Bayi Batuk Usia 4 Bulan, Lakukan Hal Ini Untuk Meredakannya

oleh
Bayi Batuk Usia 4 Bulan, Lakukan Hal Ini Untuk Meredakannya

Saat bayi usia 4 bulan mengalami batuk, pasti akan membuat si kecil menjadi tidak nyaman, dimana si kecil biasanya akan menjadi rewel dan tidak mau menyusu. Karenanya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk meredakan kondisi yang dialami oleh si bayi ketika batuk di usia 4 bulan tersebut.

Seperti yang redaksi kutip dari laman alodokter, biasanya jika bayi mengalami batuk umumnya akan mereda dengan sendirinya setalah 2 minggu.

Namum, orang tua bisa mempercepat proses tersebut dengan melakukan beberapa hal yang berikut ini agar batuk si kecil tersebut bisa segara reda. Hal-hal apa yang harus dilakukan oleh orang tua? berikut penjelasan lengkapnya.

Mengatasi Bayi Batuk Usia 4 Bulan

Perlu diketahui, bahwa bayi dengan seperti ini memang masih sangat rentan terkena penyakit, termasuk sakit batuk tersebut karena daya tahan tubuhnya yang masih belum kuat.

Salah satu penyebabnya, ketika bayi batuk usia 4 bulan hal itu dikarenakan infeksi oleh bakteri atau virus akibat kondisi lingkungan sekitar yang kurang terjaga kebersihannya.

Baca Juga :  Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Bahan Herbal Alami

Untuk mengatasinya, menurut saran dari dokter para orang tua dapat melakukan hal-hal berikut ini agar batuk si kecil bisa segara sembuh.

  • Tetap Berikan ASI

Meski ketika si kecil mengalami batuk ia enggan untuk menyusu, tapi sebagai ibu haruslah tetap berusaha untuk memberikan ASInya.

ASI harus diberikan secara rutin untuk menghindari si kecil mengalami dehidrasi. Selain itu, ASI adalah makanan utama bagi bayi hingga berusia 6 bulan.

Pemberian ASI yang rutin dapat dengan cepat memulihkan kondisi batuk yang dialami oleh bayi karena ASI mengandung banyak nutrisi, antiokasidan yang dapat membuat bayi lebih sehat.

  • Pastikan Si Kecil Istirahat Dengan Cukup

Hal berikutnya yang harus dilakuka oleh orang tua agar batuk yang di alami oleh si kecil bisa segera sembuh adalah dengan memastikan bahwa si kecil memperoleh istirahat yang cukup.

Dengan istirahat yang cukup, maka diharapkan sel-sel tubuh dapat beregenerasi dengan baik sehingga tubuh bayi bisa dapat kembali fit.

Karenanya, orang tua harus memastikan lingkungan atau keadaan sekitar bisa dibuat senyaman mungkin agar kualitas istirahat bayi dapat maksimal.

  • Jangan Pakai Pendingin Ruangan (AC)

Jika selama ini kamar atau ruangan tepat bayi menggunakan pendingan udara atau AC, ada baiknya dimatikan saja lebih dahulu.

Baca Juga :  Obat Batuk Dengan Jeruk Nipis, Begini Cara Meraciknya

Udara yang dingin akan membuat proses penyembuhan batu yang dialamu oleh bayi jadi makin lama.

  • Selalu Jaga Kebersihan

Berikutnya, pastikan bahwa kondisi di skeitar bayi harus selalu bersih. Misalnya selimut, baju dan lain-lain yang berada disekitar bayi harus dalam kondisi yang bersih.

Jika baju terkena muntahan, tersiram air atau terkena ASI segera ganti dengan baju kering yang lain agar bayi tetap merasa nyaman.

Bukan hanya itu saja, lingkungan sekitar rumah, perabotan yang digunakan oleh bayi haruslah dalam kondisi yang bersih.

  • Berjemur di Matahari Pagi

Menjemur bayi yang sedang mengalami batuk diusia 4 bulan pada matahari pagi, dipercaya dapat membantu melegakan batuk dengan lebih cepat.

Anda bisa menjemur si kecil pada pagi hari sekitar 15 hingga 30 menit dibawah sinar matahi sebelum jam 9. Pastikan bahwa sinar matahari bisa terkena langsung ke badan si kecil dan tidak terhalang oleh gedung atau pohon.

  • Hirup Uap Panas

Selanjutnya, orang tua bisa melakukan proses penguapan untuk mengeluarkan lendir. Bawa si kecil untuk duduk bersama anak Anda sambil anak menghirup uap dari semangkok air panas selama sekitar 20 menit.

Baca Juga :  Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Usia 1 tahun

Sediakan air panas pada mangkok atau sejenisnya, lalu berikan beberapa tetes minyak kayu putih. Dengan cara ini maka lendir-lendir akan kelaura dan bisa melegakan si bayi.

  • Hindari Kontak Dengan Orang Lain

Selama bayi batuk, usahakan untuk tidak dulu kontak dengan orang sekitar. Misalnya jika bayo sering digendong oleh orang lain maka sebaiknya selama is batuk hanya di urus oleh obunya sendiri.

Ini untuk memastikan bahwa si kecil berada di lingkungan yang nyaman dan tidak terpapar oleh kondisi luar yang akan semakin memperoarah batuknya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemberian Obat

Ketika ingin memberikan obat pada bayi batuk usia 4 bulan, sangat disarankan untuk lebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

Terlebih lagi, jika batuk yang dialami oleh si kecil tidak mereda  setelah lebih dari 1-2 minggu. Jangan pernah sesekali memberikan obat batu diluar anjuran dokter, karena usia bayi yang masih sangat rentan.

Demikian informasi yang bisa redaksi sampaikan, mengenai beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengatasi dan meredakan bayi batuk usia 4 bulan.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan semoga si kecil bisa segera sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *