Membakar Lemak Cepat dan Efisien, Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

Membakar Lemak Cepat dan Efisien, Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini


Adanya kandungan lemak yang terlalu banyak di dalam tubuh bisa menimbulkan ragam masalah untuk kesehatan. Salah satu efek samping dari banyaknya lemak di dalam tubuh kita adalah dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Selain itu, lemak yang tidak terkontrol dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan juga masalah kardiovaskular.

Karena itu, penting bagi anda yang memiliki gejala kelebihan lemak dalam tubuh untuk segera mengatasi permasalahan tersebut dengan segera membakar lemak yang ada dalam tubuh, agar tubuh anda menjadi sehat dan terbebas dari ancaman penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan lemak.

Begini Cara Bakar Lemak yang Efisien

Banyak yang menganggap dengan rajin olah raga dapat membakar lemak dalam tubuh. Hal itu memang ada benarnya, namun jika olah raga dilakukan dengan asal-asalan dan tak sesuai maka hasilnya pun tak akan maksimal.

Selain olah raga sesuai dengan yang disarankan, untuk membakar lemak dalam tubuh juga harus di imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat agar hasilnya bisa segera anda rasakan.

Berikut ini adalah, beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membakar lemak dalam tubuh dengan cepat dan efisien selain dengan berolahraga secara rutin.

Konsumsi makanan tinggi protein

Jika Anda ingin menurunkan berat badan yang berlebihan dengan cepat dan menjaga kondisi tubuh dengan baik, maka ada baiknya untuk memperbanyak mengonsumsi protein.

Baca Juga :  Begini Cara Diet Golongan Darah O yang disarankan

Pasalnya, dengan mengonsumsi protein dalam jumlah yang banyak dan tidak melebihi kalori harian justru bisa meningkatkan metabolisme. Selain itu, protein juga baik untuk pembentukan otot dan memicu metabolisme menjadi lebih besar.

Olah raga angkat beban

Olah raga yang disarankan untuk proses pembakaran lemak dalam tubuh adalah, angkat beban.

Anda bisa mencoba untuk melakukan latihan beban secara bertahap sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan tubuh anda dahulu. Jangan langsung melakukan angkat beban yang terlalu berat dan menyebabkan Anda bisa mengalami cedera.

Seiring waktu dan sudah mulai terbiasa,  naikkan beban yang akan Anda angkat secara bertahap. Niscaya, dalam beberapa bulan kekuatan Anda akan meningkat tajam dan lemak di dalam tubuh turun dengan sendirinya.

Ketika berolah raga di gym atau tempat fitnes, pilihlah alat yang berguna untuk melatih otot besar seperti otot dada, kaki, dan punggung.

Tidur yang cukup

Tidur selain berfungsi untuk mengistirahatkan badan dari aktifitas, ternyata memiliki manfaat lain yang tak alah penting bagi kesehatan.

Salah satunya, apabila tidur dilakukan dalam waktu yang cukup dan berkualitas dapat membuat proses metabolisme tubuh menjadi optimal.

Oleh karena itu pastikan anda  untuk tidur setidaknya selama 7-9 jam setiap hari untuk memaksimalkan metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga :  Tak Hanya Buat Bumbu Masak, Garam Juga Baik Untuk Kecantikan

Selain itu, dengan tidur yang teratur dan berkualitas juga bisa menurunkan risiko terjadinya stres dan gangguan pada tubuh. Sebainya, usahakan untuk tidur malam jika sudah masuk pukul 22.00 malam dan usahakan untuk tidak begadang.

Perbanyak konsumsi makanan yang berserat

Makanan berserat, membuat anda kenyang lebih lama. Dengan demikian, akan membuat Anda bisa membatasi jumlah makanan yang anda konsumsi.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan berserat, dapat membantu membatasi penyerapan gula dalam darah.

Lemak yang terlarut akan mencegah terjadinya penyerapan gula berlebihan dan memicu gangguan pada tubuh seperti diabetes atau kondisi tubuh yang mudah lelah dan sering mengantuk.

Batasi asupan karbohidrat dan makanan manis

Jika Anda mengonsumsi makanan dengan karbohidrat dan makanan manis terlalu banyak, maka peluang untuk kelebihan kalori akan besar. Dampaknya tubuh akan susah membakar lemak di dalam tubuh dalam jumlah banyak.

Karena itu, batasi untuk mengkonsumsi makanan berkabohidrat dan makanan yang manis-manis.

Melakukan HIIT

Apa HIIT ? High-Intensity Interval Training (HIIT) adalah latihan dengan intensitas tinggi yang memicu kenaikan metabolisme pada tubuh dan membakar lemak lebih banyak dalam waktu cepat dan terus berlanjut hingga sesi olahraga selesai.

Pelatihan dengan cara seperti ini biasanya tidak memakan waktu yang terlalu lama meski energi yang dibakar cukup besar karena intens.

Baca Juga :  Mau Bersihkan Kotoran Telinga, Begini Cara Aman Yang disarankan

Jika Anda belum pernah melakukan latihan yang intens seperti itu sebelumnya, batasi frekuensi atau ditambah waktu istirahat.

Setelah tubuh sudah mulai terbiasa, lakukan sesuai dengan aturan yang berlaku, misal dengan metode Tabata. Latihan HIIT biasanya berjenis kardio seperti lari atau kombinasi gerakan yang hanya memakai berat badan.

Melakukan intermittent fasting

Metode yang terakhir yang bisa dilakukan untuk membakar lemak dengan lebih cepat dan efisien adalah dengan melakukan intermittent fasting.

Ini adalah diet dengan cara pembatasan waktu makan dan mirip sekali dengan puasa ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain dapat mengendalikan kalori, tapi juga dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Metode ini bisa di coba anda dilakukan dengan tidak sarapan atau makan pagi. Selanjutnya, seseorang boleh makan sejak tengah hari hingga malam. Diet jenis ini tidak ada batasan makanan apa saja yang boleh dan dilarang.

Cukup dengan makan sesuai dengan kebutuhan maka lambat laun berat badan akan turun dengan sendirinya serta lemak kian menipis.

Demikian, beberapa cara dalam membakar lemak dengan lebih cepat dan mudah. Dengan rutin melakukan beberapa cara diatas, maka niscaya berat badan anda akan turun ke berat badan yang ideal. Selamat mencoba.


__Terbit pada
Oktober 3, 2019
__Kategori
Tips

Penulis: Miati Dwi Susanti

Junior Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *