Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Usia 1 tahun

oleh
Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Usia 1 tahun

Belum sempurnanya imunitas pada anak, terkadang membuat sebagian anak-anak menjadi rentan terhadap serangan penyakit, misalnya sakit batuk berdahak pada anak usia 1 tahun atau lebih.

Jika sakit batuk berdahak ini sudah menyerang buah hati Anda, pasti akan membuatnya menjadi rewel karena rasa tak nyaman yang dialaminya.

Untuk mengatasinya, sebelum membawa si kecil kedokter untuk berobat, ada baiknya Bunda mencoba beberapa cara alami berikut ini untuk mengatasi batuk berdahak pada anak usia 1 tahun atau lebih.

Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak

Ada beberapa cara alami yang bisa Bunda coba dan dipercaya dapat mengatasi dan meredakan batuk berdahak yang sedang dialami oleh si kecil:

Menggunakan Madu Murni

Siapa yang tak kenal dengan bahan alami yang satu ini. Selain rasanya yang manis, madu murni juga di kenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga :  Si Kecil Sedang Batuk, Coba Redakan Dengan Bahan Herbal Ini

Salah satunya bisa digunakan untuk mengatasi sakit batuk berdahak pada anak usia 1 tahun atau diatasnya. Bahan alami madu murni diketahui mampu meredakan batuk secara lebih efektif ketimbang obat yang mengandung dextromethorphan.

Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitan kesehatan yang dilakukan oleh National Institutes of Health, dimana ditemukan fakta bahwa madu mampu menghilangkan batuk yang diderita pada malam hari.

Selain itu, madu murni juga bisa mengatasi masalah kesulitan tidur yang di alami anak-anak yang diakibatkan oleh adanya infeksi saluran pernapasan atas.

Baca Juga :  Muncul Benjolan dileher Anak, Kenali Penyebabnya

Untuk menggunakan bahan alami madu murni ini guna mengatasi batuk berdahak yang sedang dialami oleh anak Anda caranya juga sangat mudah.

Bunda cukup memberikan satu sendok teh madu murni kepada si kecil. Jika ia tak menyukainya, bund ajuga bisa menambahkan dua sendok teh madu murini kedalam teh hangat dan lemon lalu berikan ke si buah hati untuk meminumnya.

Bunda juga bisa menjadikannya sebagai selai pada roti tawar. Selain rasanya yang manis dan lezat, si kecil juga akan mendapat manfaat yang baik untuk kesehatannya.

Namun ingat, JANGAN berikan madu pada bayi yang masih berusia di bawah 12 bulan. Karena, hal ini dapat menyebabkan timbulnya botulisme, yakni keracunan serius akibat racun dari bakteri Clostridium botulinum.

Air Perasan Buah Lemon

Dalam buah Lemon banyak  mengandung bahan-bahan aktif yang diktehui bisa mengatasi batuk berdahak pada anak. Selain itu, buah Lemon juga bisa digunakan untuk meredakan pilek dan infeksi yang kadang juga sering dialami oleh si kecil.

Baca Juga :  Anak Demam dan Muntah, Ini yang Harus Bunda Lakukan?

Untuk menggunakan bahan dari buah Lemon ini, Bunda bisa memberi si kecil perasan air buah Lemon sebanyak satu sendok teh setiap tiga jam sekali.

Jika anak Anda tak menyukainya, bisa dicampukran ke air hangat atau teh hangat.

Cukup Istirahat

Ketika putra atau putri Anda sedang batuk, maka untuk mempercepat pemulihan batuk berdahak pada anak bisa dibantu dengan mencukupi waktu istirahatnya. Bunda bisa mengurangi jam bermain dan lebih menyarkan unt

Dengan istirahat yang cukup bagi anak yang sedang batuk, hal ini bisa memulihkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. dengan demikian sel imun anak akan semakin efektif dalam melawan sel-sel yang terinfeksi oleh virus penyakit penyebab batuk.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Alergi Kulit pada Anak yang Harus Bunda Ketahui

Perbanyak Minum Air Putih

Seperti kita tahu, air putih memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.

Air putih dalam suhu hangat diketahui dapat membantu dalam mengencerkan dahak dan mampu meredakan rasa gatal yang terjadi di tenggorokan anak karena mengeringnya jaringan sinus.

Penuhi kebutuhan cairan untuk anak dengan memberikan air putih hangat pada anak sebanyak 6 – 8 gelas setiap hari terutama saat ia sedang megalami batuk.

Setelah melakukan metode alami dalam mengatsi batuk berdahak pada anak yang sudah dijelaskan diatas, apabila kondisi masih belum membaik maka bisa mempertimbangkan untuk menggunakan obat-obatan yang bisa menyembuhkan batuk berdahak pada anak.

Baca Juga :  Bentuk Daun Telinga Anak Tak Sempurna, Penyakit Mikrotia Penyebabnya

Namun demikian, ada baiknya untuk lebih dahulu berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan obat batuk yang tepat.

Demikian informasi mengenai cara alami dalam mengatasi batuk berdahak pada anak usia 1 tahun atau lebih. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan  si kecil bisa lekas sembuh.

Penulis: Firdhia Azzahra

Gambar Gravatar
Junior Content Writer, Traveller and Techno-enthusiast. Saat ini aktif menjadi penulis di beberapa website, dan mengelola website pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *