Kenali Gejala Awal Kanker Payudara Selain Benjolan

oleh
Kenali Gejala Awal Kanker Payudara Selain Benjolan

Umumnya, masyarakat mengenal penyakit kanker payudara ditandai dengan munculnya benjolan di sekitar payudara. Akan tetapi, dari kaca mata medis kanker payudara ini tidak selalu ditandai dengan gejala berupa benjolan.

Oleh karena itu, para wanita wajib tahu dan mengenali apa saja gejala awal kanker payudara selain benjolan, agar bisa lebih waspada dan lebih cepat untuk ditangani supaya tidak semakin parah.

Hal ini penting untuk diketahui, karena selama ini banyak wanita yang mengabaikan hal tersebut. Menurut banyak orang, selama tidak ada benjolan di payudara maka di hal itu dianggap sesuatu yang baik-baik saja.

Padahal, seperti yang redaksi kutip dari hasil penelitian yang dikeluarkan oleh UK National Cancer Research Institute (NCRI) disebutkan bahwa 1 dari 6 wanita yang mengalami kanker payudara ternyata tidak ditandai dengan gejalan berupan benjolan.

Oleh karena itu, pada artikel ini redaksi akan memberikan informasi mengenai apa saja gejala awal kanker payudara selain benjolan yang harus di waspadai dan dikenali sejak dini oleh para wanita.

Baca Juga :  Cari Tahu Apa Penyebab PMS dan Cara Mengatasinya

Gejala Awal Kanker Payudara Selain Benjolan

Melansir dari sejumlah sumber, diketahui ada beberapa gejala lain yang menandakan gejala awal kanker payudara yang harus diwaspadai selain munculnya benjolan.

  • Keluar Cairan Dari Puting

Gejala pertama terkait kanker payudara yang patut di waspadai adalah ketika seseorang mengalami kondisi dimana keluar cairan dari puting.

Umumnya, cairan yang keluar tersebut berwarna berwarna kehijauan. Jadi ketika Anda mengalami kejadian seperti ini ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

  • Kulit Payudara Berubah Warna

Gejala awal kanker payudara selain benjolan yang juga patut diwaspadai adalah, berubahnya warna permukaan kulit pada payudara.

Jika Anda, para wanita mendapati ada bagian dari payudara yang berubah warna menjadi merah, lebih gelap, atau berubahn menjadi lebih terang dari kulit di sekitarnya, sebaiknya harus waspada dan segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Bukan hanya perubahan warna, jika Anda juga mendapati adanya perubahan lain seperti munculnya kerutan dan lekuka, ruam permukaan  kulit jadi bersisik atau penebalan pada kulit payudara sebaiknya ini juga jadi perhatian.

  • Nyeri Jika Di Sentuh

Gejala awal kanker payudara selain benjolan yang patus di waspadai adalah munculnya rasa nyeri ketika payudara disentuh atau dipegang.

Baca Juga :  7 Tanda Melahirkan Yang Harus Di Perhatikan Jelang Persalinan

Memang pada umumnya ketika terjadi perubahan hormonal (misalnya PMS atau kehamilan), payudara akan terlihat bengkak dan sakit jika disentuh.

Akan tetapi jika tidak sedang dalam kondisi PMS atau hamil dan payudara terasa nyeri saat disentuh, ini basa jadi salah satu indikasi atau gejala kanker payudara yang patut diwaspadai.

  • Muncul Semacam Jerawat di Payudara

Jika dipayudara Anda muncul semacam jerawat, akan tetapi tidak kunjung sumbuh setelah sekian lama, hal ini menurut informasi yang redaksi kutip dari sejumlah sumber juga merupakan gejala kanker payudara.

Namun demikian, hal ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah benat merupakan gejala atau hanya jerawat yang memang suah disembuhkan.

  • Muncul Rasa Sakit di Ketiak

Jika seseorang di mengidap kanker payudara, salah satu gejala yang ditimbulkan adalah munculnya rasa sakit pada bagian ketiak.

Pasalnya, munculnya kanker pda payudara ini akan menyebabkan kelenjar getah bening di ketiak mengalami pembengkakan, dan itu yang menimbulkan rasa sakit yang cukup menggangu.

  • Gejala Lain yang Patus Diwaspadai

Selain beberapa gejala yang sudah redaksi sebutkan diawal, gejala lain kanker payudara selain benjolan yang juga harus Anda waspadai adalah sebagai berikut, payudara sering gatal, pembuluh darah pada permukaan payudara terlihat, payudara jadi sensitf, serta ada sensasi seperti duri yang tertancap di dalam payudara.

Baca Juga :  Atasi Diare Saat Hamil Dengan Cara Alami Tanpa Efek Samping

Selain itu, beberapa gejalan lainnya seperti nyeri punggung, nyeri leher, dan penurunan berat badan secara misterius juga masuk dalam daftar gejala kanker payudara yang patut untuk diwaspadai.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah redaksi berikan diatas, bahwa gejala awal kanker payudara selain benjolan bisa diketahui dari munculnya beberapa tanda seperti keluar cairan dari puting perubahan warna kulit payudara serta beberapa gejala lain seperti yang sudah redaksi ulas.

Jika merasakan atau mengalami salah satu tanda atau gejala diatas, sebaiknya segera kunjungi dokter guna pemerikasaan lebih lanjut untuk memastikannya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda di dunia kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *