Obat Batuk Dengan Jeruk Nipis, Begini Cara Meraciknya

oleh
Obat Batuk Dengan Jeruk Nipis, Begini Cara Meraciknya

Saat menderita sakit batuk, salah satu obat tradisional yang disarankan untuk dikonsumsi guna mengatasi batuk tersebut adalah jeruk nipis. Namun demikian, banyak yang belum tahu bagaimana cara meracik yang benar jeruk nipis ini sebagai obat batuk.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada artikel ini redaksi akan mengulas secara detail mengenai penggunaan jeruk nipis ini sebagai bahan alami untuk mengobati sakit batuk.

Artikel ini juga akan menjelaskan mengenai campuran atau bahan lain yang digunakan bersamaan dengan perasan jeruk nipis ini agar khasiatnya lebih maksimal dalam mengobati sakit batuk.

Meracik Sendiri Obat Batuk Dengan Jeruk Nipis

Sebelum kita bahas penggunaan jeruk nipis ini sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk, ada baiknya kita kenalii dahulu kandungan yang ada pada buah dengan cita rasa yang asam ini.

Seperti yang redaksi kutip dari buku yang berjudul Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis yang ditulis oleh B. Sarwono, dijelaskan bahwa dalam jeruk nipis banyak terkandung sat asam sitrat dengan kadar 7-8% dari berat daging buahnya.

Baca Juga :  Bahan Herbal Alami Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain kandungan tersebut, dalam buat jeruk nipis ternyata juga banyak mengandung zat-zat lain seperti, Air 900 gram,  Protein 0.5 gram, Lemak 2.4 gram, Karbohidrat 5,9 gram, Serat 0,3 gram, Vitamin A 17 Si, Vitamin C 49 mg.

Dengan adanya kandungan tersebut, menjadikan jeruk nipis ini bahan alami yang dipercaya cukup efektif untuk meredakan batuk yang cukup menyiksa.

Lantas, bagaimana cara meracik atau membuat ramuan obat batuk dengan jeruk nipis ini sesuai dengan takaran yang benar dan di ajurkan?

Mengutip dari penjelasan yang dimuat dalam laman website Mayo Medical School, disebutkan bahwa campuran dari bahan jeruk nipis  dicampur dengan madu termyata sangat efektif meredakan batuk.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara meracik campuran jeruk nipis dan madu sebagai obat batuk alami:

  1. Pertama, siapkan beberapa buah jeruk nipis yang masih segar, kemudian cuci bersih
  2. Selanjutnya, belah jeruk nipis jadi dua bagian lalu peras setengahnya, atau bisa juga disesuaikan dengan selera
  3. Kemudian, campurkan air perasan jeruk nipis tersebut ke dalam secangkir teh hangat
  4. Jangan lupa tambahkan sebanyak 2 sendok makan madu, lalu aduk hingga larut.
  5. Segera minum  campuran teh, jeruk nipis dan madu tersebut selagi hangat
  6. Buat racikan minuman ini dan rutin meminumnya 1-2 kali sehari hingga batuk sembuh.
Baca Juga :  Beragam Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Jeruk Nipis dicampur Kecap Apakah Efektif Redakan Batuk ?

Selain dengan racikan yang sudah redaksi jelaskan diatas, selama ini banyak masyarakat yang menggunakan campuran jeruk nipis dan kecap untuk mengobati batuk.

Dilihat dari kaca mata medis, penggunaan kecap manis untuk campuran jeruk nipis ini sebenarnya tidak ada manfaat khusus dari kecap tersebut.

Penggunaan kecap manis ini hanya bertujuan untuk mengurangi rasa asam dari jeruk nipis sehingga ketika dikonsumsi tidak terlalu asam di mulut.

Oleh karena itu, ketimbang menggunakan kecap manis yang tidak berkhasiat sama sekali alangkah baiknya menggunakan campuran madu seperti pada racikan yang sudah redaksi sebutkan diatas.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara membuat obat batuk dengan jeruk nipis yang dicampur dengan madu sebagai salah satu solusi untuk meredakan sakit batuk yang sedang diderita.

Baca Juga :  Obat Alami Darah Tinggi, Coba Beberapa Tanaman Herbal Ini

Perlu diingat, apabila setelah beberapa hari mengkonsumsi ramuan ini namun batuk tak kunjung sembuh dianjurkan untuk mengunjungi dokter guna konsultasi lebih lanjut agar dilakukan pemeriksaan secara lebih lengkap dan penanganan lebih lanjut dari dokter.

Semoga informasi yang sudah redaksi berikan pada artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *