikenal sebagai salah satu tanaman dengan sejuta manfaat, yakni tanaman lidah buaya.

Caranya, ambil tanaman lidah buaya kupas kulitanya lalu potong kecil kecil kemudian dihaluskan. Selanjutnya oleskan gel lidah buaya yang telah dihaluskan tersebut ke kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam.

Terkahir, cuci bersih rambut dengan air mengalir. Lakukan proses ini secara rutin hingga ketombe benar-benar lenyap dari kepala Anda.

Demikian informasi mengenai beberapa bahan alami untuk mengatasi ketombe yang terbukti ampuh yang bisa Anda coba.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.