Menu Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

oleh
Menu Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Apabila seseorang didianosis menderita kolesterol tinggi, maka sangat disarankan untuk menjaga pola makan meraka agar tidak memicu koletserol yang diderita jadi makin parah. Berikut ini akan redaksi berikan informasi mengenai jenis menu makanan sehat apa saja untuk penderita kolesterol yang bisa dikonsumsi.

Seperti kita tahu, penyakit kolesterol salah satu penyebab utamanya adalah karena kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, yang membuat kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat.

Jika sudah demikian, maka anjuran dokter untek penderita kolesterol adalah dengan mulai menjaga pola makan dengan hanya mengkonsumsi jenis menu makan sehat supaya menurunkan kadar kolesterol dan menjaganya tetap normal.

Menu Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Berikut ini adalah beberapa jenis menu makanan sehat khusus untuk penderita kolesterol yang dianjurkan dan baik untuk dikonsumsi.

  • Jenis Sayuran dan Buah-buahan

Penderita kolesterol tinggi sangat di sarankan untuk mulai rutin mengkonsumsi jenis makanan alami berupa sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga :  Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

Perlu diketahui bahwa dalam sayur dan buah-buahan banyak terkandung serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Beberapa jenis buah dan sayuran yang anjurkan untuk dikonsumsi:

  • Sayuran: brokoli, bayam, sawi, selada, wortel, dan kentang
  • Buah-buahan: jenis buah yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, jenis buah dengan kandungan serat pektin, seperti jeruk, apel, anggur, dan stroberi.

Jenis sayuran dan buah-buahan yang redaksi ebutkan diatas  merupakan menu makanan sehat yang kaya akan nutrisi yang dianjurkan dan baik dikonsumsi oleh seseorang yang di diagnosa menderita kolesterol tinggi.

  • Biji-bijian

Jenis menu makanan sehat berikutnya yang disaranakan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah jenis makanan biji-bijian utuh.

Jenis biji-bijian yang disarankan untuk dikonsumsi seperti bunga matahari, gandum, dan chia seed, sebaiknya dikonsumsi karena masuk dalam jenis makanan sehat yang baik untuk penderita kolesterol tinggi.

  • Kacang-kacangan

Berikutnya menu makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah jenis makanan dari golongan kacang-kacangan.

Baca Juga :  Begini Cara Diet Golongan Darah O yang disarankan

Jenis kacang-kacangan yang dimaksud antara lain:

  • Kacang polong, lentil, dan buncis
  • Kacang kedelai dan edamame
  • Kacang almond dan kenari

Golongan makanan dari kacang-kacangan diatas diketahui banyak mengandung berbagai macam nutrisi, serat, dan antioksidan yang apabila dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi cukup bermanfaat untuk menurunkan menjaga kadar kolesterol tetap normal.

  • Jenis Ikan Tertentu

Beberapa jenis ikan tertentu seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, dan ikan tuna juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita koletserol.

Pasalnya, dalam sejumlah ikan tersebut banyak terkandung asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk mengurangi kadar trigliserida dalam darah, serta menjaga kadar kolesterol baik (HDL).

  • Makanan Dengan Kandungan Stanol dan Sterol

Untuk yang belum tahu, stanol dan sterol merupakan senyawa pada tanaman yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus.

Baca Juga :  Ragam Sayuran Untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Senyawa ini banyak ditemukan pada jenis makanan nabati, termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah dan sayuran juga yoghurt.

Selain Makanan, Terapkan Juga Pola Hidup Sehat

Untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tidka naik, selain mengkonsumsi jenis makanan sehat yang disarankan yang sudah redaksi jelaskan diatas, penderita juga diharapkan bisa menerapkan pola hidup sehat dikeseharian mereka.

Contoh sederhananya adalah mulai membiasakan diri untuk mulai berolahraga secara rutin, menjaga berat badan tetap seimbang dan ideal, tidak minuman beralkohol, dan berhenti merokok.

Demikian informasi mengenai jenis menu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Semoga informasi yang redaksi berika ini bermanfaat, dan salam sehat.

Penulis:

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.