Rekomendasi Obat Sariawan Alami yang Terbukti Ampuh

oleh
Rekomendasi Obat Sariawan Alami yang Terbukti Ampuh

Mengalami sakit sariawan memang cukup menyiksa, karena akan membuat penderita jadi tidak nyaman ketika makan, karena akan muncul rasa perih ketika terkena makanan pada bagian bibir yang mengalami sariawan. Untuk mengatasi masalah tersebut, coba gunakan obat sariawan alami yang terbukti ampuh yang akan redaksi ulas dibawah ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa sariawan bisa muncul atau dialami oleh seseorang dikarenakan adanya infeksi virus atau jamur.

Selain itu, sariawan juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap makanan tertentu, menurunnya sistem kekebalan tubuh pada diri seseorang, mengalami cedera pada bibir, dan bisa juga disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi tertentu.

Obat Sariawan Alami yang Terbukti Ampuh

Selain menggunakan obat-obatan medis, untuk mengatasi masalah sariawan yang ada dibibir bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Baca Juga :  Manfaat Masker Kunyit, Bisa Hilangkan Bekas Jerawat

Dengan menggunakan bahan alami, akan terhindarkan dari efek samping medis sehingga lebih aman. Selain itu, bahan alami mudah didapat dan tentu lebih murah harganya.

Berikut ini akan redaksi berikan informasi mengenai beberapa jenis obat sariawan alami yang terbukti ampuh yang bisa dicoba.

  • Menggunakan Larutan Air Garam

Bahan atau bumbu dapur dengan rasa asin ini, ternyata memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan terutama guna mengatasi masalah sariawan.

Dengan berkumur menggunakan larutan air yang dicampur dengan garam merupakan slaah satu metode pengobatan alami yang sangat efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan apabila terkena sariawan.

Untuk menggunakan larutan air garam ini sebagai obat alami sariawan caranya, campurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu gunakan berkumur selama 15–30 detik.

  • Menggunakan Madu Alami

Khasiat madu untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi, salah satunya adalah berguna untuk mengatasi masalah sariawan.

Baca Juga :  Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Usia 1 tahun

Hal ini berkat kandungan dalam bahan alami madu berupa zat yang memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga diketahui cukup ampuh untuk mengatasi sariawan.

Untuk mengguanakan madu sebagai obat sariawan alami caranya cukup dengan mengoleskan madu alami pada permuakaan bibir yang luka karena sariawan sebanyak 3–4 kali sehari.

  • Daun Jambu Biji

Manfaat daun jambu biji salah satunya yang paling dikenal adalah sebagai obat alami untuk mengatasi masalah sariawan yang ada dibibir.

Pasalnya, dalam daun jambu biji memiliki senyawa flavonoid yang berperan sebagai antibakteri dan antivirus sehingga dipercaya sebagai obat alami yang cukup untuk mengatasi masalah sariawan.

Caranya, siapkan beberapa lembat daun jambu biji segar kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya dengan air satu gelas dan tambahkan serai (sereah) 1 batang.

Selanjutnya, saring air rebusan tersbeut dan gunakan sebagai larutan untuk berkumur tiga kali sehari, lakukam hingga sariawan sembuh.

  • Yogurt

Bahan berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah sariawan adalah yogurt. Dalam yogurt terdapat kandungan lactobacillus dan acidophilus, dimana ini adalah baketi baik yang mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh.

Baca Juga :  5 Tanaman Herbal Yang Ampuh Untuk Mengatasi Keputihan

Cukup dengan mengkosumsi yogurt setiap hari ini dapat mengatasi masalah sariwan dengan cepat dan dikombinasikan dengan obat alami lainnya.

  • Minyak Kelapa

Obat alami sariawan berikutnya yang direkomendasikan adalah minyak kelapa alami. Diketahui dalam minyak kelapa terkandung zat yang memiliki sifat antibakteri yang dipercaya dapay menyembuhkan sariawan.

Selain itu, dalam bahan alami minyak kelapa juga terdapat senyawa antiinflamasi yang bisa mengurangi kemerahan dan nyeri pada luka sariawan.

Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada permukaan bibir yang terluka karena sariawan sebanyak 3-4 kali sehari, ini akan mengatasi masalah sariawan dengan tuntas.

Demikian informasi mengenai beberapa obat sariawan alami yang sejauh ini cukup terbukti ampuh dalam mengatasi masalah pada bibir, terutama sariawan.

Semoga informasi bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.